Seperti yang pemmzchannel beritakan sebelumnya di sini, CPU generasi ke-5 Intel ini hadir lebih dulu di platform ultrabook. Baik keluarga Core i maupun Core M, lebih dulu di paparkan design dan spesifikasinya. Setelah itu, pertanyaan yang timbul pasti sama, versi desktop-nya kapan? Nah, baru-baru ini, menurut VR-Zone (in-Chinese), ketersediaanya dikabarkan tak akan lama lagi. Nah seri mana yang akan jadi CPU desktop Broadwell pertama?

Jajaran Processor generasi 5 Intel untuk desktop

VR_zone mengkonfirmasi bahwa, Intel berencana meluncurkan Core i7-5775C dan Core i5-5675C berbasis Broadwell pada Q2 2015 ini. Keduanya akan memiliki TDP 65W dan akan menggunakan soket LGA 1150 yang kompatibel dengan beberapa chipset yang sudah ada seperti  Z97 contohnya, cukup melakukan update bios saja. Lalu apa arti huruf ‘C’ yang menempel di belakangnya?. Kode tersebut ternyata untuk menandakan bahwa jenis tersebut multipliernya di buka (unlock). Yang belum diketahui, mengapa Intel merubah dari unloc’K’ed ke unlo’C’ked.

Seperti tabel yang diambil dari VR-Zone di atas, i7-5775C akan berjalan di 3.3GHz dengan turbo frequency hingga 3.7GHz. Seri ini memiliki total 6MB cache, 4 cores dan mendukung 8 thread. Di dalamnya terdapat onboard GPU Iris Pro Graphics 6200. Sedangkan i5-5675C akan berjalan di 3.1GHz dengan turbo frequency hingga 3.6GHz. Seri ini memiliki total 4MB cache, 4 cores dan mendukung 4 thread, yang artinya tak mendukung hyperthreading. GPU yang terintegrasi sama yakni Iris Pro Graphics 6200.

Selain versi “socket”, dalam chart dari VR-Zone memperlihatkan tiga seri “onboard” (BGA), dan sepertinya akan mengisi pasar small-PC yang tak membutuhkan upgrade.

Sudah siap untuk upgrade ke CPU desktop Broadwell pemmzholics?

Intel Desktop CPU Roadmap

Sumber

promo Aorus X7 DT GTX 10

1 COMMENT

Leave a Reply