Beberapa bulan setelah Nokia menjual bisnis Lumia dan Asha ke Microsoft, sebuah divisi baru yang dinamakan Nokia Technologies mengungkap tablet baru yang akan berjalan dengan Android 5.0 “Lollipop” dinamakan N1. Ini adalah tablet Android pertama dari divisi ini, dan datang dengan beberapa fitur baru seperti Nokia Z Launcher dan teknology “Scribble”. Tablet ini diperkirakan akan hadir pada Q1 2015.

Jadi apa saja yang ditawarkan tablet terbaru dengan Android dari Nokia ini? Menurut sumber, walaupun nokia telah menjual Lumia dan Asha pada Microsoft, hal tersebut tidak menutup Nokia untuk melakukan bisnis tablet karena hal tersebut tidak ada dalam surat perjanjian antara Nokia dan Microsoft.

nokia_n1_perspectives_-_front_w_600[1]

Tablet terbaru ini mempunyai layar 7,9-inci dengan resolusi 2048 x 1536 dan dilapisi dengan Gorilla Glass 3. Dibalik layarnya, tablet ini dipersenjatai oleh prosesor 64-bit intel Atom Z3580 dengan kecepatan 2,3GHz, sebuah GPU PowerVR G6430 dengan speed 533MHz dan memory 2GB LPDDR3. Tablet ini akan diperkuat dengan baterai berkapasitas 5300 mAh lithium polymer.

Selain itu, tablet dari Nokia ini akan dilengkapi oleh memori penyimpanan sebesar 32GB, kamera belakang 8 Megapiksel dengan Autofokus, dan kamera depan 5 Megapiksel fixed-focus, dua buah speaker stereo 0,5 watt, sebuah microphone, Wireless AC, BLuetooth 4.0, dan sebuah konektor micro-USB 2.0 type-C.

nokia_n1_inside_out_-_components_w_600[1]

Nilai jual dari tablet ini adalah sebuah engine rancangan Nokia yaitu Nokia Z Launcher yang mampu memprediksi apa yang sering dilakukan oleh penggunanya. Engine ini akan menyediakan sebuah shorcut pada Homescreen sehingga para penggunanya dapat dengan mudah mengakses aplikasi atau fitur-fitur yang sering digunakan.

Satu teknologi baru lainnya adalah “Scribble”. Teknologi membuat penggunanya mampu menggambar sebuah huruf di Home screen dengan menggunakan jari dan sebagai hasilnya berbagai konten dengan awal huruf tersebut akan ditampilkan di layar. Sebagai contoh, ketika Anda menggambar huruf A maka Anda akan ditampikan sebuah daftar terdiri dari Angry Birds, Apple.com, Amazon.com dan sebuah link ke alamat kontak Anda.

Diperkirakan Nokia N1 ini akan dipasarkan pada Q1 2015 pertama di China lalu diharapkan akan menyebar ke Eropa dan Rusia setelahnya. Oh ya, untuk harga yang ditawarkan diperkirakan untuk sebuah Nokia N1 adalah sebesar $249.

Jadi kapan tablet Nokia ini akan menyentuh pasar tablet Tanah Air yang persaingannya terkenal juga berdarah-darah?

 

promo Aorus X7 DT GTX 10

Leave a Reply