Muncul sebuah startup baru di Kickstarter dengan sebuah produk headset VR yang dinamakan Totem. Studio Vrvana, pembuat Totem menargetkan angka US$ 350.000 selama 28 hari kedepan. Ketika artikel ini dibuat Totem sudah mendulang dana US$ 55.967.

Menurut Vrvana, Totem dapat dikoneksikan dengan input HDMI apapun, termasuk tablet, smarphone, console dan semua yang mampu memainkan format 3D SBS (Side-by-Side). Headset ini sendiri mempunyai dua buah kamera dan GPU yang membuat sang pemakai mampu melihat “dunia nyata” dengan hanya menekan tombol.

“Headset VR saat ini membatasi Anda untuk bergerak karena keterbatasan tracking kamera ekternal” Tulisan pada halaman Kickstarter. “Ketika bergerak terlalu jauh ke kanan atau kiri ataupun ke depan dan belakang, kamera tersebut akan berhenti men-tracking pergerakan Anda. Totem milik kami mempunyai kamera onboard yang bisa menyelesaikan masalah ini.”

Studio ini juga menjanjikan headset yang lebih responsif berkat aklerasi onboard miliknya. Headset ini juga mempunyai fitur lensa yang didesain spesial dan dapat diatur fokusnya sehingga para pengguna yang berkaca mata tidak harus menggunakan kaca matanya.

c06904b0c8fc3e901be4fbd6a22d3205_large_w_600[1]

“Ketika kami merancang Totem, kami ingin menciptakan sebuah headset yang mampu berevolusi dengan perkembangan teknologi VR saat ini,” Ungkap page Totem di Kickstarter. “Kedua komponen prosesor utama kami yaitu USB microcontoller dan Audio/Video prosesor bisa diupgrade dengan firmware update.”

Maksud dari studio ini adalah ketika ada fitur baru yang sedang dikembangkan atau bagian yang telah diperbaiki, maka user bisa langsung dengan cepat mengupdatenya ke Totem milik mereka. Bahkan Totem juga menyediakan sebuah port expansion untuk para developer agar bisa menciptakan akesoris dengan mudah.

c4fa335257d276a9a099cd161023cbd2_large_w_450[1]

Bagi para pendonasi yang memberikan donasi diatas US$ 8000 akan mendapatkan tour ke kantor Vrvana dan sebuah Totem HMD, sepasang earphone stereo dan sebuah makan malam private dengan team developer Totem.

Halaman di Kickstarter juga menjelaskan headset Totem versi developer mendukung semua game yang juga mendukung Oculus Rift DK1. Dukungan game DK2 Rift akan segera menyusul.

f8362d045fb485ce8d392db24decb009_large_w_600[1]

 

Leave a Reply