Mengingat sudah semakin banyaknya pengguna perangkat Android saat ini, baik itu smartphone maupun tablet, pasti anda ingin tahu nilai benchmark perangkat anda dibandingkan dengan perangkat Android lainnya. Karena nilai benchmark biasanya menjadi patokan seberapa canggih perangkat Android, dan seberapa hebat performa dari hardware yang dimilikinya. Termasuk jika anda memilih sebuah device android sebagai mesin gaming portabel. Berikut ini kami pilihkan 5 aplikasi benchmark smartphone android paling populer dan gratis tentunya, yang dapat mengetes dan memberikan score atas perangkat Android anda. Tidak hanya menampilkan skor, beberapa aplikasi ni juga mengkoleksi skor-skor yang di upload oleh para pengguna dan menjadikannya database universal.

  1. Quadrant

Quadrant Standar Benchmark

Quadrant terkenal sebagai aplikasi benchmark yang sangat simpel namun sangat bagus, dimana Quadrant bisa mengetes performa hardware perangkat android anda, mulai dari CPU, GPU (2D dan 3D) memory, dan I/O performance. Quadrant versi gratis adalah versi standard yang memiliki bar iklan namun tidak memiliki fitur custom benchmark. Apps ini banyak disukai karena mampu mem-benchmark performa grafik 2D dan 3D dengan baik. Hanya dalam beberapa menit saja, test performa selesai dan langsung menampilkan score device anda dalam graph komparasi dengan beberapa perangkat Android populer lainnya.

  1. Antutu

a6789

image234214 imaasdage213

Salah satu benchmark tool yang juga memiliki banyak fitur berguna. Apps ini juga menguji coba beragam hardware pada smartphone atau tablet anda. Antutu free ini tidak mengurangi fitur custom test benchmark seperti pada Quadrant Free. Pada Antutu, sub-test yang dijalankan dikategorikan lebih general di bawah kategori yang diuji seperti OS, RAM, CPU, GPU dan I/O.

Hasil Score juga hadir dengan ranking antar perangkat android populer lainnya. Uniknya, ditambahkan komentar singkat tentang performa device secara keseluruhan. Jika anda ingin menggunakan benchmark all-in-one, maka Quadrant dan Antutu lah yang bisa anda diandalkan dan memiliki fitur penuh.

  1. Vellamo Benchmark

Vellamo Benchmark

Benchmark satu ini menawarkan paket yang cukup lengkap. Pengukuran performa yang dilakukanpun dikompilasi dari berbagai sub-test yang benar-benar menguras kemampuan harware sebuah device android. Pada Metal Benchmark contohnya, terdapat beberapa sub benchmark yang kesemuanya mewakili basis-basis dasar aplikasi android seperti dhrystone, linpack, stream termasuk Ram dan I/O benchmark.

Para beberapa versi terbaru, kita juga bisa menguji seberapa kencang CPU kita saat bekerja secara bersamaan (multi-core). Dan sub-test di dalamnya merupakan sub-test Metal yang di kembangkan ulang agar mampu mengeksplorasi semua core yang tersedia.

  1. 3D Mark Ice Storm

3D Mark Ice Storm

Aplikasi ini merupakan aplikasi buatan futuremark yang sudah terkenal sebelumnya sebagai developer pembuatan benchmark PC. Hasil benchmark aplikasi ini juga di koleksi untuk kita jadikan pedoman, ada di mana posisi performa device android kita. Dan uniknya, 3D Mark ini tak hanya mengkoleksi skor device android, namun juga bisa mengukur performa device beroperating system iOS.

Jika melihat dari pengkategorian nilai, kamu pasti akan langsung teringat 3D Mark 11. Ya, pengkategorian 3D Mark Ice Storm untuk device Android maupun device lain yang didukung oleh aplikasi ini memang sepertinya terilhami dari 3D Mark 11 yang memfocuskan pengujian GPU dan CPU saja. Dan 3D Mark ini tetap menjadikan FPS sebagai acuan seperti layaknya versi desktop.

  1. A1 SD Bench

A1 SD Bench

Jika kamu mengandalkan device android kamu sebagai portable gaming device, umumnya memerlukan ukuran storage yang besar sebagai penampung file-file game, terutama game-game 3D modern yang file model karakternya sangat-sangat besar. Nah, internal storage saja biasanya akan segera penuh untuk 1 game 3D yang bsa mencapai 8GB besar file data-nya. Untuk itu, kita butuh tambahan storage yang biasanya berupa micro-SD card.

Untuk meyakinkan kita apakah extra storage itu mumpuni saat diandalkan sebagai lokasi file game data yang baru, kita wajib mengujinya terlebih dahulu dengan aplikasi benchmark SD. Dan dari beberapa benchmark SD yang ada, A1 SD Bench pemmz nilai paling baik karena selain menawarkan pengujian untuk eksternal storage, aplikasi ini juga menawarkan pengujian untuk iternal storage juga RAM yang ada.

Sebenarnya masih ada beberapa benchmark untuk smarthone android yang lebih extreme seperti Rightware BrowserMark – Apps penguji seberapa tinggi performa browser android anda tanpa instalasi, Real Pi Benchmark – yang menawarkan benchmark CPU berdasarkan inquiry matematis, ataupun Battery Benchmark – yang akan menguji ketahan battery device android kamu walau dengan noise yang banyak dikeluhkan oleh para penggunanya.

Nah, sudah siap menyelidik seberapa kencang performa device android terbaru kamu dan membandingkan dengan device milik user lain dari seluruh dunia?. Untuk beberapa user yang ingin membandingan performa device mereka setelah mengupgradenya dengan custom rom juga bisa memanfaatkan aplikasi-aplikasi benchmark diatas.

Atau kamu punya aplikasi benchmark favorit lain selain yang pemmz sebutkan di atas? Kita tunggu di box comment ya!

Follow us @pemmz, facebook, slideshare

promo Aorus X7 DT GTX 10

Leave a Reply