Android nougat

Seorang antusias, yang kebetulan juga adalah seorang penggemar Android, mungkin tidak sabar untuk mendapatkan Android Nougat 7.0. Ini adalah versi teranyar mobile OS besutan Google yang bakal menggantikan Android Marshmallow. Memang Nougat tampaknya belum bakal dirilis dalam beberapa minggu ke depan, namun kita tahu bahwa OS seperti Android sudah memberi kehidupan kepada banyak perangkat, mulai dari tablet sampai smartphone, sampai aplikasi rumahan seperti kulkas dan TV.

Namun di sini kami tidak bermaksud untuk mengajak para pengguna biasa untuk buru-buru mengunduh dan memasang Nougat di smartphone berbasis Android. Android Nougat saat ini saat ini baru tersedia dalam bersi Beta Final Developer Preview. Pada ajang Google IO 2016, raksasa mesin pencari Google mengumumkan bahwa hanya mereka yang berminat yang bisa mendaftarkan perangkat untuk mencoba Android Nougat versi Beta Final Developer Preview.

Versi Preview yang disebut di atas adalah terakhir sebelum Android N 7.0 benar-benar dirilis di akhir tahun ini. Versi Beta Final Developer PReview hadir dengan sejumlah perbaikan bug, peningkatan kinerja, dan sejumlah fitur terbaru. Memang jalan agaknya masih panjang sampai Android 7.0 Nougat benar-benar dirilis dalam versi stabil, namun versi tersebut adalah versi paling stabil dan paling aman untuk diunduh.

Sayangnya, Google mengisyaratkan hanya pengguna perangkat Google Nexus terbaru, atau pemilik smartphone Huawei P9 atau Sony Xperia Z3 yang bisa mencicipi Android 7.0 Nougat versi Beta Final Developer Preview. Singkat cerita, versi tersebut tidaklah dimaksudkan untuk pengguna smartphone biasa, melainkan untuk pengembang aplikasi yang ingin memastikan bahwa aplikasi mereka berjalan mulus di atas platform Nougat 7.0. Pengguna biasa yang memiliki sebuah perangkat seperti disebut di atas masih dipersilakan untuk mengunduh Android N, namun masih ada sejumlah error dan bug yang bakal mengganggu kinerja smartphone.

Tetap ngeyel ingin mengunduh dan memasang Android N? Berikut beberapa hal yang mesti dilakukan sebelum dan selama menginstal OS tersebut:

  1. Backup data-data penting

Yang harus dilakukan sebelum mengunduh Android N versi Beta Final adalah memback-up seluruh data yang ada di ponsel Anda. Bila ternyata Android N tidak bekerja dengan baik di perangkat Anda, maka data-data yang sudah diback-up sebelumnya bakal membantu Anda kembali ke versi Android sebelumnya.

Pastikan bahwa perangkat ponsel memiliki fitur back-up yang tersedia di Settings > Backup & Reset. Pastikan Anda mencentang opsi “Automatic restore” dan “Backup my data”.

2. Dua Cara Mengunduh Android N versi Beta Final

Berminat untuk mengunduh Android Nougat 7.0? Arahkan peramban Anda ke situs Android Beta dan pilih menu “Enroll device”. Sebelumnya Anda akan diminta untuk masuk ke akun Google. Dan bila perangkat Anda termasuk dalam daftar yang bisa menerima Android N, maka ponsel akan menerima pembaharuan melalui OTA (over the air).

Ada cara lain dimana Anda bisa mengunduh file pembaharuan secara manual, meski resikonya jauh lebih besar. Lebih jauh lagi, caranya akan jauh lebih kompleks dan ini juga berarti bahwa Anda tidak akan menerima pembaharuan OS secara otomatis.

3. Kembali ke Versi Android Sebelumnya

Ini bisa Anda lakukan bila ternyata Android N Beta Final tidak memuaskan karena terlalu banyak bug dan error yang dirasakan. Bila ini yang dipilih, maka kembalilah ke laman situs Android Beta Program dan klik di bagian ‘Unenroll device’. Sebuah jendela pembaharuan akan terbuka, yang kemudian bakal membantu Anda mengembalikan Android ke versi stabil. Hanya saja proses ini akan menghilangkan semua data yang ada di perangkat, karena itu pastikan Anda sudah memiliki back-up datanya.

Bila masih bingung, video di bawah ini akan membantu Anda.

promo Aorus X7 DT GTX 10

Leave a Reply