Gaming laptop, gadget yang satu ini identik dengan desain yang agresif dengan lampu yang flashy dan ukuran yang sangat besar sehingga terlihat mencolok. Namun MSI meluncurkan produk terbaru mereka dalam Prestige line MSI, yaitu MSI PE70 6QE yang terlihat minimalis dan profesional, identik dengan business laptop, akan tetapi MSI memuat PE70 6QE dengan spesifikasi yang dapat memuaskan hati para gamers maupun content creator.

Overview

MSI PE70 6QE sudah menggunakan prosesor intel Core generasi ke-enam yang ramah di sapa Skylake, tepatnya Intel Core i7 6700HQ dengan 4 inti dan fitur Hyper Threading dengan base clock 2.6GHz dan Turbo Boost hinga 3.5GHz. Untuk kartu grafis sendiri, MSI PE70 6QE juga tidak kalah garang. Membekal Nvidia Geforce GTX 960M 2GB GDDR5 yang tentunya cocok untuk kebutuhan gaming maupun content creating. Untuk memory sendiri PE70 6QE sudah dilengkapi dengan teknologi DDR4 Terbaru untuk performa komputasi yang cepat. MSI sendiri menyediakan 2 Slot So-dimm DDR4 untuk instalasi memory hingga 32GB bagi anda yang kurang puas dengan kapasitas 4GB standar bawaannya. Untuk urusan storage, terdapat 1TB Hard Disk untuk menyimpan semua jenis media yang anda proses. Juga terdapat M.2 slot untuk opsi upgrade storage menggunakan SSD yang juga telah dilengkapi dengan teknologi NVMe untuk performa SSD terbaik saat ini.

Display

Untuk display, MSI tetap mempertahankan teknologi True Color sebagai sales point utama PE70 6QE. Teknologi ini hadir dengan 6 opsi tampilan untuk semua kebutuhan, mulai dari gamer, hingga untuk anda penikmat film-film box office. Teknologi True Color ini memberikan ketajaman warna yang nyaris serupa aslinya sebab nilai gamut tinggi hingga 100% sRGB. Contrast dan akurasi warna yang di produksi juga sangat baik. Tak ketinggalan, viewing angle hingga 178 derajat berkat teknologi IPS yang terdapat pada panel MSI PE70 6QE. Kesemuanya ini menjadikan PE70 6QE sebagai salah satu pilihan yang cukup baik untuk konsumen dengan kebutuhan edit foto hingga video beresolusi tinggi.

Untuk ukuran display, MSI memuat panel berukuran 17.3-inch berjenis matte Dengan resolusi 1920×1080 yang cukup memanjakan mata untuk kebutuhan gaming dan multimedia anda. Dengan panel seluas ini, para profesional juga content creator yang membutuhkan space lapang akan sangat terbantu. 

Bentuk dan Rupa

Konstruksi MSI PE70 6QE menggunakan brushed aluminium untuk bagian luar dan bagian dalam nya, seluruh desain MSI PE70 6QE menggunakan warna silver metalik yang sangat enak di pandang. Untuk keyboard sendiri MSI PE70 6QE menggunakan Full LED backlit di keyboardnya berwarna putih yang nyaman di mata, untuk keyboard nya sendiri, MSI PE70 6QE menggunakan chiclet keyboard dengan layout lengkap untuk pengalaman mengetik yang sangat baik, dengan key travel yang empuk dan memiliki tactile yang soft identik dengan laptop kelas bisnis.

Untuk trackpad sendiri, MSI memuat trackpad dengan surface plastic matte yang memiliki tracking yang akurat dan ditemani oleh dua tombol input yang terpisah yang nyaman di jari dan juga tidak mudah kotor.

Di sebelah kanan laptop terdapat port Gigabit Ethernet oleh Intel, 2 port USB 3.0, HDMI 1.4 dengan output 4K, Mini Display Port, headphone, dan microphone jack yang terpisah untuk gaming headset analog anda, dan yang terakhir terdapat  juga USB Type C untuk peripherals terbaru.

Sedangkan di sebelah kiri laptop terdapat kensington lock, power in dari power adapter 120watt dan satu USB 2.0, sebuah DVD-RW super multi drive untuk anda yang masih menggunakan optical drive sebagai solusi penyimpanan. Konsep konektifitas ini menjadikan MSI PE70 6QE sebagai laptop yang sangat versatile untuk berbagai macam penggunaan.

Lalu yang terakhir di bagian depan terdapat 3 LED activity indikator berwarna biru untuk menandakan keadaan power, charging status, dan drive activity. Di bagian kiri kanan, terdapat area speaker yang menurut spesifikasi di huni oleh 4 speaker hasil karya DynaAudio. Dengan tambahan teknologi Nahimic Audio Enhancer, jadilah suara yang di hasilkan keempat speaker tadi plus sebuah subwoofer di bagian bawah laptop, terdengar lantang namun tetap bersih dengan reproduksi bass yang cukup baik.

Performa and Cooling

Performa gabungan Intel core i7 6700HQ plus Nvidia Geforce GTX960M pada MSI PE70 6QE seharusnya bisa lebih baik, jika dibekali konfigurasi memory RAM dual channel. Dari perbandingan yang pemmzchannel buat, ada beberapa skenario benchmark yang membuat MSI PE70 6QE harus tunduk pada sebuah produk dengan banderol lebih murah. Sebaiknya, anda langsung mengkonfigurasi ulang spesifikasi RAM pada laptop ini untuk performa maksimal.

Dan untuk cooling system, MSI PE70 6QE dilengkapi dual cooling dengan dukungan fitur Cooler Boost 3. Dengan sebuah dedicated button, pengguna bisa membuat kipas berputar dalam kecepatan maksimal. Dua buah kipas dan 2 heatpipe didedikasikan terpisah, masing masing untuk mendinginkan CPU dan GPU agar suhu tetap terjaga hingga performa keduanya selalu optimal.

MSI PE70 6QE feature

Conclusion

Seperti yang telah dimuat di bagian atas MSI PE70 6QE memiliki spesifikasi yang cukup mumpuni untuk laptop di kelasnya, dengan itu MSI PE70 6QE memiliki performa yang identik dengan laptop di kelas mid range dengan paduan Intel Core i7 6700HQ dan Nvidia Geforce GTX 960M. Layar 17-inch dengan tambahan fitur TrueColor untuk kualitas layar yang immersive, sudah sangat memenuhi syarat dari para artis yang membutuhkan mesin pengolah grafis portabel. Untuk performa terbaik, anda bisa hubungi tim Pemmz Techi untuk opsi upgrade yang tersedia pada laptop ini. 
Pros
+ Desain yang minimalis dan elegan
+ Teknologi terbaru
+ Upgrade option yang lengkap
+ Display dengan viewing angle dan reproduksi warna yang bagus

Cons
– Hanya 4 GB RAM pada base model
– Tanpa SSD pada base model

promo Aorus X7 DT GTX 10
REVIEW OVERVIEW
Performance
Design
Display
Cooling System
Price
SHARE
Previous articleMengenal Poin-poin Penilaian Kontes PC Modding pada CoolerMaster World Case Mod Series 2016
Next articleNvidia Game Ready Driver 364.47 Tawarkan API Vulkan 3D dan Optimasi Game PC terbaru
As an avid PC enthusiast, Garry spends slightly more time building computers than he does breaking them. Deep in his heart he is an eSports enthusiast who has been to many eSports events all over the world.

4 COMMENTS

  1. pemmzchannel.com Reviewnya keren gan, bolehlah bertanya ada tidak MSI Pe70 yang 960 GTX 4GB. atau bisakah 2GB itu di Up

Leave a Reply