Sepintas, MSI GE72-2QE tak melakukan perubahan tampilan, masih serupa dengan MSI Apache Pro sebelumnya. Namun jika dilihat seksama, hampir 75% desainnya dirubah. Terutama guna mendukung desain motherboard yang digunakan. Untuk desain motherboard kali ini, MSI sepertinya berniat menaikan “level” GE series sedikit lebih tinggi dengan peningkatan spesifikasi dan polesan fitur yang sebelumnya bukanlah hak GE series.

Spesifikasi MSI GE72-2QE

Display : 17.3″ FHD, Anti-Glare (1920*1080)
Processor : 4th generation Intel® Core™ i7-4720HQ
Memory : 8GB DDR3 1600MHz
Hard Drive : 128GB m2.SSD (Up to 3 x 128GB) + 1TB (SATA) 7200rpm
Graphics : NVidia GeForce GTX965M 2GB GDDR5
Optical Drive : DVD Super Multi Drive
Operating System : Windows 8.1
Networking : Intel 3160 Wilkins Peak 1 (1×1802.11.ac) + BT4.0 M2 type
Audio : Sound by Dynaudio, Support 7.1 channel SPDIF output, Exclusive Audio Boost technology
Battery : 6 cells (48Wh (AIDA))
Camera : HD type ([email protected])
System Dimensions : 383 x 260 x 27mm
Weight : 2.7Kg (with 6 cell battery)
Slots/Interface :
Bluetooth v4.0
D-Sub (VGA)
1 x HDMI
1 x USB 2.0 port
3 x USB 3.0 port
1 x Mic-in/Headphone-out
1 x Mini-DisplayPort
Card Reader SD (XC/HC)
Keyboard Full-color backlight SteelSeries keyboard
Warranty : 2 Years Warranty
Bonus : Gaming bag

Seperti yang bisa kita lihat pada spesifikasi dan upgrade option yang ditawarkan, khususnya area storage yang kini mendukung 3 x m2.SSD yang sebelumnya tak diterapkan pada GE series. MSI terlihat sekali ingin memperluas Market dari GE Series yang selama ini menyasar midrange harga US$1000 ~ $1500 ke range harga di atasnya.

Walau pengguna mendapatkan GPU sesuai “tradisi” GE, namun performa system keseluruhan masih sangat memungkinkan di”boost” lewat penerapan dual storage configuration atau bahkan triple storage via Super RAID II. Selain itu, untuk networking, ia sudah dibekali Killer LAN walau belum mendapat “jatah” killer wirelles adapter, namun new GE series kali ini sudah dibekali wireless AC yang lebih baru dan tak kalah secara performa dengan product killer. Seandainya sudah menggunakan intel 7260, yang kabarnya lebih baik dari killer, pasti performa GE72-2QE ini lebih sempurna.

 

Design

Tujuan utama refresh desain kali ini sepertinya dititik beratkan pada optimalisasi cooling System, juga pencapaian backpack friendly yang masih jadi keluhan paling sering pada notebook-notebook 17-inch dengan memangkas tebal barebone dari 39mm menjadi 29mm.

Sesuai kastanya, build quality pada sasis GE series, termasuk GE72-2QE ini masih di bawah GT series. Namun jika notebook kelas mid lain harus pasrah dengan plastik atau paling mewah almunium kelas start-up, seri terbaru GE kali ini telah disempurnakan dengan campuran almunium dan magensium hingga menjadikannya selain ringan, lebih lentur sekaligus kuat.

Now with Dual Fan

Perombakan besar yang dilakukan oleh MSI pada seri GE72-2QE (juga pada GE62) adalah penggunaan dual fan cooling system. Menurut kami, mungkin juga menurut para pemerhati produk gaming lain, hal ini dilakukan karena pemangkasan dimensi hingga 1cm yang sayangnya memaksa lebarnya memuai 1cm ke belakang. Untuk area bottom Case, MSI merubah total layoutnya demi memberi banyak jalan masuk udara segar bagi kedua buah cooling fan di dalamnya.

Workstation
MSI_NB_GE72_Workstation
MSI GE72-2QE New workstation

Walau desain upper Case mirip, namun saat lis dibuka terlihatlah desain workstation yang lebih futuristik dengan area kanan kiri yang dibuat membentuk shape trapesium. Hal ini bisa jadi untuk memberi kesan tetap “press body” guna menutupi luas penampang yang melar karena dimensi yang lebih gepeng. Touchpad juga berbeda, kini “click Button” dibuat terpisah, tak seperti seri terdahulu yang menyatu dengan permukaan touchpad. MSI juga merubah desain led indikator area, dari total 7 indikator dengan warna kuning, menjadi hanya 3 dan warnanyapun diubah biru. Sayangnya, indikator ini agak menjorok ke dalam hingga perlu effort tambahan mengaksesnya.

Weight & Dimension

Untuk desain baru ini, bobotnya pun mampu ditekan hingga lebih ringan 0,3KG dari versi sebelumnya. Keseluruhan, MSI GE72 2QE memiliki dimensi 419 x 280 x 29mm yang secara panjang masih sama dengan versi sebelumnya. Namun lebar yang memuai, mungkin perlu anda perhatikan saat memilih tas ransel atau backpack. Tapi tenang, karena MSI sudah menyediakan backpack sebagai solusi.

MSI GE72-2QE Feature

Sejak MSI GE72 2QE Apache Pro yang lalu, seri ini sudah ikut menggunakan keyboard berbacklit colorfull buatan steelseries dengan semua fiturnya seperti macro Key juga customable backlit mode di 3 area berbeda.

MSI Shift

Sebuah fitur yang menyediakan preset performa sesuai kebutuhan pengguna dengan mengambil ilustrasi dari jenis mobil. Sudah mulai diterapkan pada seluruh seri MSI G di akhir tahun 2014. Terdapat tiga mode di dalamnya mulai dari mode Green yang membatasi laju clockspeed CPU (turbo boost) dan menjaga kinerja GPU di level 2. Comfort, yang melepas batasan CPU clock speed namun tetap membatasi kinerja GPU di level 1. Dan terakhir, Sport, yang membebaskan kinerja CPU + GPU ke puncak performa masing-masing.

Dalam aplikasinya, kami mengalami sedikit masalah saat mencoba menu Green. Saat menjalankan standar benchmark, CPU Z dan AIDA64 masih mendeteksi peningkatan CPU clock ke level maksimalnya. Namun kami yakin, ini bisa diselesaikan dengan patch baru guna pengenalan hardware yang lebih tepat.

Fitur-fitur lain sebagian besar sudah ada pada versi GE sebelumnya seperti Super Raid, cooler boost, steelseries engine dan Xplit Gamecaster, namun dalam versi terbaru yang sudah disempurnakan.

Port & Connectivity

Sebab desain barebone yang berubah total, otomatis rangkaian Port dan susunannya juga berubah. Walau jumlah port USB tetap 4 buah, namun versi 3.0 bertambah menjadi 3 buah. yang Sayangnya, tak seperti MSI new GT series, bagian belakang khususnya, belum dimanfaatkan sebagai lokasi Port yang sering membuat kabel-kabel bersinggungan seperti kabel mouse, kabel HDMI juga kabel adaptor.

Upgrade Option
MSI GE72-2QE Apache Disassembly (Property of notebookcheck)
MSI GE72-2QE Apache Disassembly

MSI GE72 2QE bisa dibilang minim untuk urusan upgrade. Tapi dengan paduan core i7 terbaru plus geforce gtx965M, anda sudah bisa andalkan memaksa System untuk selalu memberi kualitas High pada preset Games demanding saat ini. Secara default, GE72 2QE hanya terisi 1 keping RAM yang bisa ditambah hingga 2 x 8GB, 1 buah HDD, dan 1 x m2.SSD 128GB dengan 2 slot m2.SSD yang siap menampung 2 buah lagi m2.SSD.

MSI GE72-2QE Performance

Komparaasi performa GTX965M on MSI GE72-2QE
Komparaasi performa GTX965M on MSI GE72-2QE

Diisukan, Geforce GTX965M hanyalah seri GPU Nvidia yang disiapkan untuk kebutuhan khusus. Sebab itu, harganya hanya sedikit berbeda dari Geforce GTX970M yang dari pengujian diatas mampu memberikan performa 25% hingga 30% lebih baik dari GTX965M. Jika anda menginginkan performa GPU yang lebih tinggi tersebut, terdapat versi PRO yang membekal Geforce GTX970M 3GB GDDR5.

Temperature

Dengan efektifnya GPU Boost 2.0 pada Maxwell terbaru ini, penggunaan resource GPU jauh lebih efisien dari seri terdahulu yang masih belum sempurna. Ditambah penggunaan dual fan + cooler boost 3, System pendingin baru pada MSI GE72 2QE yang memberikan peningkatan disipasi panas hingga 10%.

Battery

Battery Bench MSI GE72-2QE
Battery Bench MSI GE72-2QE

Dengan barebone yang menipis, MSI tetap memberikan kapasitas battery yang sama dengan seri sebelumnya, yakni 6 cell 48Wh. Dengan Test bad pengujian mode classic, didapat hasil 48 menit yang terbilang tidak wajar mengingat kinerja komponen khussnya GPU yang semakin efisien. Walaupun untuk sebuah gaming notebook sebesar ini, dengan panel 17-inch yang paling dominan menyedot layar, semestinya battery pada MSI GE72 bisa memberikan durasi lebih dari 60 menit.

Conclusion

Design yang lebih tipis, juga bobot yang paling ringan untuk notebook ganding 17-inch saat ini membuat MSI GE72 2QE diprediksi menjadi idola bagi penggewar notebook layar lebar. Tak hanya itu, pabrikan lain harus semakin waspada akan kemampuan produk GE series MSI yang semakin menipiskan jarak segmen produk lain dengan range harga setingkat diatasnya (US$2000 ~ $2500).

Kelebihan :

  • Bobot ringan untuk barebone 17-inch
  • Opsi Upgrade Storage Maksimal

Kekurangan

  • Ukuran Exhaust Ventilation kecil
  • Activity LED Indicator agak sulit di pantau.
  • Performa Battery kurang baik.

Similar product
All New Xenom Shiva

Alienware 15 2015

 

promo Aorus X7 DT GTX 10
REVIEW OVERVIEW
Performance
Handling
Upgrade Option
Power Consumption
Price
SHARE
Previous articlePromo PC Game Original Minggu Ini (Hot Deals April #5)
Next articleCara Atasi Bug Samsung Galaxy S6 & S6 Edge
He has written about Computer Hardware, Gadget News and Games for more than 5 years, including stints as hardware editor at PinPoint Publication and editor in chief of Pemmzchannel. His work has appeared in publications including, PCMedia Magazines, TnT Mild, Web & e-Magazines of Pemmzchannel.

1 COMMENT

Leave a Reply