Zaman sekarang Anda dihadapkan oleh banyak pilhan laptop yang masing-masing menyajikan ukuran layar dan desain yang beragam. Pertama-tama ini bukan soal berapa banyak uang yang kamu miliki untuk membeli laptop, namun ini adalah soal pilihan-pilihan yang tersedia untuk kamu. Di sini kami bermaksud membantu Anda dalam proses pemilihan dan pembelian, sehingga Anda bisa mempersempit pilihan. Tujuannya cuma satu: supaya sebuah laptop yang tepat ada di tanganmu.

Perlu dicatat terlebih dahulu bahwa ini bukanlah panduan pembelian, dimana kamu akan memperoleh daftar merk perangkat terbaik. Apa yang ingin kami sajikan di sini adalah sebuah upaya untuk menunjukkan apa hal terpenting yang harus diperhatikan, dan mana hal kedua yang dirasa kurang penting untuk dimaknai dari sebuah laptop yang ingin dibeli. Dan inilah hal-hal umum yang harus diperhatikan ketika menyeleksi berbagai macam merk laptop yang tersedia di pasaran:

  1. Spesifikasi

Bagaimana memilih yang tepatBila budget mengizinkan, seharusnya kamu tidak perlu ragu memilih laptop dengan CPU termutakhir dan spesifikasi paling tinggi. Bila memilih CPU dari Intel, merk ini menyediakan berbagai macam opsi, dan mereka memang menguasai pangsa pasar CPU di zaman sekarang. Alternatif kedua ada dalam diri AMD, yang menyediakan beberapa macam CPU kelas low-end. Dari pihak Intel ada CPU Pentium, Celeron, dan Atom yang berada di kelas dengan harga terjangkau. Mereka ini menyediakan kebutuhan dasar pengguna mulai dari bekerja dengan dokumen Office sampai Web browsing. Dan bila kamu memiliki uang lebih banyak, pilihlah setidaknya CPU Core i3, i5, atau i7; ketiganya sangat membantu dalam menjalankan aplikasi berat dan multitasking.

Untuk persoalan RAM, 2GB adalah jumlah minimum yang selayaknya dipilih. Selain itu ada opsi lebih baik, yakni memilih laptop dengan RAM 4GB atau 8GB. Lebih besar RAM, lebih sedikit waktu yang dibutuhkan untuk memproses aplikasi tertentu. Sebuah solid-state drive (SSD) memberikan dampak yang besar tentang bagaimana sebuah laptop berganti dari satu program ke program lain. Laptop paling murah memiliki sistem penyimpanan SSD 32GB. Cukup namun masih memerlukan opsi penyimpanan tambahan. Karenanya sebuah SSD berkapasitas 128GB atau 256GB menjadi pilihan yang lebih baik, terutama dalam hal memberikan keseimbangan. Perlu diingat bahwa tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi dalam 3 – 4 tahun ke depan di bidang teknologi laptop, karena itu pastikan bahwa kamu membeli sebuah laptop yang memiliki kapasitas penyimpanan dan RAM yang cukup besar.

2. Harga

Ada rupa, ada harga; demikian orang menyebutnya. Harga memang penting, meski bukan segalanya. Hanya saja kamu mesti menentukan seberapa banyak uang yang bakal dihabiskan untuk sebuah laptop. Mungkin kamu bisa menghabiskan 20 juta untuk sebuah laptop gaming, namun di sisi lain kamu mungkin tidak membutuhkannya. Karenanya sebuah basic laptop seharga 4-5 juta rupiah sudah lebih dari cukup, terutama bila kamu hanya menggunakannya untuk memenuhi kebutuhan dasar. Bila kamu tidak benar-benar membutuhkan laptop untuk memproses kebutuhan 3D, merender film, atau mengoperasikan software foto, atau memainkan game berat, mengapa harus menghabiskan uang lebih banyak?

3. Fitur tambahan

laptop 2-in-1Sudah selesai dengan perkara harga dan spesifikasi hardware yang dibutuhkan? Sekarang saatnya untuk melihat opsi tambahan yang mungkin ditawarkan, seperti port USB Type-C, layar sentuh, backlit keyboard, maupun konstruksi logam. Ini akan membantumu memilih satu dari sekian banyak model yang tersedia. Selanjutnya mungkin kamu bisa mempertimbangkan opsi menarik seperti laptop hybrid 2-in-1, dimana di satu waktu perangkatmu bisa menjadi laptop, sementara di lain waktu akan menjadi tablet.

promo Aorus X7 DT GTX 10

Leave a Reply