Kemarin Nvidia baru saja mengumumkan kehadiran tambahan GPU versi Mobile yaitu seri GTX 960M dan GTX 950M. Sebelumnya kita pernah membahas kebocoran rilis GPU ini pada website MSI dimana pada spesikasi notebook terbaru mereka yaitu GE60 dan GE70 series.

Mengenai spesifikasi yang disajikan, GTX 960M dan 950M mempunyai spesifikasi yang sangat mirip. Kedua GPU mempunyai 640 CUDA core. GTX 960M berjalan pada kecepatan core 1096MHz, dan GTX 950M berjalan pada 914 MHz, keduanya masih bisa berjalan pada kecepatan core yang lebih tinggi dengan fitur Turbo Boost dari Nvidia.

Namun sebagai pertimbangan dari aspek desain dan berat dari masing-masing laptop yang ada, pastinya tidak semua notebook ini menganut clock yang sama yang diberikan oleh Nvidia. Melihat tren notebook gaming yang semakin tipis tampaknya kita akan lebih banyak menjumpai underclock daripada overclock oleh para vendor notebook.

Kedua GPU ini akan menggunakan memori GDDR5 yang berjalan pada kecepatan 2500 MHz pada interface 128-bit, tapi pada GTX 950M juga akan tersedia versi DDR3 yang berjalan pada kecepatan 1000MHz dengan interface 128-bit. Mungkin versi DDR3 lebih ditujukan ke multimedia daripada gaming.

Baik GTX 960M maupun GTX 950M, keduanya sudah menggunakan arsitektur dari Maxwell dan fabrikasi 28 nm. Kedua GPU inin juga sudah mendukung DIrectX 12 yang saat ini  sedang dikembangkan oleh Microsoft.

Sudah merupakan tradisi Nvidia untuk melengkapi GPU mobilenya dengan teknologi Battery Boost yang mampu membatasi framerate jika kita tidak membutuhkan GPU secara maksimal. Fitur ini berjalan secara berkesinambungan dengan fitur Nvidia Optimus yang dapat menonaktifkan GPU diskrit dari Nvidia dan menggunakan GPU terintegrasi dari CPU.

 

promo Aorus X7 DT GTX 10

Leave a Reply