Demam upgrade ke windows 10 sedang hangat-hangatnya beberapa hari terakhir ini. Sebenarnya, hal ini juga terjadi pada windows-windows sebelumnya. Tapi yang pemmzchannel akan bagikan kali ini adalah, bagaimana cara menghapus folder Windows.old yang tercipta otomatis sesaat setelah kita berhasil melakukan upgrade Windows 10 dengan metode “On The Fly Upgrade” .

Isi dari Folder Windows.old

Folder Windows.old umumnya berisi tiga (3) foler utama yang ada pada windows anda sebelumnya yakni:

  • Windows
  • Documents and Settings
  • Program Files

Isi Wndws.old

Jika windows anda sebelumnya adalah windows berbasis multi user seperti windows 8, jumlah folder akan bertambah dengan folder user program data (hidden). Juga jika windows anda sebeumnya versi 64-bit, akan ada tambahan folder program files (x64).

Manfaat Folder Windows.old

Folder ini bermanfaat bagi anda yang sewaktu-waktu ingin melakukan proses restore kembali ke versi windows anda sebelumnya. Atau jika anda hanya ingin mengambil file-file yang ada di folder dokumen windows sebelumnya. Untuk akses cepat, pada windows 10, anda cukup mengetik command ini pada start search box:

%systemdrive%\Windows.old

Amankah mengahapus Folder Windows.old

Tergantung seberapa anda yakin akan windows anda yang baru juga seberapa detail anda memahami cara backup file di sistem operasi windows. Jika anda merasa sudah melakukan backup pada semua file anda, dan tak masalah bagi anda untuk install ulang semua program pada windows sebelumnya, mengahapus folder Windows.old tak akan membuat tidur anda gelisah lagi.

Terhapus Otomatis

Melihat yang sudah-sudah, setelah proses upgrade selesai sebenarnya sistem akan otomatis menciptakan “task” yang akan menghapus folder ini secara otomatis 4 minggu setelah proses install. Tapi bagi sebagian pengguna, contohnya mimin, yang kebetulan memiliki device dengan storage partisi C terbatas, kok kayaknya gregetan liat size termakan cukup besar hanya untuk kebutuhan “berjaga-jaga” :D.

Bagaimana Cara Mengahapus Folder Windows.old

Anda bisa menggunakan dua (2) cara berikut untuk menghapus Folder Windows.ini.

  • Menghapus Folder Windows.old menggunakan Disk Cleanup

Ini adalah jalan resmi dan mudah, yang bisa anda jalankan langsung dengan mengklik kanan drive tempat dimana system operasi terinstal (umumnya partisi C).

Cara dan proses menghapus folder Windows.old dengan disk cleanup
Cara dan proses menghapus folder Windows.old dengan disk cleanup

Pilih system , agar tool mulai menscan file-file system yang “mungkin” bisa di hapus, termasuk Previous Windows Installation. Nah, kamu tinggal centang bagian itu dan klik OK. Akan ada warning yang memberitahu akibat menghapus file ini seperti yang kita jelaskan di atas. Sekali lagi, Jika sudah yakin anda tinggal klik OK.

  • Menghapus Folder Windows.old menggunakan Command Prompt

Cara alternatif, anda bisa gunakan commant prompt yang sebenarnya juga simple dan tanpa warning. Kamu cukup buka command prompt sebagai administrator. Ingat, harus sebagai administrator. Search aja command prompt di search bar, ketika muncul, klik kanan dan pilih “run as administrator”. Lalu kamu ketikan sbb:

takeown /F C:\Windows.old\* /R /A

tekan enter

System akan menscan semua file dalam folder Windows.old. Lanjutkan dengan mengetik :

cacls C:\Windows.old\*.* /T /grant administrators:F

cmd-ownership

tekan enter. Poin ini membuat semua file yang terscan tadi menjadi full akses oleh anda.

Terakhir, ketik command ini

rmdir /S /Q C:\Windows.old\

Enter. Proses menghapus folder Windows.old akan berjalan hingga tuntas tanpa pemberitahuan lagi.

Selamat Mencoba.

promo Aorus X7 DT GTX 10

3 COMMENTS

  1. Bang ane kan baru beli laptop asus a456u kan posisi os dos….pdhl baru install win10 doang ko ada windows.old nya? Gmn cara hapusnya?

Leave a Reply