Macbook Pro 2016

Bulan lalu kami menulis perihal rumor tentang kehadiran generasi terbaru Macbook Pro yang konon katanya bakal dirilis tahun 2016. Rumor menyebut bahwa Macbook generasi terbaru bakal hadir dengan performa yang lebih dahsyat dibandingkan generasi sebelumnya.

Sudah lebih dari setahun sejak Apple merilis versi MacBook pro, yang berarti menimbulkan banyak spekulasi tentang kapan generasi terbarunya hadir. Hanya saja dalam beberapa bulan belakangan rumor semakin kencang, yang kemudian diiringi oleh spekulasi yang tumbuh di sana-sini. Dan semuanya membuat rumor semakin menarik untuk diikuti. Pada dasarnya apa yang akan kita lihat tampaknya jauh lebih menggoda dibandingkan versi MacBook Pro sebelumnya yang dirilis tahun lalu.

new-macbook-pro-2016Rumor paling menyenangkan adalah: konon katanya MacBook Pro terbaru bakal dirilis pada akhir Oktober 2016. Bila ini benar, maka tampaknya kita bisa berharap bahwa Apple bakal menyematkan 5 fitur kunci berikut di generasi terbaru MacBook Pro mereka:

  1. Disematkannya GPU Nvidia yang sangat powerful

Ada banyak debat dan pertanyaan di seputar apakah Apple dan Nvidia akhirnya sepakat untuk bekerja sama, dan apakah akhirnya GPU Nvidia yang paling ciamik bakal bertengger sebagai bagian dari jeroan MacBook Pro terbaru. Akan tetapi NVidia menawarkan beberapa hal terkait dengan GPU terbaik, dan tentunya akan menyenangkan bila kita bisa melihat satu di antara mereka terpasang di dalam MacBook Pro.

2. Mendukung USB Type-C

Apple telah mendukung penggunaan USB Type-C di produk MacBook mereka, jadi tentunya tidak mengherankan bila fitur serupa juga hadir di dalam MacBook Pro. Faktanya, fitur tersebut akan menjadi tambahan yang disambut dengan hangat.

USB Type-C sudah menjadi standar industri saat ini, dimana pengguna bisa melakukan segalanya mulai dari mengisi daya perangkat sampai persoalan transfer data. Yang terbaik dari semuanya adalah: oleh karena port-nya yang relatif kecil, maka Apple bisa mendesain sesuatu yang lebih menggoda. Singkat kata, sulit bagi Apple untuk tidak menyematkan teknologi USB Type-C di dalam perangkat MacBook Pro terbaru. Karena itu kita mesti berharap Apple menyematkan teknologi tersebut di produk terbaru mereka.

3. Sebuah Layar 4K tentu luar biasa

Apple sudah menawarkan layar Retina dari masa ke masa, terutama untuk produk MacBook Pro-nya. Hanya saja sekarang mereka tampak berada selangkah di belakang kompetitornya – yang mengutamakan OS Windows – yang menawarkan layar dengan resolusi lebih besar. Di lain sisi, investor sekarang lebih tertarik untuk mengembangkan konten video 4K. Karena itu akan menjadi masuk akal bila Apple memutuskan untuk menaruh layar 4K untuk MacBook Pro terbarunya nanti.

4. Pilihan logis lain: menanamkan Touch ID

Kita telah melihat seseorang mampu log in ke dalam PC/Laptop berbasis Windows menggunakan sensor sidik jari. Namun kita belum melihat perangkat serupa pada produk Apple. Jadi bisa dibilang Apple ketinggalan selangkah dalam hal tersebut.

Kita boleh berharap Apple menanamkan sensor pemindai sidik jari ke dalam MacBook Pro terbaru nantinya. Bila terwujud, maka kita akan melihat bundel Touch ID tertanam di dalam laptop terbaru mereka nantinya, sebagaimana yang sudah bisa kita lihat dari iPad maupun iPhone terbaru.

5. OLED Touch Bar menjadi mengasyikkan untuk ditambahkan

panel OLED di MacBook Pro terbaruRumor paling kencang tentang MacBook Pro terbaru adalah: perangkat tersebut akan hadir dengan OLED Touch Bar yang bakal ditempatkan di atas keyboard. Bar tersebut merepresentasikan usaha pertama yang dilakukan Apple guna menjadikan layar mereka menjadi lebih mudah untuk dioperasikan. Singkat cerita, OLED Touch Bar adalah layar sentuh yang tentunya bakal meningkatkan kemampuan interaksi antara pengguna dengan OS yang disematkan di dalam MacBook Pro.

 

Leave a Reply