Tiga teknologi diatas adalah hal yang paling dinantikan oleh masa gamers di dunia. Dan ketiganya hadir di Computex 2015 Taipei. Dan yang menggembirakan, beberapa diantaranya sudah siap dikapalkan ke seluruh dunia.

Nvidia Geforce GTX980Ti dan 4K
Salah satu produk VGA Card ber GTX980Ti - Gigabyte-GTX-980-Ti-G1
Salah satu produk VGA Card ber GTX980Ti – Gigabyte-GTX-980-Ti-G1

Flagship terbaru dari kelompok komersial desktop Nvidia ini diklaim meiliki performa setingkat dengan Titan-X, line-up GPU Nvidia seri khusus yang dijual dalam unit terbatas. Geforce GTX980Ti juga mendukung API Direct 12 yang diyakini dapat membuat rendering elemen-elemen volumetric seperti cairan, asap, api dan cahaya akan jauh lebih efisien.

Nvidia menyatakan, GTX980Ti dapat memainkan game The Witcher 3 pada 45fps  dalam resolusi 4K, sayangnya tak menyebutkan setting yang dipakai. Ini melahirkan sebuah teori bahwa 6GB VRAM sudah sangat playable untuk 4K. Sebagai info, Titan-X memiliki 12GB VRAM GDDR5 yang mungkin benar-benar overkill untuk 4K sekalipun. The GTX 980 Ti akan dibanderol sekitar $649.99, dan akan mulai tersedia seminggu setelah Computex 2015 berakhir.

nVidia G-Sync

nvidia-g-sync-notebooksPernah dengar? Jika belum, nVidia G-Sync ini kira-kira adalah sebuah teknologi yang akan membuat timing rendering image pada GPU dan monitor jadi selaras. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa langsung lihat video dari Nvidia di sini.

prototype 34" G-SYNC support Monitor by ASUS
prototype 34″ G-SYNC support Monitor by ASUS

Nah, di Computex 2015, kami temukan salah satu produk lcd monitor yang sudah mendukung teknology yang sama dengan AMD Freesync ini. Pada demo unit monitor 34-inch yang belum memiliki model number ini, pengunjung bisa mencoba game Project Cars dengan setting yang memungkinkan GPU menyemburkan FPS maksimal. Game jenis balap memang yang paling cepat memperlihatkan perpindahan scene dibanding game lain.

Aorus X5 – Nvidia G-Sync ready Gaming Notebook
Aorus X5 - Nvidia G-Sync Ready Gaming Notebook
Aorus X5 – Nvidia G-Sync Ready Gaming Notebook (properti of mobile10)

Nah, salah satu prduk notebook gaming yang nantinya akan mendukung Nvidia G-Sync adalah Aorus X5. Seri baru Aorus dengan layar 15-inch beresolusi 2880 x 1620 IPS yang ditenagai dua buah Geforce GTX965M (SLI mode). Ow yeah, teaorinya, dua buah GTX965M ini sekelas dengan flagship Nvidia Geforce untuk kelas mobile, GTX980M. Duh, jadi gak sabar ngereview ni notebook, walau secara desain dan material sama dengan pendahulunya Aorus X3 Plus dan Aorus X7 V2.

Virtual Reality (VR) Gaming
Geforce VR Experience Zone
Geforce VR Experience Zone

Teknologi ini memang tergantung pada beberapa pihak, bukan hanya produsen hardware, tapi juga para developer game jika nantinya diperuntukan untuk aktifitas game. Nah di Computex 2015, VR bisa langsung di cobakan pada perangkat PC plus game yang sudah mendukung teknologi ini di Geforce VR Experience zone.

promo Aorus X7 DT GTX 10

Leave a Reply