ponsel memancarkan radiasi

Anda mungkin adalah seorang pencandu telepon seluler, yang terlalu sering menggunakan smartphone dan tidak bisa lepas darinya. Terlalu banyak menggunakan smartphone sebetulnya bukanlah hal yang baik. Beberapa penelitian membuktikan bahwa smartphone memancarkan radiasi yang bakal menyebabkan munculnya kanker otak. Konon katanya radiasi ponsel dikategorikan sama berbahayanya dengan beberapa macam zat beracun seperti kloroform, knalpot, asap, dan timbal.

Dalam jangka waktu pendek, radiasi pada ponsel memang tidak akan membawa efek apapun. Namun beda kasusnya bila ponsel digunakan dalam jangka waktu panjang, secara terus menerus. Radiasi ponsel akan berakibat buruk, terutama pada kesehatan pemakainya. Beberapa jenis penyakit kronis seperti kanker akan muncul, dan ini diakibatkan oleh partikel bebas yang dimunculkan oleh ponsel.

Akan tetapi bukannya tidak bisa dikurangi atau ditekan seminimal mungkin. Ada banyak cara yang bisa diterapkan untuk mengurangi radiasi pada ponsel. Artikel ini akan membantu Anda dengan 10 cara mengatasi radiasi ponsel, supaya tubuh Anda terhindar dari bahaya yang akan berakibat buruk pada jangka waktu lama.

  1. smartphone dan radiasiSebaiknya diam ketika menerima panggilan

Ada orang yang tidak bisa diam ketika menerima panggilan telpon, padahal ini bukanlah perilaku yang bagus untuk kesehatan. Aktivitas berjalan kemana-mana sambil menerima telpon justru akan menguatkan radiasi yang dipancarkan smartphone. Dalam keadaan bergerak, smartphone akan terus berusaha mencari pancaran sinyal dari Base Transceiver Station (BTS).

2. Sebaiknya letakkan smartphone di dalam tas

Sebaiknya letakkan smartphone di atas meja atau di dalam tas, terutama ketika tidak digunakan. Jangan letakkan smartphone terus-menerus di dalam saku celana.

3. Sebaiknya matikan smartphone ketika sinyalnya melemah

Tidak semua daerah memiliki sinyal ponsel yang kuat. Nah, sebaiknya matikan ponsel ketika berada di daerah yang memiliki sinyal lemah. Radiasi pada smartphone akan semakin kuat ketika sinyal smartphone melemah.

4. Sebaiknya beli casing penahan radiasi

Teknologi aksesoris smartphone sekarang ini sudah berkembang sedemikian rupa. Pengguna smartphone akan dengan mudah menemukan casing berbahan khusus yang memiliki kemampuan untuk menahan radiasi dalam tingkat tertentu. Cari dan belilah casing yang memiliki kemampuan semacam itu.

5. Gunakan headset

Headset seringkali diabaikan sebagai benda praktis. Ia kerap digunakan hanya untuk mendengarkan musik. Nah, bila Anda termasuk orang seperti itu, sebaiknya Anda mulai mengubah perilaku. Gunakan headset setiap kali menerima panggilan telpon. Tujuannya supaya radiasi yang dipancarkan tidak terlalu dekat dengan otak.

6. Kurangi penggunaan headset wireless dan bluetooth

Sebaiknya jatuhkan pilihan pada headset yang masih menggunakan konektor kabel, sebab lebih baik. Singkat cerita, hindari penggunaan headset wireless atau nirkabel. Lebih jauh lagi, kurangi penggunaan bluetooth. Gunakan bluetooth hanya bila dibutuhkan.

7. Manfaatkan speakerphone

Ada cara mudah yang bisa diterapkan bila Anda tidak memiliki headset, yakni mengaktifkan speakerphone supaya tidak perlu menempelkan ponsel ke telinga. Cara ini bisa mengurangi pancaran radiasi pada smartphone.

8. Kurangi pemakaian smartphone

radiasi yang harus diwaspadaiIni mungkin menjadi cara paling jitu untuk menghindar dari radiasi berlebih yang dipancarkan sebuah smartphone. Anda harus tahu bahwa smartphone umumnya memancarkan radiasi yang jauh lebih tinggi dibandingkan ponsel biasa. Ini disebabkan karena sebuah smartphone akan sangat tergantung pada kapasitas baterai supaya pengguna bisa melakukan berbagai macam aktivitas mulai dari bertukar email, menjelajahi dunia internet, bertukar pesan lewat aplikasi tertentu, maupun untuk mendisplay warna pada layar. Akan tetapi jelas bahwa kita tidak bisa lepas sepenuhnya dari smartphone, oleh karena itu akan menjadi jauh lebih bijak bila kita mampu mengurangi penggunaan smartphone.

 

 

promo Aorus X7 DT GTX 10

Leave a Reply