Harga PC Gaming Rakitan

Musim liburan semakin mendekat, pastinya akan lebih lengkap lagi dengan PC Gaming idaman kamu semua. Maka dari itu, pemmzchannel kembali dengan buyers guide Harga PC Gaming Rakitan versi bulan desember 2016. Tambahan dari panduan beberapa bulan lalu adalah adanya kartu grafis baru yang sedang hot hotnya sekarang ini.

Untuk bulan Desember ini nilai tukar Rupiah terhadap Dollar Amerika cukup menungkik dengan kondisi politik dunia, tetapi untungnya tidak terlalu berpengaruh banyak terhadap harga hardware itu sendiri. Namun untuk harga flash memory mengalami peningkatan signifikan, sehingga harga RAM dan juga SSD mengalami keburukan

Seperti biasa dengan semua guide yang pemmzchannel buat tidak termasuk perangkat input (Mouse dan Keyboard) dan juga Sistem Operasi. Terdiri dari empat segmen harga untuk guide kali ini, 7 Juta, 10 Juta, 15 Juta, dan 25 Juta. Untuk penjelasan hardware kita akan menjelaskan kenapa saya memilih hardware tersebut, namun untuk komponen lain yang simpel seperti power supply, RAM, dan storage kita tidak akan menjelaskan banyak karena komponen tersebut sudah self-explainatory.

Dan untuk merk sendiri, kita tidak terlalu memilih karena menurut saya semua merk yang beredar di indonesia adalah baik. Lalu kita semua yang ingin membeli PC Gaming Rakitan sendiri pastinya lebih budget conscious, sehingga kita langsung memilih hardware yang perbandingan harga dan perfoma nya paling baik. Untuk pemilihan CPU dan GPU, kita tidak akan berat sebelah kepada Intel, AMD, maupun Nvidia, karena yang paling penting adalah performa yang baik dengan harga yang terjangkau, akan tetapi kamu juga bisa menganti komponen sesuai keinginan, karena pada akhirnya kamu yang menentukan apa yang akan kamu beli.

Jika kamu semua tertarik dengan produk produk dibawah, kamu bisa langsung meluncur kewebsite Pemmz.com

Without further ado, berikut adalah panduan harga PC Gaming Rakitan untuk bulan Agustus 2016

1. PC Gaming 7 Juta

This slideshow requires JavaScript.

Kita mulai panduan harga PC Gaming Rakitan untuk harga sekitar 7 juta dengan CPU. Untuk CPU sendiri kita kembali memilih AMD Athlon X4 860K Quadcore 3.7 GHz dengan socket FM2+ Karena menurut saya untuk harga yang sangatlah murah kita sudah mendapatkan Quadcore dengan performa gaming yang baik. Memang Pentium G4400 memiliki single core performance yang lebih baik dan sudah support DDR4. Namun Pentium G4400 hanya memiliki Dual core, dan dalam kondisi real life semua software termasuk game yang beredar sudah mendukung multi-threading hingga 4 thread sehingga Athlon X4 860K memiliki keunggulan disini.

Untuk motherboard kita memilih Asrock FM2A68M-DG3+. Untuk segmentasi harga di sekitar 7 juta, Asrock FM2A68M-DG3+ adalah pilihan yang tepat karena selain murah, Asrock telah terbukti kualitas nya di bidang motherboard.

Untuk GPU sendiri kita memutuskan untuk memilih Galax GTX 1050Ti EXOC 4GB GDDR5. Galax mulai memiliki reputasi yang baik di indonesia maupun dunia dengan garansi 2 tahun, dan harga yang di tawarkan juga sangatlah murah di bandingkan vendor Nvidia lain nya. GTX 1050Ti sendiri sudah tidak di ragukan lagi adalah GPU yang sangat baik di kelas mid to high dengan perbandingan harga dan performa yang lebih baik lagi. Untuk resolusi 1080p GTX 1050Ti mampu melibas hampir semua game AAA deperti GTA V, The Witcher 3, Rainbow Six Siege, Farcry Primal, Tomb Raider, Assassins Creed Syndicate, dan game lain nya dengan graphical settings high hingga 60fps.

Untuk storage akhirnya kita dapat mengambil duet SSD dan HDD berkat harga SSD yang semakin menurun. Dan untuk SSD sendiri pilihan kami jatuh kepada Patriot Spark 128GB Sata 3 2.5 Inch SSD, Patriot memiliki reputasi yang baik pada dunia memory, selain itu juga Phison S11 controller yang digunakan pada seri spark juga tergolong memiliki performa yang baik dan stabil, serta Patriot Spark memiliki rating Read dan Write lebih dari 500MB/s bahkan pada versi 128GB nya. Sedangkan untuk mass storage kamu dapat memilih harddisk merk apapun sebesar 1TB.

Untuk memory kita memilih Avexir Core 8GB DDR3 1600Mhz Single Channel. Mungkin sobat pemmzchannel bertanya, “Kenapa single channel?”. Padahal dengan harga yang sama kita sudah bisa dapat dual channel yang lebih cepat. Karena saat ini kita bicara tentang PC. Kenapa kita memilih PC ketimbang Console? Karena upgradeability yang sangat fleksibel. Jadi dengan 1 keping, merupakan investasi di awal.

Untuk casing dan power supply kita tidak merekomendasi power supply bawaan casing karena biasanya kualitas dari power supply tersebut sangatlah buruk dan dapat merusak hardware. Maka kami memilih casing basic yang minimalis tetapi memiliki airflow, cable management dan ruangan yang luas, NZXT Source 210. Untuk power supply sendiri saya memilih SuperFlower Silver Green 500W, mengambil kesempatan diskon akhir tahun. SuperFlower sendiri adalah merk yang ternama pada dunia PSU sehingga tidak diragukan lagi.

2. PC Gaming 10 Juta

This slideshow requires JavaScript.

Dengan budget yang tergolong 30% lebih rendah dari edisi kemarin, kita lanjutkan panduan harga PC gaming rakitan ini dengan spesifikasi Intel Core i5 6500 Quadcore Skylake 3.2GHz dengan turbo boost hingga 3.6GHz. CPU ini sudah mensupport DDR4 yang nantinya akan cukup menyita budget keseluruhan yang berkisar di angka 10 Juta ini. Dengan teknologi fabrikasi 14nm terbaru CPU ini mampu berkerja lebih baik daripada generasi terdahulu bersamaan dengan konsumsi listrik lebih rendah dengan suhu lebih dingin.

Untuk motherboard pilihan jatuh kepada Biostar H110MH Pro 4. Biostar telah bangkit dari keterpurukan dengan mengedepankan kualitas produk nya, hal ini ditunjukan dengan Motherboard H110 nya yang sudah memakai full solid capacitor.

Untuk GPU pilihan jatuh ke Inno3D, kali ini dengan Geforce GTX1060 6GB GDDR5 Compact. Geforce GTX1060 adalah GPU terbaru dari Nvidia yang sangat hebat untuk berbagai macam game dalam settingan ultra di resolusi 1080p bahkan hingga 1440p, sehingga tidak perlu di ragukan lagi apa yang dapat di lakukan oleh GPU ini. Kamu juga bisa memilih Radeon RX 480 8GB GDDR5 dengan harga dan performa yang mirip. Apapun pilihan kamu, kamu tidak akan salah dalam memilih karena kedua GPU ini sangat mumpuni.

Untuk storage kita akan tetap melakukan one-two punch dengan SSD Patriot Spark 128GB dan HDD 1TB Sata 6Gbps. Patriot dengan performa yang cukup baik dengan harga yang terjangkau memang merupakan rajanya SSD value, performa nya yang cepat dan konsisten sudah tidak di ragukan lagi. Untuk mass storage kita akan menggunakan harddisk konvensional.

Untuk memory pilihan jatuh kepada OCPC Extreme DDR4 8GB. Pilihan budget yang satu ini masih terbilang sangat terjangkau mengingat berbagai merk memory sedang menanjak.

Untuk casing dan power supply kami tidak merubah kombinasi dari harga 7 juta, yaitu NZXT Source 210 dan power supply SuperFlower Silver Green 500W.

Dengan perbedaan waktu hanya beberapa bulan, kita mendapatkan performa gaming yang serupa dengan budget 3 Juta lebih rendah. Cukup impresif menurut pemmzchannel. Jika kamu memiliki budget lebih tinggi, jangan ragu untuk menambah space SSD ataupun HDD, dan juga memory RAM kamu.

3. PC Gaming 15 Juta

This slideshow requires JavaScript.

Untuk segmentasi harga PC Gaming Rakitan dengan bump 5 Juta kita mulai dengan kita mulai dengan Intel Core i7 6700 Quadcore Skylake 3.4GHz dengan turbo boost hingga 4.0GHz dan Hyper Threading, CPU ini sudah mensupport DDR4 yang nanti akan kita gunakan di build dengan budget sekitar 15 Juta ini. Dengan teknologi fabrikasi 14nm terbaru CPU ini mampu berkerja lebih baik daripada generasi terdahulu bersamaan dengan konsumsi listrik lebih rendah dengan suhu lebih dingin. Extra Thread yang didapatkan dengan Core i7 akan membantu pada Content Creator.

Untuk motherboard kita memilih Asrock B150 Pro 4, motherboard ini memiliki berbagai fitur dan upgrade path yang sangat baik, 4 memory slots untuk upgrade memory hingga 64GB dan ELNA Audio untuk kualitas suara yang prima dengan kemampuan Surround Sound 7.1 Audio.

Untuk GPU pilihan berubah dengan Galax GTX1070 Extreme 8GB GDDR5. GeForce GTX 1070 memang adalah the ultimate kartu grafis gaming yang sanggup memakan apapun hingga resolusi 1440p.

Untuk storage kita akan tetap melakukan one-two punch dengan SSD Patriot Spark 128GB dan HDD 1TB Sata 6Gbps. Patriot dengan performa yang cukup baik dengan harga yang terjangkau memang merupakan rajanya SSD value, performa nya yang cepat dan konsisten sudah tidak di ragukan lagi. Untuk mass storage kita akan menggunakan harddisk konvensional.

Untuk memory pilihan kembali jatuh kepada OCPC Extreme DDR4 2400MHz 16GB Dual Channel kit dengan dua keping memory 8GB. upgrade pun masih dapat di lakukan karena Asrock B150 Pro 4 memiliki 4 slot memory.

Untuk casing kita kali ini memilih NZXT S340 karena memiliki desain yang cantik dan salah satu casing dengan airflow yang sempurna, dan juga casing ini memiliki ruangan yang luas untuk cable management dan extra GPU dan Drive tambahan.

Komponen yang terakhir pada panduan harga PC Gaming rakitan kali ini, kita memilih power supply Super Flower Platinum King 550W mengambil kesempatan diskon akhir tahun. SuperFlower sendiri adalah merk yang ternama pada dunia PSU sehingga tidak diragukan lagi.

4. Best of the Best PC Gaming 25 Juta++

This slideshow requires JavaScript.

Untuk segmentasi harga PC Gaming Rakitan terakhir kita mulai dengan kita mulai dengan Intel Core i7 6700K Quadcore Skylake 4.0GHz dengan turbo boost hingga 4.2GHz dan Hyper Threading, CPU ini sudah mensupport DDR4 yang nanti akan kita gunakan di build dengan budget sekitar 18 Juta ini. Dengan teknologi fabrikasi 14nm terbaru CPU ini mampu berkerja lebih baik daripada generasi terdahulu bersamaan dengan konsumsi listrik lebih rendah dengan suhu lebih dingin. Dan juga berhubungung CPU ini merupakan seri K, maka CPU ini memiliki multiplier yang dapat di unlock untuk kebutuhan overclocking.

Dan untuk build ini kami juga memilih CPU cooler untuk mensupport overclocking CPU. kami memilih DeepCool Captain 240EX. DeepCool memang tidak terkenal akan performa nya yang tertinggi, namun dengan harga yang tercantum dan juga style yang cukup keren, kita tidak bisa mengeluh.

Untuk motherboard kita memilih Asrock Z170 Extreme 4, motherboard ini memiliki berbagai fitur dan upgrade path yang sangat baik, 4 memory slots untuk upgrade memory hingga 64GB dan overclocking memory hingga 3866MHz, Lalu motherboard ini juga support Nvidia SLI untuk multiple GPU. Dan jangan lupa tersedianya M.2 Slot untuk SSD yang mendukung NVMe.

Untuk GPU pilihan berubah dengan Digital Alliance GTX1080 GameRock 8GB GDDR5. Digital Alliance menunjuk Palit sebagai OEM mereka untuk lini GeForce mereka. Palit sendiri adalah manufaktur kartu grafis yang sangat ternama dan juga terpercaya. GameRock edition adalah kreasi terbaru mereka dengan Triple Slot cooler dengan 5 Heatpipe dan juga RGB Lightning. Apalagi dengan opsi SLI pada motherboard MSI Z170A SLI PLUS, kamu dapat menambahkan satu GTX1070 lagi untuk upgrade mendatang.

Untuk storage kita akan melakukan upgrade dengan Samsung 960 EVO 250GB M.2 NVMe SSD dan HDD 2TB Sata 6Gbps. Samsung 960 EVO merupakan versi upgrade dari Samsung 950 PRO, dengan read dan write yang melebihi 950 PRO dan merupakan versi terbaru dari NVMe Drive dari samsung, kecepatan sistem kamu tidak akan diragukan kembali.

Untuk memory pilihan jatuh kepada Geil EVO X DDR4 3000MHz 32GB Dual Channel kit dengan dua keping memory 16GB. upgrade pun masih dapat di lakukan karena Asrock Z170 Extreme 4 memiliki 4 slot memory.

Untuk casing pilihan kembali jatuh kepada NZXT S340 karena memiliki desain yang cantik dan salah satu casing dengan airflow yang sempurna, dan juga casing ini memiliki ruangan yang luas untuk cable management dan extra GPU dan Drive tambahan.

Komponen yang terakhir pada panduan harga PC Gaming rakitan kali ini, kita memilih power supply Super Flower Leadex Gold 750W, desain full modular nya membantu kamu untuk mendesain PC Gaming dengan kabel seperlunya, sehingga tersesan rapi. Selain itu kapasitas 750W cukup untuk rencana mendatang jika kamu ingin menambahkan satu lagi GTX1080.

Leave a Reply