msi gs40 6qe feature image

Walau tidak bisa dibilang barang gress, MSI mencoba memberikan opsi bagi para gamer yang sangat concern dengan handling sebuah mesin gaming. Untuk itu, kita akan banyak membahas spesifikasi, desain dan fitur MSI GS40 6QE Phantom ini dari sisi oportunitas-nya di pasar laptop gaming kedepan. Sebab, seperti kita ketahui, MSI sudah merefresh line-up 14-inch mereka dengan MSI GS43VR. Barebone yang sama tapi dengan GTX 1060 dan fitur pendingin terbaru.

Sudah cukup lama agaknya Xenom Siren SR14 berjalan sendiri di pasar laptop gaming 14-inch yang menawarkan performa chip grafis tinggi. Dan kini, ketersedian Xenom Siren SR14 di pasaran juga ludes, entah dengan MSI GS40 ini. Dan kita tahu, sebentar lagi versi GS43VR dengan GTX1060 akan masuk. Untuk itu, sebaiknya kita cari tahu apa yang di tawarkan MSI lewat seri 14-inch-nya ini.  Karena saat acara launching laptop gaming MSI ber-GTX 10, penampakan MSI GS43VR ini hampir tak ada beda dengan MSI GS40 6QE.

Desain dan Handling

MSI GS40 6QE PhantomMSI GS40 6QE Phantom secara dimensi yakni 345(W) x 245(D) x 21.8 ~ 22.8(H) mm. Jika diperhatikan dengan seksama, tidak bisa dibilang setara dengan seri GS yang lain. Lebih mirip GE series yang diperkecil. Ok, ini efek dari pengaplikasian CPU dan GPU kelas high-end yang membuat MSI seperti ‘gentar’ untuk membuat GS40 tampil di bawah 21mm seperti pesaingnya, Gigabyte P34W V5. Tapi mari berfikir positif, mengorbankan sedikit handling untuk lebih meminimalisir kemungkinan overheat juga langkah positif.

MSI GS40 6QE Phantom front workstationFront cover dan upper case menggunakan bahan logam yang difinishing tekstur brushed almunium dengan warna dominan hitam. Sebagai pemanis, ditambahkan sebuah emblem MSI yang bagian tengahnya dihias lambang naga yang akan berpijar putih saat laptop aktif. Tak seperti Gigabyte P34 series, cover MSI GS40 ini dibuat membentuk guratan menonjol hingga tak benar-benar polos. Sebuah garis merah memanjang dibuat menjadi pembatas antara sambungan dua area cover. Ini bisa digunakan sebagai penanda saat anda menentukan bagian pembuka lid di tempat yang gelap.

Spesifikasi MSI GS40 6QE PHANTOM

MSI GS40 6QE Phantom bottom case

Display : 14″ FHD (1920×1080), Wide-viewing angle, IPS level panel
Processor : 6th Gen Intel Core i7-6700HQ Quad Core (2.60 – 3.50 GHz, 6 MB Cache)
Memory : 8 GB DDR4-2133, 2 slots, up to 32GB
Hard Drive : 128GB PCIe SSD + 1 TB 7200 rpm SATA HDD
Graphics : Nvidia GeForce GTX 970M 3 GB GDDR5
Optical Drive : N/A
Operating System : Windows 10 Home
Camera : FHD type ([email protected])
Audio : Sound by Dynaudio
ESS SABRE HiFi audio DAC technology
Nahimic Audio Enhancer
Networking : Killer ac
Killer Gb LAN with Killer Shield
Bluetooth v4.1
Slots/Interface :
Card reader SD(XC/HC)
1 x HDMI (v1.4)
2 x USB 3.0 port
1 x USB 3.1 Type-C  40Gbps
1 x Mini Display Port (v1.2)
1 x Mic-in/Headphone-out
1 x Line in/Line out
Battery : 4-Cell
Power Adapter : 150W
Weight : 1.8kg
Warranty : 2 year MSI Warranty

Workstation

MSI GS40 6QE Phantom keyboardBagian upper case juga dibentuk bertekstur trapesium mirip GE series. Dengan konsep one surface panel, area ini terlihat clean. Sayangnya, jadi terasa ringkih saat anda mulai mengetik. Karena bagian penahan keyboard seperti membal. Touchpad juga hadir dengan model all in one yang tak terlalu besar, tapi sangat responsif. Palm rest saat anda baru menyalakan terasa sangat menyenangkan, dingin menyentuh kulit tangan. Tapi setelah 30 menit digunakan, palm rest mulai hangat terutama bagian kanan. Ternyata bagian bawah ini adalah area storage yang dihuni sebuah HDD dan sebuah SSD M.2. Untuk led indikator, walau sederhana dan hanya terdapat 3 buah, tapi sangat mudah dipantau. Terdapat indikator wireless, battery dan HDD activity yang diposisikan di bawah touchpad.

MSI GS40 6QE Phantom TouchpadUntuk keyboard, tampil sederhana dengan backlit merah saja, bukan RGB. Juga belum dilengkapi silver lining yang dapat membantu pembiasan backlit agar lebih terang. Ini baru akan diaplikasikan pada GS43VR kelihatannya. Untuk eksperience, tutsnya sangat nyaman digunakan untuk mengetik ataupun bermain game. Hanya saja, sedikit noise dibanding produk-produk Xenom. Barebone yang dipakai MSI GS43VR Phantom Pro nanti juga amat serupa secara dimensi dengan GS40 6QE yang memiliki berat 1.8 kg ini.

Display Panel

Poin yang satu ini mungkin sekali akan sama persis juga antar keduanya. Panel 14-inch MSI GS40 juga GS43 sepertinya tak akan hadir dalam opsi 3K apalagi 4K. Hanya tersedia dalam opsi panel IPS Full HD 1080p hasil karya LG Philips dengan seri LP140WF3-SPD1. Panel ini punya kekuatan di brighness juga screen bleeding yang amat minim. Fitur MSI TrueColor juga hadir pada seri ini. Untuk kualitas kontrast, sayangnya belum sebaik seri laptop G series MSI yang berpanel 15-inch, itupun terlalu signifikan. Tambahan informasi, MSI GS40 6QE dibekali webcam beresolusi 1080p. Anda penggemar BIGO? mungkin ini bermanfaat. 🙂

Port dan Konektifitas

Untuk urusan ketersediaan port, MSI GS40 bukan yang paling lengkap. Maklum saja, ini salah satu kelemahan barebone 14-inch yang dimensinya terbatas. Tapi anda bisa temukan sebuah port USB 3.1 combo dengan ThunderBolt 3 yang amat sangat jarang ditawarkan oleh kompetitor. Susunan port juga amat baik. Jenis yang sering membuat kabel bersliweran seperti LAN, HDMI dan kabel adaptor, diletakan di bagian belakang tiap sisi.

MSI GS40 6QE sudah dibekali dua koneksi kelas flagship dari killer series. Untuk LAN adapter ia menggunakan Killer e2400 PCI-E Gigabit Ethernet Controller. Sedangkan untuk WiFi adapter ia menggunakan Killer Wireless-n/a/ac 1525 Wireless Network Adapter.

Upgrade Option

MSI-GS40-DisassemblySebuah laptop gaming 14-inch tentu tak mempunyai banyak ruang untuk slot ekstra. dua slot RAM DDR4, 1 slot 2.5-inch SATA serta 1 slot M.2 sudah terisi. Tapi, tentu anda masih bisa tingkatkan kapasitasnya. Untuk RAM hingga kapasitas 32GB, slot 2.5-inch SATA hingga 2TB dan slot M.2 hingga SSD 1TB. Poin ini belum memberi sebuah sales poin signifikan agaknya.

Feature

MSI Cooler Boost 3Pemmzchannel rasa, dibanding yang lain, MSI paling memahami habit para gamers. Ini dibuktikan dengan digelontorkan banyak sekali fitur baik berbasis software maupun hardware. Untuk Layar ada MSI True Color juga matrix display. Untuk Audio, anda bisa gunakan headphone high-end anda karena GS40 sudah dibekali pre-amp untuk Hi-Fi Headphone serta audio enhancer kelas profesional, Nahimic 2. Untuk generasi kedua ini anda bisa mendapat fitur baru yakni Sound Tracker yang akan memvisualkan arah datangnya suara. Dan masih banyak lagi feature yang pastinya sangat berguna untuk aktifitas gaming.

Performance

Dengan total score PCMark 7 yang mencapai 5700 lebih, konfigurasi CPU, RAM dan GPU serta storage pada MSI GS40 6QE sebenarnya menawarkan anda kemampuan mesin gaming kelas tinggi di jajaran laptop 14-inch. Paduan CPU quad core dan GPU GTX970M yang menawarkan performa 15% lebih kencang dari geforce GTX880M terdahulu, menjadikan MSI GS40 6QE mampu melibas semua game 3D yang dianggap berat sekalipun.

Sayangnya, test benchmark synthetic yang pemmzchannel lakukan, menunjukan hasil yang sepertinya kurang maksimal, terutama di sisi GPU score. Walau perbedaan angka-nya tidak signifikan dibanding Xenom Siren SR14S ataupun Gigabyte P34W V4 yang sama-sama menggunakan Geforce GTX970M 3GB GDDR5, tapi sedikit diluar toleransi yang biasa kita berikan karena perbedaan OS, driver juga versi aplikasi benchmarknya itu sendiri.

Temperature

Mungkin, Geforce GTX 970M merupakan pilihan maksimal untuk dimasukan dalam barebone 14-inch milik MSI GS40 6QE. Mempertimbangkan kemampuan cooling system yang tak memiliki banyak ruang gerak udara. Kemampuan sistem pendingin laptop ini saat mengakomodir aktifitas gaming perlu mendapat dua jempol. Dua buah fan dengan 5 buah heatpipe, masing-masing 3 buah ke CPU dan dua buah ke GPU, jadi andalan GS40 mendinginkan Intel core i7 6700HQ dan chip grafis GTX970M. Khusus mempercepat pembuangan panas di CPU, kipas untuk CPU mendapat dua buah heatsink dan 2 buah lubang exhaust. Noise yang dikeluarkan kipas masih bisa ditolerir walaupun saat kondisi full load.

Kesimpulan

Anda yang sering berpindah-pindah tempat bekerja, pastinya mensyaratkan opsi yang ditawarkan GS40 ini. Sederet keunggulan diluar spesifikasi-pun jarang bisa ditanding merk lainnya. Terkait build quality dan kualitas speaker, mungkin bisa dijadikan masukan untuk memperbaiki seri GS43VR mendatang. Dengan harga mulai dari 23 juta tanpa SSD, MSI GS40 6QE adalah pilihan yang baik seandainya unitnya masih bisa didapatkan di pasaran. Tapi pemmz punya solusi, yakni Gigabyte P34W V5 yang menawarkan performa serupa tapi dengan barebone lebih slim dan ringan.

Kamu bisa cek infonya di sini juga cara memesannya.

 

Leave a Reply