Tahun ini, kami kembali mendatangi Computex – Taipei, acara tahunan dari produsen-produsen hardware terbesar di Dunia. Di sini, perkembangan teknologi komputer yang ditampilkan bisa dibilang adalah barometer pasar IT 3 sampai 6 bulan kedepan. Artikel pertama ini kami khususkan membahas tentang transformasi HTPC yang di dukung penuh Intel sebagai produsen micro processor, dan dilabel project Intel NUC.

Intel NUC – Kotak Kecil dengan Masa Depan Besar
Intel NUC Hero
Intel NUC Hero

Plus-Minus Intel NUC

Jika diperhatikan, kebutuhan komputerisasi saat ini sudah mengarah pada cloud computing. Hal ini ditandai dengan banyaknya vendor menawarkan solusi cloud storage bagi penggunanya sebagai solusi storage yang minim pada produk mereka.

ASUS VivoMini
ASUS VivoMini

Termasuk juga Intel NUC sebagai revolusi dari HTPC. Dengan dimensi yang mini, hal yang paling pertama dikorbankan tentu saja hardware yang memakan banyak ruang seperti hardisk. Memang, banyak Mini-PC yang menyediakan m-SATA atau m2.Sata slot untuk ekspansi storage. Tapi kebanyakan tidak dalam posisi bundling, jadi pengguna harus menambah sendiri.

The Nano dari Zotac
The Nano dari Zotac

Terlepas dari itu, Mini-PC menawarkan banyak sekali kelebihan terutama sekali konsumsi daya yang sangat rendah. Dengan total sekitar 11 sampai 18 watt saja (belum termasuk konsumsi daya LCD), anda sudah bisa menyalakan sebuah PC dan mulai mengerjakan segala kegiatan komputasi anda.

Intel NUC dengan Braswell SoC
ECS LIVA Core dengan SoC baru Intel Braswell
ECS LIVA Core dengan SoC baru Intel Braswell

Agak membingungkan memang code name SoC baru Intel ini. Sedikit saja lidah keseleo, bisa broadwell yang terucap. Intel Brasswell jauh berbeda dengan broadwell. Braswell merupakan penerus Baytrail yang diandalkan untuk aplikasi di perangkat mobile seperti Tablet dan convertible device.

Intel Braswell didesain untuk mengkonsumsi daya super rendah yang membuat panas yang dihasilkan pun sangat minim. Hal ini menjadikannya bisa bekerja optimal tanpa pendingin (fanless).

More more better Integrated GPU Performance

GB brix with GTX

Bagi sebagian pengguna awam, banyak yang masih berpendapat bahwa onboard GPU pada processor sangat tak bisa diandalkan. Pertanyaannya, diandalkan untuk apa? Jika anda seorang gamer dan mengharapkan sebuah onboard grafis mendukung game-game 3D modern saat ini, itu sih sama dengan mimpi :D.

Tapi untuk kebutuhan browsing dengan rich content, multimedia, dan office, integrated GPU “dijamin” lebih dari cukup. Karena itulah, banyak sektor usaha termasuk pemerintahan sebaiknya “hijrah” ke platform Intel NUC ini jika ingin mendukung green computing.

Jadi penasaran pingin buru-buru review Intel NUC with Intel Braswell SoC.

promo Aorus X7 DT GTX 10

Leave a Reply