Hal yang ingin kita lakukan setelah membeli flashdisk salah satunya adalah Tes Kecepatan Flashdisk tersebut. Flashdisk sekarang ini sudah menawarkan kapasitas penyimpanan yang begitu besar. Begitu pula kemampuan menulis (read) dan membacanya (write). Untuk anda yang perduli soal kecepatan menulis dan membaca sebuah USB flashdisk, berikut pemmzchannel pilihkan beberpa aplikasi untuk keperluan Tes Kecepatan Flashdisk.

Dengan kapasitas penyimpanan sebuah USB flashdisk yang saat ini terus meningkat, jika anda membeli sebuah ush flashdisk dengan kapasitas tinggi sebesar 64GB tapi dengan kecepatan membaca dan menulis yang lambat, tentunya akan memakan waktu yang lama untuk memuat suatu file yang besar kedalamnya, bukan hanya membuang waktu dan uang, tapi bisa membuat frustrasi jadinya.

1. USBDeview

USBDeview adalah utilitas portabel oleh Nirsoft yang memungkinkan Anda untuk menghapus daftar dan perangkat USB yang sebelumnya terpasang pada komputer Anda. Fitur lainnya adalah pilihan untuk benhmark flash drive dan opsi untuk mempublikasikan hasil Kecepatan Tes ke halaman web Nirsoft untuk melihat perbandingan.

Flashdisk Benchmark
USBDeview

Download USBDeview

2. SpeedOut

SpeedOut adalah alat kecil, sederhana dan portabel yang dapat dengan cepat sekuensial melakukan tes kecepatan flashdisk Anda. Program ini menjalankan tes kecepatan flashdisk pada tingkat rendah (perlu dijalankan sebagai admin) yang berarti nilai tidak terpengaruh oleh sistem file drive. Cukup memilih USB drive Anda dari drop down jika Anda memiliki lebih dari satu drive usb, dan SpeedOut akan berjalan 4 melewati untuk kedua membaca dan menulis tes, kemudian menampilkan nilai rata-rata untuk masing-masing. Skor dapat disimpan atau disalin dengan mengklik kanan pada judul bar. SpeedOut tidak akan merusak file dan tikak ada file yang ditimpa dan flash drive tidak perlu diformat untuk menjalankan tes.

Download SpeedOut

3. USB Flash Benchmark

Ini adalah program pengujian kecepatan polos dan sederhana untuk USB flashdisk yang akan menjalankan set lengkap tes benchmark untuk kecepatan dari potongan 1K sampai dengan 16MB, dan menampilkan hasilnya dalam grafik.

Download USB Flash Benchmark

Perangkat lunak lainnya yang bisa digunakan untuk tes kecepatan flashdisk usb kita adalah : Check Flash, CrystalDiskMark dan Flash Drive/Card Tester.

Sebenarnya dari berbagai macam software benchmark USB ini pada dasarnya tetap sama yaitu mendeteksi berapa kecepatan yang dimiliki USB flashdisk kita, tentunya hal ini kita harus ketahui agar kita bisa mencegah dari berbagai kerugian yang bisa kita dapati dalam membeli flash disk seperti speed yang tidak sesuai, kedapatannya tipe barang palsu yang mirip dengan flash disk kita, unit yang dis fungsi dan berbagai cacat pabrik lainnya.

Satu hal yang paling penting dan harus kita ingat adalah acuan Class lvl-nya terutama pada perangkat SD Card maupun Micro SD Card, misalkan pada suatu merk micro sd card tertera info seperti ini “32 GB Class 10”, nah maksud dari flash disk ini selain ukuran filenya yang berjumlah total 32 GB untuk penyimpanan datanya, flash disk ini juga mempunyai kecepatan yang secara teoritis berada di kecepatan 10 mb per detiknya.
Biasanya kecepatan 10 mb/s ini bisa mencapai hampir 20 mb/s jika kualitas flash disk yang kita beli bagus, kecepatan tertinggi biasanya di dapat pada pembacaan read atau membaca dan kecepatan terendah di dapat pada pembacaan write atau menulis.

Jika kita mendapati selisih read dan write yang jauh terutama pada write yang rendah hal itu masihlah lumrah karena memang media penyimpanan flash disk sampai saat ini masih memiliki kekurangan pada kemampuan bacanya di karenakan jenis file yang akan kita copy ke flash disk masih beragam tipenya, tapi jika kecepatan write yang kita dapat di bawah 10 mb/s atau bahkan jauh di bawah 10 mb/s hal inilah yang harus kita pertanyakan dan kita pertanggung jawabkan kepada sang pembuat atau pemegang merk flash disk tersebut karena ini jelas merupakan kesalahan klaim speed.

Sebagai contoh flash disk yang kita punya adalah flash disk yang berlabel class 10 tapi ternyata sewaktu kita benchmark hanya kita dapati kemampuan write maksimal 6 mb/s, kalau seperti ini flashdisk kita seharusnya hanyalah berlabel Class 6 dan bukan Class 10 dan kita sebagai pemilik unit flashdisk tersebut bisa mengklaim ke vendor karena speed yang kita punya berbeda dengan Class nya.

Belajar dari Tips n Trik Tes Kecepatan Flashdisk kali ini dapat membuat kita bisa lebih mengenal flashdisk lebih dalam lagi dan tidak hanya mengerti sebatas memakainya saja. Tentunya ini bisa bermanfaat terlebih lagi jika kita memakai flash disk atau micro sd yang termasuk kelas high performance Class 10 ke atas. Terus nantikan tips and trik edisi berikutnya di pemmzchannel ya.

promo Aorus X7 DT GTX 10

Leave a Reply