Samsung seperti yang kita kenal adalah salah satu pembuat SSD terbesar didunia dengan produk seperti 850 Series dan 950 Pro M.2 NVMe. Walaupun dengan semua teknologi hebat tesebut sepertinya samsung serta berhenti berinovasi. Samsung sekali lagipun mengeluarkan inovasi terbarunya, yaitu PM971-NVMe SSD yang berkapasitas 512GB, lalu apa bedanya dengan NVMe SSD yang sudah ada ? Bedanya adalah produk kali ini hanya bebentuk satu chip.

c6ad62f0-6269-4449-87f5-8ef3aa51dba9

Samsung mengeluarkan NVMe SSD berseri PM971-NVMe. SSD tersebut hanya berbentuk satu chip saja. Berbeda dengan SSD kebanyakan yang membutuhkan chip controller, chip memory cache, dan banyak chip NAND flash dalam satu komponen. Samsung membuat perangkat SSD penuh dengan semua komponen tersebut dan memuat seluruh komponen nya hanya kedalam satu chip saja, Luar biasa sekali.

“NVMe SSD terbaru dari samsung mampu memuat performa tiga kali lipat dari SSD SATA kedalam ukuran terkecil dalam bentuk chip BGA dengan kapasitas hingga 512GB” demikian kata dari Lee Jung Bae, Wakil Presiden Senior dari tim perenanaan produk dan aplikasi engineering dari Samsung Electronics. “Peluncuran dari SSD berukuran kecil ini akan membantu berbagai perusahaan komputer untuk membuat produk komputasi yang lebih stylish dan kecil, namun secara bersamaan menawarkan konsumen dengan performa yang memuaskan” Tambah Lee Jung Bae.

file-c7958ae576e3246778

Merancang Samsung PM971-NVMe SSD kedalam satu chip BGA dapat dilakukan dengan menggabungkan 16 dari flash chip V-NAND yang memiliki 48 lapisan, satu buat memory LPDDR4 4Gb yang berukuran 20nm, dan sebuah kontroler dari SSD tersebut. Semua komponen tersebut lalu dirancang sedemikian rupa hingga hanya memiliki dimensi 20mm x 16mm dengan ketebalan 1.5mm dengan berat hanya 1 gram. SSD kecil tersebut hanya memiliki volume seperseratus dari SSD SATA 2.5 inci. Walaupun memiliki ukuran yang sangat kecil Samsung PM971-NVMe SSD memiliki kecepatan baca dan tulis hingga 1,500 Megabyte perdetik, cukup impresif. Samsung PM971-NVMe akan mulai diluncurkan mulai bulan ini.

Perkembangan teknologi sangatlah cepat, padahal belum lama ini SSD mulai mengambil pasar konsumen yang besar. Bagaimana pendapat sobat pemmzchannel sendiri ?

promo Aorus X7 DT GTX 10

Leave a Reply