Review Stardew Valley – Okay okay, pemmzchannel mungkin agak terlambat dalam bandwagon untuk Review Stardew Valley. Mungkin sobat pemmzchannel bertanya kenapa kita bisa sih terlambat. Alasan nya hanya satu, kita tidak bisa berhenti. Yep, berhenti main Stardew Valley itu sulit. Lalu mungkin ada yang bertanya lagi, apa sih Stardew Valley itu ?

Mungkin pada jaman dahulu kala kamu pernah bermain yang namanya Harvest Moon di console kamu. Stardew Valley adalah game yang bergenre sama dengan Harvest Moon, yaitu farming simulation atau life simulation. Karena selain bercocok tanam dan memelihara ternak, kamu juga berinteraksi dengan orang orang sekitar. Penasaran ?

Without further ado, berikut adalah Review Stardew Valley.

Stardew Valley adalah game bergenre farming simulation yang memiliki element RPG. Game ini dikembangkan oleh ConcernedApe yang memiliki nama asli Eric Barone. Yes, Stardew Valley dibuat hanya oleh satu orang. Stardew Valley mulai dibuat oleh Eric pada mulai tahun 2012 setelah ia lulus dari perguruan tinggi. Eric memiliki gelar ilmu komputer namun ia tidak kunjung mendapatkan pekerjaan, maka ia bekerja sebagai penjaga di sebuah bioskop. Karena tidak menemukan yang ia cari, maka Eric memiliki ide untuk membuat game yang terinspirasi dari Harvest Moon karena ia berfikir Harvest Moon semakin memiliki kualitas yang buruk pada setiap game barunya. Stardew Valley dikembangkan selama bertahun-tahun dan Eric tidak ingin memasukan nya ke program early access seperti kebanyakan game sekarang, ia mengatakan ia hanya akan menjualnya ketika ia merasa Stardew Valley telah selesai. Setelah waktu yang cukup lama Eric meluncurkan Stardew Valley pada tanggal 26 Februari 2016.

2830173-stardewvalley
Menanam jagung di kebun kita

Stardew Valley memiliki gameplay yang mirip dengan Harvest Moon. Pemain memulai dengan menggemburkan sepetak tanah lalu menanam biji umbi umbian yang tersedia. Setelah beberapa hari tanaman tersebut akan siap dipanen lalu dijual untuk mendapatkan uang. Setelah beberapa waktu pemain akan mulai memperluas lahan tanaman nya. Pemain juga dapat melalukan hal hal lain seperti mencari tumbuhan liat, memancing, bahkan memelihara binatang ternak seperti ayam untuk mengambil telurnya. Semua yang kamu lakukan akan menghabiskan energi, maka kamu harus memperhatikan seberapa berat kamu bekerja atau kamu akan pingsan.

413150_screenshots_20160309070836_1
Salah satu festival dikota

Dekat dengan perkebunanmu ada desa kecil yang dipenuhi oleh orang orang yang dapat menjadi temanmu adapula toko toko tempat kamu membeli barang barang keperluan kebunmu. Kamu bisa berinteraksi dengan semua masyarakat di Stardew Valley. Bahkan kamu bisa menggoda beberapa gadis hanya dengan hadiah kecil, andaikan hal itu dapat dilakukan di dunia nyata, ehem. Orang orang di Stardew Valley berperilaku seperti layaknya orang sungguhan, semua orang memiliki personality masing-masing. Ada seorang lelaki yang menghabiskan waktunya hanya di bar untuk minum, seperti hal yang beberapa orang sungguhan lakukan untuk lari ataupun menyembunyikan sesuatu.

Stardew-Valley-screenshot
Permisi

Semakin waktu gameplay dari Stardew Valley pun makin luas begitupun dengan wilayah yang bisa kita datangi. Pemain bisa mendapatkan sebuat pedang untuk menghabisi monster yang berdiam di dalam pertambangan tua, maka sembari kita mengumpulkan bahan baku besi kita juga bisa mendapatkan beberapa barang dari monster tersebut. Barang barang yang kita kumpulkan kemudian dapat kita padukan dalam menu crafting. Crafting dalam Stardew Valley adalah salah satu fitur terbaik dari game ini. Kita bisa membuat berbagai macam barang seperti pagar maupun orang orangan sawah untuk perkebunan kita. Element RPG dapat terlihat dari semakin mampunya sang karakter dalam mengurus kebun, memotong kayu, memancing dan lain nya.

Stardew-Valley-Review-Screenshot-3
Yes, kamu juga bisa bermain sebagai wanita!

Stardew Valley terasa sangat unik dan dengan grafis yang pixelated seperti game tahun 80-90an. Namun hal ini menambah charm dari gameplay Stardew Valley sendiri. Kitapun dapat melakukan apapun yang kita mau, seperti memancing diujung pelabuhan maupun berteman dengan orang yang tinggal di tenda. Stardew Valley tidaklah sempurna, namun ketidak sempurnaan tersebut tidak membuat gameplay maupun atmosfir dari Stardew Valley menjadi berkurang. Stardew Valley membuat kita mencintai berbagai binatang maupun anjing setia perkebunan kita, dan membuat kita tidak pernah bisa berhenti mencangkul, menyiram, dan bereksplorasi didalam game tersebut. Mungkin Stardew Valley membuat kita menjadi ingin kabur dari kehiruk-pikukan kota menuju pedesaan dan membuat perkebunan kita sendiri.

Demikianlah Review Stardew Valley, semoga sobat pemmzchannel dapat menikmati Stardew Valley, dan selamat bermain!

Leave a Reply