Tahun lalu, Unreal Engine 4 beralih sistem pembayaran menjadi sistem berlangganan dengan biaya $19 per bulannya. Ini adalah salah satu siasat marketing mereka untuk menarik para developer yang sebelumnya menggunakan Unity Engine maupun CryEngine dan engine lainnya. Tidak lama setelahnya CryEngine mengikuti sistem berlangganan ini dengan biaya yang juga terjangkau.

Tahun ini, Epic, sang pencipta Unreal Engine maju selangkah di depan dengan menghadirkan Unreal Engine 4 secara gratis dengan semua update yang ada, namun tentu ada syaratnya.

“Anda bisa men-download engine kami dan menggunakannya untuk hal apapun mulai dari game development, edukasi, arsitektur, virtualisasi ke VR sampai dengan animasi dan film,” ungkap Tim Sweeney dari Epic. “Ketika anda sudah merilis produk anda hasil dari Unreal Engine, anda baru diharuskan membayar royalti sebesar 5% dari omset Anda setelah U$3000 pertama yang anda dapatkan setiap 4 bulan sekali. Ini adalah sebuah sistem yang sederhana, sehingga jika Anda sukses, kami juga merasakan kesuksesan Anda.”

“Status Unreal sangat kuat dan kami menyadari jika kami menghilangkan semua rintangan maka akan banyak orang lagi yang mampu menyampaikan ide kreatif mereka dan menciptakan masa depan  yang kita impikan. Maka dari itu kami menghilangkan rintangan terakhir dan menjadikan Unreal Engine gratis untuk semua.” Tambah Sweeney.

Menurut Sweeney, semua yang telah membayar sistem berlangganan sebelumnya akan mendapatkan gratis kredit $30 untuk dapat dibelanjakan di Unreal Engine Marketplace.

Tentu saja ini adalah sebuah sistem baru yang sangat luar biasa. Unreal Engine adalah sebuah peralatan yang sangat fleksibel dan sekarang semua orang dapat menggunakannya. Jadi mari segera kita saksikan luapan karya kreatif para programer game maupun pengguna awam sekalipun dengan Unreal Engine 4.

promo Aorus X7 DT GTX 10

Leave a Reply