Asosiasi Olahraga Elektronik Indonesia (IeSPA) resmi berdiri pada 1 April 2013, Awal berdirinya IeSPA diprakarsai oleh komunitas gaming yang terinspirasi dari perkembangan industri e-Sports di dunia yang berkembang pesat sejak tahun 2000an. IeSPA secara resmi dikukuhkan oleh Pengurus Nasional Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) atau Indonesia Sport For All Federation. Sesuai UU Sistem Keolahragaan Nasional (UU Nomor 3 tahun 2005), FORMI merupakan institusi resmi yang mendapat amanat membina olahraga rekreasi di Indonesia.

IeSPA adalah asosiasi e-Sports Indonesia yang ingin membina dan memajukan olahraga digital di Indonesia. Di Indonesia IeSPA akan dikenal sebagai wadah untuk para gamer yang berprestasi, sedangkan di tingkat Internasional IeSPA merupakan anggota resmi dari Internasional e-Sports Federation (IeSF). Dengan Visi “ Terwujudnya Indonesia sebagai Negara yang berprestasi dan disegani di bidang e-Sports”  IeSPA juga mempunyai cita-cita untuk memperbaiki sikap dan perilaku para gamer yang selama ini dipersepsikan dan diberitakan negative.

Saat ini IeSPA masih dalam tahap audiensi dengan pihak KOI (Komite Olimpiade Indonesia), untuk mencari dukungan memasukkan e-sports sebagai salah satu cabang olahraga yang diakui untuk olimpiade.

Berikut adalah video liputan tim Pemmz pada saat peresmian IeSPA di Gedung Serba Guna KONI, Senayan yang dihadiri oleh Ketua Umum FORMI, Hayono Isman.

 

promo Aorus X7 DT GTX 10

Leave a Reply