Windows 10 Anniversary Update

Di artikel yang membahas tentang bagaimana mendapatkan OS Windows 10 setelah 29 Juli, kami sedikit menyinggung tentang pembaharuan Windows 10 Anniversary Update, yang mulai bergulir pada 2 Agustus lalu. Pembaharuan yang dilakukan Microsoft tersebut bakal meningkatkan kegunaan stylus pada Windows Ink, sekaligus memperluas fungsi Microsoft Edge, Cortana, dan Hello.

Sebagian dari Anda tentu tidak sabar untuk memperoleh Windows 10 Anniversary Update. Meski demikian jangan khawatir, Anda perlu bersabar sampai pengguna Indonesia mendapatkan giliran pembaharuan.

Sekali pembaharuan mampir ke perangkat Anda, Windows 10 Anniversary Update bakal menghadirkan beberapa kejutan. Diantaranya: Anda akan mampu mengakses Cortana langsung di lock screen, mensinkronkan pesan SMS di antara perangkat telpon dan desktop, menjalankan ekstensi di peramban Edge, serta menggambar objek menggunakan Windows Ink. Tentu saja ini hanya sebagian fitur yang bakal hadir di Anniversary Update.

Meski Windows 10 Anniversary Update baru bisa didapatkan pada beberapa minggu mendatang, ada cara-cara tertentu untuk mempercepat proses pembaharuan. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memeriksa apakah Anda sudah memiliki versi Windows terbaru. Ketik “winver” di kotak search guna memeriksa sistem informasi OS. Bila Anda sudah memiliki OS Windows 10 versi build 14393 atau lebih tinggi, maka selamat, Anda sudah memiliki Anniversary Update.

Namun bila versi build lebih rendah, arahkan jendela ke Update & Security yang terdapat di menu Settings. Sampai di sana, Anda wajib melakukan klik pada “Check for Updates Button”. Cara ini akan memaksa Windows untuk mencari versi Anniversary Update. Kendati demikian, kamu mesti bersabar dan mencoba beberapa kali, sebab Microsoft kemungkinan besar bakal membatasi lalu lintas pembaharuan untuk OS mereka.

Seperti Apa Anniversary Update Nantinya

Memang akan ada banyak pembaharuan yang bisa dinikmati oleh para pengguna Windows 10 nantinya, termasuk perluasan fungsi peramban Edge. Kami sangat terkesan dengan desain minimalis peramban tersebut, dimana semua fungsi dan navigasi sesuai dengan proporsi. Ringan dan tidak berlebihan sama sekali. Hanya saja ada satu kekurangan kecil. Berbeda dengan Chrome, misalnya, Edge tidak mendukung pemasangan ekstensi.

Namun segalanya akan berubah ketika versi Windows 10 Anniversary Update hadir, dimana Edge nantinya bakal mendukung kehadiran ekstensi, atau tool kecil dan ringan yang bakal membuat peramban lebih berguna. Pengguna Edge yang peduli akan privasi juga bisa melakukan konfigurasi, dimana ia bisa memilih untuk menghapus “history” setiap kali peramban ditutup.

Anniversary Update juga bakal memperluas fungsi Windows Hello, yang dikenal sebagai fitur keamanan biometris. Dengan pembaharuan Windows 10, khususnya pada Windows Hello, pengguna nantinya menggunakan wajah guna membuka perangkat atau melakukan otentifikasi pembayaran e-commerce. Bila Anda memasang Hello di perangkat Windows Phone, maka Windows Store akan meminta verifikasi wajah Anda atau menyapukan sidik jari sebelum membeli apapun.

Pembaharuan juga mengikutsertakan fungsi baru pada Cortana, dimana sekarang pengguna bisa mengirim dan membalas SMS menggunakan fitur tersebut. Cortana juga bakal membantu menemukan Windows Phone Anda bila hilang. Nantinya Anda juga bisa mengakses Cortana melalui lock screen. Fitur ini juga bakal membantu membuat reminder notes dan juga menjawab pertanyaan Anda. Ia juga bisa dimanfaatkan untuk mengakses dan mengirim email, pesan, dan kalender.

Atau bila Anda senang menggambar, segera temukan sebuah stylus dan gunakan segera pada Windows 10 Anniversary Update, sebab akan tersedia sebuah fitur baru bernama WIndows Ink. Yang terakhir disebut ini mungkin bukanlah sebuah tool paling luar biasa, yang mungkin Anda inginkan, namun kamu bisa menggunakannya untuk membuat pengingat maupun menggoreskan garis-garis sederhana.

promo Aorus X7 DT GTX 10

Leave a Reply