Halo sobat pemmzchannel, setelah tidak ada panduan harga PC gaming rakitan selama beberapa bulan, hari ini kita akan memulai kembali membuat panduan harga untuk membeli PC rakitan kalian sendiri setiap bulan nya.

Untuk bulan maret ini kondisi nilai tukar rupiah terhadap Dollar Amerika kian membaik dan kita para enthusiast PC Gaming patut bersuka ria karena mungkin ada penurunan harga dari beberapa komponen dan hardware.

Untuk format terbaru sendiri kita akan membuat 3 pilihan untuk segmentasi harga dalam rupiah tanpa monitor, OS dan input (Mouse dan Keyboard), sekitar 7 Juta, sekitar 13 juta, dan sekitar 18 juta. Untuk penjelasan hardware kita akan menjelaskan kenapa saya memilih hardware tersebut, namun untuk komponen lain yang simpel seperti power supply, ram, dan storage kita tidak akan menjelaskan banyak karena komponen tersebut sudah self-explainatory.

Dan untuk merk sendiri, kita tidak terlalu memilih karena menurut saya semua merk yang beredar di indonesia adalah baik. Lalu kita semua yang ingin membeli PC Gaming Rakitan sendiri pastinya lebih budget conscious, sehingga kita langsung memilih hardware yang perbandingan harga dan perfoma nya paling baik. Untuk pemilihan CPU dan GPU, kita tidak akan berat sebelah kepada Intel, AMD, maupun Nvidia, karena yang paling penting adalah performa yang baik dengan harga yang terjangkau, akan tetapi kamu juga bisa menganti komponen sesuai keinginan, karena pada akhirnya kamu yang menentukan apa yang akan kamu beli.

Without further ado, berikut adalah panduan harga PC Gaming Rakitan untuk bulan Maret 2016

1. Sekitar 7 Juta Rupiah

This slideshow requires JavaScript.

Kita mulai panduan harga PC Gaming Rakitan untuk harga sekitar 7 juta dengan CPU. Untuk CPU sendiri kita memilih AMD Athlon X4 860K Quadcore 3.7 GHz dengan socket FM2+ Karena menurut saya untuk harga yang sangatlah murah kita sudah mendapatkan Quadcore dengan performa gaming yang baik. Memang Pentium G4400 memiliki single core performance yang lebih baik dan sudah support DDR4. Namun Pentium G4400 hanya memiliki Dual core, dan dalam kondisi real life semua software yang beredar sudah mendukung multi-threading sehingga Athlon X4 860K memiliki keunggulan disini.

Untuk motherboard kita memilih Asrock FM2A68M-DG3+. Untuk segmentasi harga di sekitar 7 juta, Asrock FM2A68M-DG3+ adalah pilihan yang tepat karena selain murah, Asrock telah terbukti kualitas nya di bidang motherboard.

Untuk GPU sendiri kita memutuskan untuk memilih Zotac GTX960 AMP! 2GB GDDR5. Zotac memiliki reputasi yang baik di indonesia maupun dunia dengan garansi 2 tahun, dan harga yang di tawarkan juga sangatlah murah di bandingkan vendor Nvidia lain nya. GTX960 sendiri sudah tidak di ragukan lagi adalah GPU yang sangat baik di kelas mid to high dengan perbandingan harga dan performa yang lebih baik lagi. Untuk resolusi 1080p GTX960 mampu melibas hampir semua game AAA deperti GTA V, The Witcher 3, Rainbow Six Siege, Farcry Primal, Tomb Raider, Assassins Creed Syndicate, dan game lain nya dengan graphical settings high hingga 60fps.

Untuk storage kita memilih Seagate Hybrid 1TB ST1000DX001, Mengapa untuk storage saya memilih hybrid ? Karena hybrid bekerja lebih baik daripada HDD konvensional dan memiliki kapasitas yang jauh lebih besar daripada SSD dengan harga yang mirip. Ya, kita tau SSD memiliki kinerja yang masih lebih cepat daripada hybrid. Akan tetapi opsi ini masih jauh lebih murah dari pada membeli SSD untuk boot drive dan juga membeli HDD untuk storage.

Untuk memory kita memilih Avexir Core 8GB DDR3 1600Mhz Single Channel. Mungkin sobat pemmzchannel bertanya, “Kenapa single channel?”. Padahal dengan harga yang sama kita sudah bisa dapat dual channel yang lebih cepat. Karena saat ini kita bicara tentang PC. Kenapa kita memilih PC ketimbang Console? Karena upgradeability yang sangat fleksibel. Jadi dengan 1 keping, merupakan investasi di awal.

Untuk casing dan power supply kita tidak merekomendasi power supply bawaan casing karena biasanya kualitas dari power supply tersebut sangatlah buruk dan dapat merusak hardware. Maka kami memilih casing basic yang minimalis tetapi memiliki airflow, cable management dan ruangan yang luas, NZXT Source 210. Untuk power supply sendiri saya memilih Gamemax GM-600 600W Modular. Mungkin nama Gamemax tidak familiar, namun Gamemax memiliki harga yang sangatlah murah dan benar benar memiliki sertifikasi 80+ Bronze plus tiga tahun replacement support jika power supply memiliki masalah.

 

2. Sekitar 13 Juta Rupiah

This slideshow requires JavaScript.

Dengan budget bump yang lumayan jauh, kita lanjutkan panduan harga PC gaming rakitan ini dengan spesifikasi Intel Core i5 6500 Quadcore Skylake 3.2GHz dengan turbo boost hingga 3.6GHz. CPU ini sudah mensupport DDR4 yang nantinya akan cukup menyita budget keseluruhan yang berkisar di angka 13 Juta ini. Dengan teknologi fabrikasi 14nm terbaru CPU ini mampu berkerja lebih baik daripada generasi terdahulu bersamaan dengan konsumsi listrik lebih rendah dengan suhu lebih dingin.

Untuk motherboard pilihan jatuh kepada ASUS B150M-A. Mainboard yang satu ini selain harganya terjangkau tetapi memiliki semua fitur terbaru dengan empat slot DDR4 yang dapat di tweak walaupun bukan dengan chipset Z170. Konektor USB Type C untuk peripherals terbaru, juga Gaming Audio dengan bagian PCB terpisah untuk meminimalisir interfenci terhadap signal audio.

Untuk GPU pilihan sekali lagi jatuh ke Zotac, kali ini dengan Geforce GTX970 4GB GDDR5. Geforce GTX970 adalah GPU yang sangat hebat untuk berbagai macam game dalam settingan ultra di resolusi 1080p, sehingga tidak perlu di ragukan lagi apa yang dapat di lakukan oleh GPU ini. Kamu juga bisa memilih R9 390 dengan harga yang mirip. Apapun pilihan kamu, kamu tidak akan salah dalam memilih karena kedua GPU ini sangat mumpuni.

Untuk storage kita akan melakukan one-two punch dengan SSD Samsung 850 EVO 250GB dan HDD 2TB Sata 6Gbps. Samsung 850 EVO memang merupakan rajanya SSD value, performa nya yang cepat dan konsisten sudah tidak di ragukan lagi. Untuk mass storage kita akan menggunakan harddisk konvensional.

Untuk memory pilihan jatuh kepada Avexir DDR4 Core 2400MHz 16GB Dual Channel kit dengan dua keping memory 8GB. Berhubung ASUS B150M-A memiliki 4 slot memory, upgrade pun masih dapat di lakukan.

Untuk casing dan power supply kami tidak merubah kombinasi dari harga 7 juta, yaitu NZXT Source 210 dan power supply Gamemax GM-600 600W Modular.

3. Sekitar 18 Juta Rupiah

This slideshow requires JavaScript.

Untuk segmentasi harga PC Gaming Rakitan terakhir kita mulai dengan kita mulai dengan Intel Core i7 6700K Quadcore Skylake 4.0GHz dengan turbo boost hingga 4.2GHz dan Hyper Threading, CPU ini sudah mensupport DDR4 yang nanti akan kita gunakan di build dengan budget sekitar 18 Juta ini. Dengan teknologi fabrikasi 14nm terbaru CPU ini mampu berkerja lebih baik daripada generasi terdahulu bersamaan dengan konsumsi listrik lebih rendah dengan suhu lebih dingin. Dan juga berhubungung CPU ini merupakan seri K, maka CPU ini memiliki multiplier yang dapat di unlock untuk kebutuhan overclocking.

Dan untuk build ini kami juga memilih CPU cooler untuk mensupport overclocking CPU. kami memilih Corsair H60. Corsair memiliki water cooler yang silent namun memiliki performa cooling yang sangat baik.

Untuk motherboard kita memilih MSI Z170A SLI PLUS, motherboard ini memiliki berbagai fitur dan upgrade path yang sangat baik, 4 memory slots untuk upgrade memory hingga 64GB dan overclocking memory hingga 3600MHz, USB 3.1 Type-C untuk peripherals terbaru. Lalu motherboard ini juga support Nvidia SLI untuk multiple GPU.

Untuk GPU pilihan tidak berubah dengan Zotac GTX970 4GB GDDR5. Apalagi dengan opsi SLI pada motherboard MSI Z170A SLI PLUS, kamu dapat menambahkan satu GTX970 lagi untuk upgrade mendatang.

Untuk storage kita akan melakukan upgrade dengan Samsung 850 Pro 256GB SSD dan HDD 2TB Sata 6Gbps. Samsung 850 PRO merupakan versi upgrade dari Samsung 850 EVO, dengan read dan write yang lebih stabil dan ketahanan yang lebih lama, samsung sangat bangga dengan SSD ini hingga mereka memberikan garansi 10 tahun. Untuk mass storage kita akan mengguanakan harddisk konvensional.

Untuk memory pilihan kembali jatuh kepada Avexir DDR4 Core 2400MHz 16GB Dual Channel kit dengan dua keping memory 8GB. upgrade pun masih dapat di lakukan karena MSI Z170 SLI PLUS memiliki 4 slot memory.

Untuk casing kita kali ini memilih NZXT S340 karena memiliki desain yang cantik dan salah satu casing dengan airflow yang sempurna, dan juga casing ini memiliki ruangan yang luas untuk cable management dan extra GPU dan Drive tambahan.

Yang terakhir power supply kami kembali memilih power supply Gamemax tapi kali ini kami mengupgrade menjadi GM-800 800W Modular, cukup untuk kapasitas mendatang jika kamu ingin menambahkan satu lagi GTX970 atau untuk upgrade GPU menjadi GTX980 Ti maupun Nvidia seri 1000 yang akan datang.

6 COMMENTS

Leave a Reply