Melihat fisiknya, pasti para penggemar MSI sudah bisa menebak, barebone yang digunakan oleh MSI PE60-2PQE ini. Yap, MSI PE60-2QE ini menggunakan barebone yang sama dengan MSI GE62 series. Lalu pertanyaannya, apa yang coba ditawarkan oleh MSI P series ini? dan golongan pengguna mana yang diincar MSI. Simak review MSI PE60-2QE berikut ini ya.

MSI PE60-2QE Specification

MSI PE60-2QE specification
MSI PE60-2QE specification

MSI P series yang kita review sepertinya masih versi “perkenalan”. Asumsi ini karena kami temukan CPU pada unit yang kami review berbeda dengan spesifikasi yang diperkenalkan di web resmi MSI. Pada unit yang kami review masih menggunakan Intel core i7 4720HQ dari generasi Haswell, sedangkan yang tertera pada website sudah menggunakan generasi kelima Broadwell.

Poin kedua adalah keyboard, selanjutnya anda bisa lihat pada paragraf pembahasan dibagian workstation.

Feature – Multimedia

IMG_0696

Beberapa fitur baru dan belum pernah ada di jajaran produk notebook MSI, hadir dalam GE62-2QE berkemasan silver ini. Walau diantaranya tetap hadir fitur yang sudah pernah ada, seperti MSI SHIFT, yakni fitur untuk merubah preset performa hardware secara instant.

MSI True Color

MSI True Color

Dengan fitur ini, MSI jelas ingin menarik perhatian para pengguna profesional yang sebelumnya terpatri pada Quadro dan monitor ultra-Sharp. MSI True Color merupakan fitur yang berisi beberapa preset seting warna (RGB), Brighness, contrast juga tingkat gamma untuk tampilan gambar pada LCD.  Total terdapat 6 preset, yakni preset Gamer, Anti-Blue, sRGB, Designer, Office, dan Movie.

MSI True Color
MSI True Color

Keenam preset tersebut tetap masih bisa kita atur beberapa parameternya untuk kenyaman paling optimal saat digunakan

Nahimic Audio Enhachment

Nahimic Audio Manager
Nahimic Audio Manager

Nahimic terkenal dengan kerja sama mereka dengan pihak militer dalam mengembangkan software audio processing yang sangat baik dari segi detailnya. Dan ini coba di terapkan pada produk notebook yang di desaign untuk pasar profesional.

Military objective, gaming purpose?
Jika prestasi militer yang dimiliki Nahimic diterapkan pada sebuah produk notebook high-end, secara teori kita akan langsung berfikir konsep ini sangat mendukung untuk kegiatan gaming. Dan ternyata benar juga, karena pada Audio manager bagian recording, terdapat opsi integrasi dengan aplikasi Gamecaster.

4 + 1 DynAudio System

Bottom case of MSI PE60
Bottom case of MSI PE60-2QE

Saat pertama membuat notebook ini bernyanyi, kami pribadi cukup “tersedak”. Kita pernah mereview MSI GE72 sebelumnya, juga dengan konfigurasi speaker system yang sama, yakni 4.1, tapi detail suara sound system MSI PE60-2QE tetap setingkat diatas GE72. Anda bisa rasakan sendiri dengan berbagai test audio yang ada di youtube seperti yang kami lakukan atau dengan memutar film kesayangan untuk mendapatkan efek theater terintegrasi tanpa bantuan device eksternal.

Display Panel – Super Brightness

MSI PE60 LCD

MSI P series, akan tersedia dalam dua jenis ukuran LCD, 15.6-inchi dengan seri PE60-2QE seperti yang kita review kali ini, dan 17.3-inch dengan seri PE70-2QE. Keduanya membekal LCD berjenis Anti-Glare full-HD 1920×1080 yang sangat diandalkan performanya untuk menarik minat para profesional dibidang artisistik digital. Karena yang ada di depan mata si PE60-2QE, jadi kite gak bisa make sure detail quality si panel PE70-nya sekarang ye bro.

MSI PE60-2QE LCD Panel
MSI PE60-2QE LCD Panel

Panel yang dipakai si PE60-2QE ini ternyata buatan Samsung dengan SKU 156HL01-102, panel yang sama dengan yang dipakai pada ASUS G500JK yang kita review sebelumnya juga beberapa SKU MSI GE60 terdahulu. Panel ini terkenal di atas rata-rata untuk kualitas kontrasnya yang berarti menghasilkan gambar yang sangat cerah, bahkan bisa dibilang terang tapi tetap detail. Namun umumnya, panel jenis ini rata-rata kurang baik untuk anda yang sering kerja di luar ruangan.

Workstation – Simple
Keyboard dan touchpad MSI PE60, sama dengan GE series, beda warna backlit
Keyboard dan touchpad MSI PE60, sama dengan GE series, beda warna backlit

Tetap dengan keyboard buatan steelseries, si MSI PE60-2QE yang kami review kali ini agak sedikit berbeda dengan keterangan pada product page PE60 di website resmi MSI. Menurut saya pribadi, jauh lebih bagus menggunakan keyboard duo tone, toping hitam plus transparant pada lingkar tuts yang menampilkan backlit putih lebih terang. Sedangkan pada unit yang kita review, tuts keyboard hanya satu warna yakni hitam plus backlit biru.

MSI PE60 Workstation
MSI PE60 Workstation

Perubahan fitur turut mempengaruhi tombol shortcut pada workstation. Pada MSI PE60-2QE ini terutama, anda bisa temukan shortcut untuk fan mode dan fitur MSI True Color di sebelah tombol power, yang mana pada seri GE tombol ini didedikasikan untuk Fan speed mode dan steelseries engine shortcut. Karena P series ini tidak dibekali embel-embel SteelSeries, penggunaan beberapa fitur keyboard lebih disederhanakan dengan hanya mengunakan aplikasi shortcut manager sebagai perekam kombinasi tombol keyboard.

Port & Connectivity

MSI PE60-2QE Port and Connectivity

Bagian ini dipastikan kembar identik dengan seri GE62 akibat penggunaan barebone yang sama, hingga ke sisi konektifitas dimana untuk LAN Card sudah menggunakan Killer LAN plus WiFi Intel AC untuk wireless network. Yang membedakan hanya wording “prestige” di bagian belakang dimana GE series tak terdapat teks apapun.

Performance –

Dengan kombinasi core i7 4720HQ dan Geforce GTX960M 2GB GDDR5, performa keseluruhan sudah bisa diprediksi. Andai saja pemmzchannel berkesempatan menguji unit dengan broadwell CPU, mungkin paragraf tentang performance ini akan sedikit lebih panjang sekitar 5 paragraf ;D.

Conclusion

IMG_0712

P Series sepertinya memang diarahkan untuk mengisi pasar workstation dengan performa menengah. Ini juga menjadi jawaban, mengapa GE series starting dari Geforce GTX965M. Lewat design dan fitur multimedia yang lebih baik dari G-Series, MSI PE60-2QE cocok untuk anda yang tidak memerlukan banyak polesan hardware gaming untuk kebutuhan komputasi anda. Seharusnya, banderol MSI P series ini lebih terjangkau dari GE series, walau dengan fitur Multimedia yang lebih mumpuni.

Produk Sejenis :

All New Xenom Shiva SV15

Asus N501JW

– HP Omen

Leave a Reply