Tips: Kalibrasi Monitor pada Windows 10 dan MacOS

Kalibrasi monitor, apalagi bila dilakukan dengan benar, akan memastikan mata untuk mendapatkan warna dan tingkatan hitam yang nyaman. Pada gilirannya, hal-hal semacam itu akan menyediakan hasil terbaik, terutama ketika Anda menggunakan PC/laptop untuk melihat maupun menyunting gambar. Lebih jauh lagi, mata Anda tidak akan cepat lelah!

Di sini kami akan menyediakan panduan untuk mengkalibrasi monitor sampai pada tingkatan dimana warna-warna pada objek/gambar direpresentasikan dengan tepat.

Ada beberapa hal yang pelru dilakukan sebelum memulai proses kalibrasi:

  • Hidupkan monitor setidaknya selama setengah jam sebelum memulai proses kalibrasi. Dengan demikian, monitor bisa mencapai kondisi dan temperatur normal sebelum dioperasikan.
  • Tempatkan resolusi monitor pada kondisi default atau pada settingan aslinya.
  • Lakukan kalibrasi di dalam ruangan dengan pencahayaan yang tidak terlalu terang, namun juga tidak terlalu gelap.
  • Biasakan diri Anda dengan monitor Anda. Panil kontrol monitor biasanya ada di tubuh monitor itu sendiri, pada keyboard, atau di dalam panel kontrol OS.

Setelah mempersiapkan semuanya, langkah selanjutnya adalah melakukan kalibrasi menggunakan alat-alat bawaan yang terdapat di dalam OS, baik macOS maupun Windows. Memang ada opsi lain, yakni menggunakan tool berbayar, namun tiada masalah bila Anda memilih menggunakan tool bawaan. Selain gratis, kebanyakan dari mereka bisa dioperasikan dengan mudah, dan yang paling penting: gratis!

Penting untuk diingat: Beberapa macam istilah seperti white point, gamma, dan sejenisnya akan muncul di tengah proses kalibrasi, dan mungkin semuanya terlalu rumit untuk dipahami. Namun banyak alat kalibrasi yang siap memberikan pengertian tentang semua itu, yang mudah dipahami pengguna.

Kalibrasi Monitor pada Windows 10

Pada Windows 10, alat kalibrasi bisa ditemukan dengan membuka aplikasi Settings. Yang perlu Anda lakukan hanya mengklik System yang terdapat pada menu utama, kemudian sorot pada Display pada jendela menu yang terbuka kemudian. Ketika sebuah jendela terbuka, giring cursor ke bawah dan klik pada bagian Advanced Display Settings. Giring cursor ke bawah sekali lagi sampai Anda menemukan Color Calibration, dan klik pada bagian tersebut.

Bila Anda menggunakan versi Windows yang lebih lama: kalibrasi warna bisa dilakukan dengan memanfaatkan tool Color Calibration pada menu Display yang terdapat pada Control Panel, yang bisa ditemukan di daftar Appearance and Personalization.

kalibrasi layar
Kalibrasi layar Windows 10

Tool dan utilitas pada Windows (baik versi 10 atau yang lebih lama) akan memberikan instruksi menyeluruh yang terkait dengan proses kalibrasi. Yang kemudian perlu dilakukan hanya mengikuti instruksi pada layar guna memilih settingan keseimbangan warna, kontras, kecerahan layar, dan gamma yang tepat. Sebuah contoh gambar akan muncul, dan ia berfungsi untuk memadankan variasi setting dengan apa yang Anda lihat melalui mata. Sederhananya: Anda tinggal memadankan settingan sampai segalanya terlihat sesuai dengan contoh gambar yang muncul.

Ketika selesai dengan instruksi kalibrasi tersebut, pastikan bahwa Anda memilih “current calibration”, atau kembali ke setting kalibrasi sebelumnya bila Anda tidak puas dengan hasilnya.

Kalibrasi Monitor pada MacOS

Pada sistem operasi berbasis MacOS, tool yang bisa digunakan adalah Display Calibrator Assistantyang terdapat pada system preference pada tab Displays. Bila kesulitan, ketik “calibrate” pada menu Spotlight, supaya sistem bisa memindai berbagai file dan folder yang ada di dalam OS.

kalibrasi monitor pada MacOSAlat kalibrasi yang disediakan MacOS akan memberikan instruksi lengkap yang akan membawa Anda ke proses kalibrasi, guna memilih settingan target dan native gamma, kontras, kecerahan, dan target white point. Klik Continue  dan simpan profil kalibrasi ketika Anda selesai dengan semuanya.

mini-banner-indocomtech-online-2016-disp-calibration

Tinggalkan Balasan