Sebuah keyboard gaming bertubuh bongsor bukan jaminan bahwa Anda akan mendapatkan kenyamanan, fitur, dan ketahanan yang baik. Justru terkadang keyboard yang besar sedikit merepotkan dan kurang praktis jika Anda ingin menggunakannya saat turnamen (yang biasanya mempunyai meja yang sangat sempit) ataupun di ruang tamu Anda saat menggunakan HTPC Anda.

Ducky tampaknya ingin mengambil segment pasar bagi para konsumen tersebut yang tidak membutuhkan keyboard yang besar dengan cara merilis Keyboard mungil yang mereka sebut Ducky Mini. Walaupun berukuran hanya 60% dari keyboard pada umumnya, Ducky Mini telah menggunakan switch mekanikal.

Desain

Desain yang dijajakan oleh Ducky Mini lebih premium dari Ducky Shine 3 karena sudah menggunakan materal dari metal pada sekujur tubuhnya. Warna yang bisa Anda dapatkan adalah warna abu-abu kehitaman dan silver.

Ducky-Mini-Samping-kecil

Kenyamanan ketika mengetik akan sedikit berkurang jika Anda terbiasa menggunakan sebuah keyboard full-size karena tombolnya yang kecil dan jarak antar tombol yang sedikit berdekatan sehingga Anda mungkin perlu membiasakan diri untuk menggunakan keyboard mungil ini.

mini_us_layout[1]

Fitur

Salah satu hal yang sangat kami suka dari Ducky keyboard adalah mereka menyediakan berbagai macam switch dari CherryMX mulai dari switch CherryMX Black hingga switch favorit kami CherryMX Brown. Dalam Review ini kami berkesempatan menjajal CherryMX black yang sedikit berat menurut kami.

Ducky mini ini juga dilengkapi dengan LED Backlit dual-tone yaitu warna biru dan merah, memang sedikit agak tertinggal dari keyboard tetangga yang sudah menggunakan RGB Backlit, tapi pengaturan bakclitnya yang hanya menggunakan kombinasi tombol di keyboard menurut kami layak diacungi jempol karena Anda tidak memerlukan software lagi untuk mengatur warna bakclit pada Ducky Mini.

Paket pembeliannya juga bisa dibilang lengkap karena Anda akan mendapatkan beberapa key-caps cadangan dan key-caps puller untuk mencabut tombol keyboard Anda, sebuah kabel mini USB yang sudah dilengkapi dengan velcro untuk mengikatnya agar tidak berantakan, dan yang terakhir adalah sebuah softcase sebagai wadah untuk membawa Ducky Mini berpergian ataupun mengikuti turnamen.

Ducky-Mini-Atas-kecil

Mode Backlit pada Ducky mini berjumlah 7 profile dan 2 buah profile yang bisa Anda kustomisasi sampai pertombol. Konfigurasinya juga terbilang sangat mudah, Anda cukup menekan tombol Fn + Alt + G untuk mengganti mode bakclitnya, dan untuk mengkustomisasinya Anda juga cukup menekan tombol Fn + Alt + Caps lock dan tombol mana yang Anda ingin kustomisasi selanjutnya.

Jika Anda lupa membawa sebuah mouse, Ducky Mini ini juga mempunyai beberapa tombol kombinasi yang bisa digunakan untuk menggantikan fungsi mouse secara keseluruhan dari klik sampai gliding yang tentunya tidak akan kami gunakan untuk bermain game.

Conclusion

Tidak banyak vendor keyboard yang berani mengambil segmen pasar yang terbatas seperti yang dilakukan Ducky dengan Ducky Mini ini yang menargetkan pasar keyboard gaming mekanikal dengan bentuk mungil. Desain yang dimilikinya bisa dibilang masuk kelas premium karena menggunakan material dari metal, dan fitur yang dimilikinya juga termasuk lengkap untuk keyboard semungil ini. Oh, ya Anda bisa mendapatkan Ducky Mini ini seharga 1,3 juta rupiah, cukup masuk akal untuk sebuah keyboard mekanikal mini dengan berbagai fitur yang dimilikinya.

promo Aorus X7 DT GTX 10

Leave a Reply