Mi notebook untuk Gaming

Xiaomi akhirnya ikut turun ke pasar laptop dengan Mi Notebook Air series sebagai proyek pertama mereka. Kita tidak akan banyak bahas tentang spesifikasi yang mungkin kamu sudah tahu dari berita-berita di web lain. Kali ini kita akan memprediksi kemungkinan si pesaing Macbook Air ini dalam hal PC gaming. Ya, dengan membawa geforce 940MX 1GB GDDR5, performa Mi Notebook untuk gaming tentu tidak bisa diremehkan.

Ada gula ada semut, Bukan tanpa alasan Xiaomi membenamkan Nvidia Geforce 940MX pada produk yang notabene ingin mendapatkan ceruk pasar Macbook Air. Paling masuk akal adalah, Xiaomi ingin mendapat poin dari sisi performa saat pengguna mengandalkannya untuk produktifitas seperti video atau image editing. Kita sama-sama tahu, Macbook memiliki basis fans dari kalangan profesional. Dan para profesional akan menaruh perhatian pada performa sebuah produk teknologi.

Geforce 940MX merupakan penerus dari Geforce 940M yang dirilis awal 2016. Geforce 940M sendiri merupakan seri ekonomis dengan memory interface 64-bit yang cocok untuk laptop multimedia 13 atau 14 inch seperti Asus K401LB contohnya. Tapi tak tanggung-tanggung, yang dibenamkan pada Mi Notebook adalah Geforce 940MX versi GDDR5 yang minimal 20% lebih powerfull dibanding versi DDR3-nya, bahkan bisa 30% jika disandingkan dengan CPU Quad Core. Terutama saat menggunakan Mi Notebook untuk Gaming activity. FYI, Geforce 940MX juga tersedia dalam versi GDDR3 yang jika dibandingkan dengan geforce GT940M, hanya beda clock speed saja.

Geforce 940MX tetap di peruntukan untuk sub-notebook dengan layar 13 atau 14-inch dengan resolusi up to full-HD. Pas dengan Mi Notebook yang berlayar 13.3-inch dan resolusi full-HD 1920 x 1080p. Dengan barebone ultra-slim, sayangnya Xiaomi harus memadukan GPU ini dengan CPU dual core Intel core i5 versi ULV 6200U. Tapi dengan cerdas, Xiaomi memadukannya dengan storage jenis SSD berkapasitas 256GB. Ini bisa sangat membantu antrian proses eksekusi sistem yang akan sedikit mengantri untuk di proses processor versi ULV.

Lalu seberapa baik Performa Mi Notebook untuk Gaming activity?

Geforce 940MX versi DDR3 lebih kencang sekitar 5% dibanding Geforce 940M. Jika langsung kita bandingkan Geforce 940M vs Geforce 940MX GDDR5, perbedaannya bisa mencapai 25% lebih tinggi. Dan jika anda sudah melihat review Asus K401LB by pemmzchannel, sedikit banyak bisa kita ukur performa gaming geforce 940MX 1GB GDDR5 pada Mi Notebook ini. Dengan patokan sekitar 25% lebih kencang dari Asus K401LB, Mi notebook ini bisa menjalankan DOTA 2 di seting best looking full HD dengan rata-rata 41FPS. Sedang di Battlefield 4 seting high full-hd, diperkirakan tembus rata-rata 20FPS. Lalu untuk GTA 5 dengan seting high resolusi full HD, diperkirakan rata-rata mendapat 28 hingga 29FPS. Hmm.. lumayan bukan?

Sebagai info tambahan, Mi Notebook juga tersedia dalam versi lebih terjangkau yang menawarkan GPU Intel HD berlayar 12.5-inch. Versi ini menggunakan Intel Core m3 processor, RAM 4GB DDR3, Intel HD dan SSD 128GB serta layar beresolusi 1080p.

Kedua Mi notebook ini menyediakan ekstar slot storage M.2 untuk penambahan kapasitas storage. Tapi sayangnya, hanya pihak Xiaomi yang bisa melakukan penambahan storage ini, kecuali anda ingin membatalkan garansi Mi notebook anda. Versi dengan geforce 940MX akan dibekali 2 USB 3.0 port dan sebuah port USB type-C yang juga digunakan sebagai port charging serta sebuah port HDMI. Port koneksi pada versi 12.5-inch serupa dengan versi 13.3-inch, hanya saja port USB 3.0 dikurangi sebuah.

promo Aorus X7 DT GTX 10

2 COMMENTS

  1. Specs Wow, tapi.. Panas gak latopnya, nyaman gak klo dipake main game trus, keyboardnya nyaman gak? soundsnya gmn.. ditunggu reviewnya min

Leave a Reply