Menurut pernyataan Dr. Lisa Su, AMD sedang memfokuskan agar Zen versi Server bisa rilis di Q1 2017. Sementara itu, untuk versi Desktop, bos besar AMD tersebut menjanjikan akan mengapalkan Zen dalam kuantiti terbatas mulai Q4 2016 ini.

Dengan kuantiti yang terbatas ini, AMD bermaksud melihat, tepatnya mengukur seberapa besar demand pasar dan kesiapan calon pengguna. Dengan begitu, tipikal pelanggan yang memiliki demand khusus terhadap AMD Zen akan segera mereka ketahui. Dan hal ini akan memudahkan AMD menentukan kuantiti yang sesungguhnya di Q1 2017. Di sisi server, AMD sedang menyiapkan versi AMD Zen dengan kode nama Naples, hadir dengan 32 core, 64 thread, dan cache L3 64MB.

AMD Zen sendiri merupakan microarsitektur baru buatan AMD yang dibangun berbasis proses 14nm FinFET, dan ditargetkan menajdi alternatif produk processor Intel terbaru dengan harga yang lebih kompetitif. Menurut AMD, AMD Zen akan menawarkan peningkatan kinerja hingga 40 persen dalam instruksi per jam ( IPC ) dibandingkan dengan arsitektur prosesor mereka saat ini.

“Produk ini berinti 8, 16 thread. menggukan teknologi FinFET terbaru dan masuk dalam platform desktop terbaru kami AM4. Platform desktop AM4 merupakan platform yang kami harap bisa kembali diterima oleh fans kami dari kalangan enthusiasts yang menyukai performa” Jelas Dr. Su bulan lalu. “Dan jika anda bertanya-tanya tentang AM4, anggap saja itu yang akan anda dapatkan pada line-up desktop kami dari bawah hingga atas.”

Lebih Lanjut

 

promo Aorus X7 DT GTX 10

Leave a Reply