Pastinya kita pernah membaca berita mengenai pencorengan privasi ber-internet yang dilakukan oleh pemerintah Amerika (NSA) dan yang terbaru adalah pemblokiran akses website-website yang berbau pornografi oleh beberapa negara, termasuk Indonesia.

Menurut kami proses filtering website oleh pemerintah ini sangat baik, tapi tidak sempurna karena banyak website yang memang tidak bermaksud menyajikan konten negatif terkena imbasnya, seperti vimeo. Banyak para profesional seperti para videografer wedding yang meng-upload video untuk portfolio mereka tidak bisa kembali menggunakan Vimeo.

5

Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mem-bypass filtering ini seperti mengubah DNS menjadi DNS dari Google atau menggunakan proxy anonim pada browser Anda. Tapi kali ini kami akan membahasnya dengan menggunakan sebuah software yaitu Tor Browser.

Browser ini bertugas membuat Anda menjadi anonim dengan cara meng-enkripsi data-data Anda saat browsing. Tor Browser juga menggunakan Tor Network sebagai jalur rahasia sehingga ISP Anda pun tidak akan mengetahui apa yang Anda lakukan.

Sebagai informasi Tor Browser pada dasarnya menggunakan browser Mozilla Firefox tapi telah mengalami modifikasi lebih lanjut.

Berikut adalah cara-cara menggunakan Tor Browser:

1. Download Tor Browser dari sini

2. Setelah download selesai jalankan software tersebut untuk melakukan instalasi

2

3. Setelah instalasi selesai jalankan program Tor Browser tersebut dengan men-centang “Run Tor Browser Bundle”

3

4. Tor Browser akan mencoba menyambungkan jaringan Anda dengan Tor Network beberapa saat, setelah itu Anda akan mulai bisa menikmati kebebasan ber-internet dan proteksi privasi Anda.

4

Mulai saat ini Anda pun bisa lebih nyaman ber-internet dan tidak perlu takut dengan kebocoran data atau pengawasan dari pihak-pihak tertentu.

Tentunya kami menulis (Warning) pada artikel ini bukan tanpa maksud, kami berharap Anda sudah bijak dan pandai dalam mem-filter konten dari Internet sehingga tujuan kami memberikan tutorial ini tercapai untuk sesuatu hal yang positif.

Vimeo pada Tor Browser
Vimeo pada Tor Browser
promo Aorus X7 DT GTX 10

2 COMMENTS

Leave a Reply