Diprediksi, produk-produk convertible notebook seperti Lenovo Thinkpad Helix yang kali ini pemmzchannel review adalah produk yang akan hits pada tahun depan. Terutama dengan dukungan penuh dari Intel yang menyatakan bahwa, mereka akan memaksimalkan keluarga Bay Trail untuk mensupport produk-produk yang membutuhkan efisiensi daya tingkat tinggi ini.

DESIGN

IMG_0892

This slideshow requires JavaScript.

Dari sisi depan, sepintas tak terlihat berbeda dari sebuah netbook pada umumnya. Namun saat posisi melihat digeser agak menyamping, akan langsung terlihat jika Lenovo Thinkpad Helix merupakan jenis produk convertible.

Workstation dock

Bergeser ke area workstation, kita juga bisa langusng melihat jika bagian ini tak lebih dari sebuah housing keyboard dengan beberapa tambahan port yang diposisikan pada bagian belakang . Ciri khas Thinkpad masih bisa kita jumpai disini, seperti sebuah joyscroll merah ditengah keyboard dan led indikator pada titik diatas huruf “i”.

Lenovo Helix on tablet mode
Lenovo Helix on tablet mode

Untuk merubah ke mode tablet pada lenovo Thinkpad Helix ini, pengguna cukup menekan docking release switch di sebelah kiri bawah layar, lalu angkat bagian LCD ke atas. Lenovo Thinkpad Helix siap anda tenteng sebagai tablet.

This slideshow requires JavaScript.

PORT & CONNECTIVITY
Port n connectors
Port & Connectifity

Sebagai sebuah tablet, Lenovo Thinkpad Helix sangat lengkap untuk urusan konektifitas berkat designnya yang memprioritaskan mode tablet. Bahkan tanpa keyboard docking, anda bisa menyalurkan gambar dalam lcd ke panel yang lebih besar via mini DisplayPort.

SIM slot ready on tablet mode
SIM slot ready on tablet mode

Baiknya juga, modem part ada dibagian tablet. Hal ini membuat penyerapan sinyal lebih baik karena penempatan kabel antena yang langsung di area terbaik. Juga tak perlu menempelkan panel pada dock yang seringnya dialami jenis produk convertible lain.

SPESIFIKASI
Processor
Intel Core i5-3337U Processor (3M Cache, up to 2.70 GHz)
Operating System
Windows 8 Pro 64
Display
11.6″ 400nit Full HD (1920 x 1080), Digitizer and Pen, Intel Centrino Advanced-N 6205S (2×2 AGN), 2MP 1080p front camera, 5MP 1080prear camera
System Unit
2 x 2 WiFi, No Mobile Broadband, NFC Device Pairing, 3 cell battery
Memory
4 GB PC3-10600 DDR3L SDRAM 1333MHz SODIMM Memory (1 DIMM)
Micro hard drive (mSATA)
128 GB Micro Solid State Drive, Serial ATA3
Wireless
Intel Centrino Advanced-N 6205S (2×2 AGN)
Bluetooth
Bluetooth 4.0 with Antenna
Warranty
1 Year Depot/Express Warranty
Battery
3-cell Li-Polymer Battery, 42Wh

Sayangnya, untuk spesifikasi yang disandang Lenovo Thinkpad Helix ini bukanlah komponen terbaru, terutama disisi CPU. Seperti anda bisa lihat, produk ini masih menggunakan CPU intel ULV generasi ketiga yang sudah digunakan oleh produk sejenis seperti MSI Slider S20 dan Gigabyte Padbook S1185 yang pernah tim pemmzchannel review setahun lebih lalu. Hal lain yang kurang maksimal adalah penggunaan jenis RAM yang berfrequensi 1333MHz. Padahal untuk CPU ini, sudah mendukung kecepatan 1600MHz.

Perbedaannya mungkin dari sisi fitur yang beberapanya sudah menggunakan fitur terbaru, terutama di sisi koneksi seperti NFC dan displayPort.

PERFORMA

Tim Pemmzchannel membandingkan Lenovo Thinkpad Helix ini terutama dengan MSI Slider S20 dan Gigabyte Padbook S1185 yang secara spesifikasi memang mirip. Berikut tabel perbandingannya.

Tabel versus

Performa Lenovo Thinkpad Helix rata-rata unggul dari kedua produk yang kami gunakan sebagai pembanding, walau beda tipis terutama dengan MSI Slider S20 yang sama-sama menggunakan core i5.

Battery

Tabel versus batt

 

Untuk performance battery nya, kedua produk yang kami gunakan sebagai pembanding menunjukan hasil yang lebih baik dari Lenovo Thinkpad Helix, terutama MSI Slider S20. Sebagai informasi, ketiganya sama-sama membekal battery berkapasitas 3 cell saja.

KESIMPULAN

Dalam hal ini, Lenovo Thinkpad Helix paling unggul dalam hal performa juga design tentunya. Dengan pose yang bisa diputar, Lenovo Thinkpad Helix memberikan keleluasaan bagi penggunanya untuk menentukan mode pakai. Secara built quality, mungkin Gigabyte sedikit lebih unggul. Untuk sisi layar, semuanya sudah menggunakan teknologi IPS full HD. Sayangnya, Lenovo Thinkpad Helix merupakan yang paling buruk dalam hal menyajikan kualitas visual.

So, sudah siap memilih notebook convertible pemmzholics?

promo Aorus X7 DT GTX 10

Leave a Reply