Ketika Android 6.0 atau Marshmallow sedang bergulir memasuki pasar, lalu muncul pertanyaan, apa kelebihan Android Marshmallow dibandingkan dengan Lollipop? Telusuri 6 kelebihan Marshmallow yang tidak bisa Anda lakukan di Android generasi sebelumnya. Dengan mengetahui beberapa fitur Marshmallow yang ditawarkan Google berikut ini, Anda sendiri diharapkan dapat memutuskan manakah yang lebih baik antara Marshmallow vs Lollipop.

1. App permissions

Dengan kelebihan Android Marshmallow ini, akhirnya terdapat sebuah cara yang lebih mudah untuk mengelolah App permissions. Pada versi Lollipop, Anda harus mengizinkan semua App permissions sebelum men-download aplikasi tersebut di Play Store. Pada Marshmallow Anda bisa melakukan App permissions dengan setting yang terpisah serta menerima atau menolak akses untuk fitur-fitur yang lebih spesifik. Bahkan Anda bisa mencabut izin aplikasi tersebut walaupun telah diperbolehkan sebelumnya.

2. Battery life

Kelebihan Android Marshmallow menghadirkan beberapa fitur sebagai trik untuk menghemat daya baterai. Google menyebut fitur yang berfungsi untuk hemat baterai dengan istilah Doze. Doze memanfaatkan motion sensors pada perangkat untuk menditeksi apakah sebuah smartphone sedang digunakan atau tidak. Ketika terditeksi tidak digunakan, smarphone akan dialihkan ke mode standby yang dikabarkan akan menghemat baterai hingga 50%.

Android marshmallow baterai
Via: androidpit

3. Google Now on Tap

Fitur terbesar yang menjadi kelebihan Android Marshmallow diantaranya adalah Google Now on Tap. Anda hanya perlu menekan lama Home button untuk mengaktifkannya. Fitur ini dirancangkan dapat menelusuri konten lebih baik dan menghadirkan link yang lebih relevan dari sebelumnya.

Google Now akan melakukan scan layar dan menghubungkan keywords yang ditemukan dengan webpage atau third-party app. Misalnya ketika Anda mendapat sebuah pesan dengan kata restoran, Google Now on Tap akan menawarkan map atau aplikasi review makanan.

4. Fingerprint sensors

Google akhirnya menetapkan sebuah standar umum terkait sensor fingerprint atau sidik jari. Sebelum adanya kelebihan Android Marshmallow ini, setiap produsen gadget menentukan sendiri software yang akan diimplementasikan ke sistem. Dengan keseragaman sistem langsung dari OS pada Marshmallow, segala sesuatu menjadi lebih cepat dan mudah, hingga pembelanjaan di Play Store pun akan mendukung fitur fingerprint.

5. Android Pay

Menyempurnakan fitur fingerprint sebagai kelebihan Android Marshmallow, Google pun dengan yakin merilis mobile payment yang aman. Dengan Android Pay, seluruh data Anda akan lebih terjamin aman. Fitur ini sepertinya akan menjadi saingan berat bagi Apple Pay.

Android Pay Marshmallow
Android Pay. (Via: androidpit)

6. USB Type-C

Fitur kali ini sepertinya di pandang hanya berkaitan dengan harware. Namun berkat Marshmallow, Google telah membuka jalan untuk standar baru USB Type-C. Anda bisa menggunakan konektor pada USB Type-C dari dua arah dan menggunakan smartphone untuk charging. Fitur ini telah ada di hampir semua smartphone dan tablet terbaru yang akan segera hadir.

6 Kelebihan Android Marshmallow diatas merupakan fitur-fitur utama yang diusung OS Google ini. Selain itu sebenarnya masih ada beberapa fitur lain yang menunjukan bahwa Android 6.0 beraksi sebagai OS yang dipersiapkan Google secara lebih matang. Bagi Anda yang memiliki salah satu daftar gadget update Marshmallow, bagaimana menurutmu Android Marshmallow sejauh ini?

Leave a Reply