Manual Camera setting control aplication
Kabar baik bagi pencinta fotografi, bersamaan dengan rilis Android Lollipop tahun lalu, Google juga merilis fitur kamera baru API (application program interface). Fitur yang mendukung pengaturan atau kontrol manual kamera ini bermanfaat untuk mendapatkan hasil jepretan yang jauh lebih baik bak menggunakan kamera profesional, DSLR. Sayangnya, tidak semua perangkat Lollipop mendapatkan fitur tersebut secara default. Beberapa aplikasi pihak ketiga dengan fitur kontrol manual kamera layak dipertimbangkan bagi kamera smartphone atau tablet Android Anda.

Sebelum menggunakan aplikasi, pastikan perangkat Android Lollipop Anda mendukung kontrol manual kamera. Anda harus men-download aplikasi Manual Camera Compatibility secara gratis dan menjalankannya pada perangkat Anda. Bagi pemilik gadget yang telah memiliki fitur manual kontrol bawaan (seperti LG G4), mencoba aplikasi ini tetap akan menarik. Beberapa aplikasi ini juga memungkinkan Anda bisa mengambil foto format RAW, hal yang langka pada fotografi smartphone.

Manual Camera

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini akan membuat smartphone/tablet Android Anda memiliki kontrol  manual kamera penuh. Beberapa fitur utamanya adalah manual shutter speed, manual ISO, manual focus distance, manual white balance, manual exposure compensation, dan dapat mengambil foto RAW (DNG). Manual Camera juga berjalan cukup cepat dalam menangkap foto-foto kesayangan Anda.
Manual Camera Download (Rp38.439)

Camera FV-5


Camera FV-5 merupakan aplikasi kontrol manual kamera lain yang mendukung foto RAW, selain banyak pengaturan manual seperti ISO, focus, exposure, shutter speed, dan sebagainya. Camera FV-5 juga memiliki fitur “DSLR-like viewfinder display” yang memungkinkan Anda untuk melihat pengaturan seperti exposure time dan aperture secara real-time. Anda dapat mencoba versi Lite secara gratis namun dengan fitur terbatas. (membatasi resolusi foto, dan tidak mendukung RAW).
Camera FV-5 Download (Rp49.560). Camera FV-5 Lite Download (Free).

A Better Camera

A Better Camera hanya mendukung fotografi RAW pada Google Nexus 5 saja. Walau tanpa dukungan RAW, aplikasi ini memiliki banyak fitur yang berguna, termasuk manual focus, manual shutter speed, dan manual white balance. Aplikasi ini juga dapat mengambil foto panorama 360 derajat hingga 100 MP.
Download (free, with in-app purchases).

Open Camera

Seperti namanya, akhirnya Anda bisa menemukan pilihan aplikasi kontrol manual kamera yang benar-benar gratis. Open Camera tidak menawarkan dukungan RAW, namun masih memiliki fitur menarik, seperti manual focus distance, manual exposure time, dan manual ISO. Aplikasi ini lebih menawarkan pilihan auto-stabilize yang akan membuat hasil jepretan Anda hampir berada pada tingkat sempurna.
Download (free).

Sumber

promo Aorus X7 DT GTX 10

Leave a Reply