Walau banyak sentimen negatif tentang AMD, ternyata tak membuat produsen chip raksasa ini berhenti berinovasi. Setelah Mantel, FreeSync dan R9 Nano suukses menjadi “inspirasi”, sebuah inovasi baru kembali hadir dari AMD yakni AMD Pro-A-series.

Sebuah Processor untuk notebook dan desktop yang menjawab tantangan microsoft lewat windows 10-nya. Fitur-fitur baru sebut saja Energy Saver, Health Center, USB Blocker, dan Wireless Display dibenamkan langsung (pre-installed).

A-Series vs Pro A-Series

Yang jelas AMD Pro A-Series menawarkan performa yang jauh lebih baik dari A-Series biasa. Seri tertinggi Pro A-Series mampu berjalan di clock speed 3,4GHz, atau sama dengan FX-8800P yang merupakan flagship di platform non APU. Chip ini juga akan menjadi CPU Quad core pertama untuk notebook yang menggunakan 12 compute core plus Radeon R7 GPU ber-clockspeed 800MHz. GPU core itu sendiri akan memanfaatkan 512 core komputasi.

Fitur unggulan juga ditambahan pada AMD PRO A-series termasuk heterogen Arsitektur Sistem 1.0 (HSA), ARM TrustZone, dan HEVC decoding untuk streaming konten UHD. HP EliteBook 705 G3 versi refresh adalah salah satu gelombang pertama pengguna PRO A-series ini.

Penasaran?

Leave a Reply