Mempersiapkan laptop baru

Mungkin Anda baru saja membeli sebuah laptop Windows 10. Kardus masih membungkus perangkat baru tersebut dengan cantik, dan Anda siap memakainya untuk pertama kali. Dalam benak sebagian besar orang, apa yang perlu dilakukan hanyalah menekan tombol on/off, sedikit mengulik setingan dasar Windows dan pada akhirnya laptop siap digunakan. Namun apakah semudah itu perkaranya? Tentu tidak. Laptop atau notebook yang baru saja dibeli tidak pernah benar-benar siap sampai Anda melakukan beberapa tweaking kecil.

Nah, inilah 5 cara mempersiapkan laptop baru supaya lebih mudah digunakan kemudian:

  1. Jalankan sistem operasi termutakhir

Pendek kata, laptop baru Anda harus menjalankan sistem operasi Windows paling mutakhir. Buka kotak pencarian (“search”) dan ketik “updates”. Sebuah jendela akan terbuka dan pilihlah “check for updates”. Setelahnya Windows akan mencari update sistem operasi terbaru, namun Anda tidak perlu menunggu proses ini sampai selesai, sebab Anda masih bisa mengerjakan yang lain.

update-windowsupdate-windows

windows update2.  Aturlah display scaling pada laptop baru

Kebanyakan laptop hadir dnegan layar resolusi tinggi, yang menyajikan warna-warna tajam dan penuh. Hanya saja menyuguhkan piksel font dan ikon yang terlalu tinggi mungkin tidak baik. Jadi Anda perlu mengontrol ukuran objek pada layar menggunakan sebuah fitur, yakni display scaling. Bila konten di atas layar terlalu kecil, Anda bisa menurunkan skala sampai 125 atau bahkan 150 persen. Namun bila Anda ingin membuat konten terlihat pas di atas layar, Anda bisa menurunkan angka tersebut sampai 100 persen saja.

Caranya mudah. Klik kanan di area layar, dan kemudian pilih Display Settings. Gerakkan slider yang tersedia di menu “change the size of text, apps…”, ke arah kiri atau kanan. Gerakan ke kiri menurunkan presentase skala, jadi Anda akan mendapatkan objek yang lebih kecil. Begitu pula sebaliknya. Perubahan skala akan terlihat di atas layar. Reboot laptop setelah selesai dengan pengaturan layar.

mengatur-layar-windows-10

resolusi layar Windows 103. Munculkan file yang tersembunyi dan File Extensions

Dalam banyak hal, Windows 10 bakal memperlakukan Anda seperti seorang remaja yang tidak bisa dipercaya. Sistem operasi tersebut menyembunyikan banyak ekstensi (seperti .jpg, .xls, .docx, misalnya) dan kemudian membuat sistem data tidak terlihat sama sekali. Padahal mengetahui ekstensi file akan memudahkan Anda dalam melakukan banyak hal dengan file yang diinginkan.

Memunculkan file extensions dan berbagai macam file yang tersembunyi sangat mudah. Bukalah File Explorer pada Windows, yang bisa diakses dengan melakukan klik pada ikon folder berwarna kuning pada taskbar. Di atas tab, kliklah pada menu “View”. Selanjutnya hilangkan tanda centang pada “hidden items” dan “file name extensions”. Selanjutnya Anda perlu mengklik “View” sekali lagi.

unhide hidden files

mengatur kemunculan ekstensi file4. Mematikan Fungsi Cortana bila tidak diperlukan

Cortana adalah sebuah aplikasi asisten digital yang menawarkan sejumlah fitur terbaik, seperti kemampuan untuk mempersiapkan reminders, menemukan file dengan pencarian semantik, atau menjawab pertanyaan maupun mempersiapkan voice commands. Akan tetapi tampaknya Cortana tidak terlalu dibutuhkan sekarang, apalagi bila Anda menggunakan laptop.

Bila tidak memerlukan Cortana, Anda bisa mematikan fungsinya dengan cara mengklik ikon Notebook dan kemudian melakukan pengaturan pada bagian Settings. Kemudian gerakkan slide “Cortana can give you suggestions” pada posisi Off.

5. Menyiapkan shortcut keyboard untuk semua aplikasi

Melakukan hal ini berarti menghemat banyak waktu. Shortcut pada keyboard akan membantu Anda mengakses aplikasi favorit dengan cepat (contoh: CTRL + T untuk membuka tab baru di browser Anda). Lebih jauh lagi, Anda bisa menyiapkan shortcut dengan cara mudah. Begini caranya:

  • Tekan kombinasi Windows + R guna membuka kotak dialog.
  • Ketik “explorer shell:AppsFolder” pada kotak dialog dan kemudian tekan OK.
  • Setelahnya Anda akan menemukan daftar aplikasi yang tersedia. Pilih salah satunya untuk membuat shortcut.
  • Sebuah kotak dialog akan terbuka, dan sejumlah ikon akan muncul di layar desktop.
  • Klik kanan pada shortcut baru dan pilih Properties.
  • Masukkan kunci kombinasi mengguna CTRL + ALT + karakter pilihan pada kotak “Shortcut key”. Anda bisa menggunakan simbol, huruf, maupun angka. Kemudian klik OK.

 

 

 

Leave a Reply