Harga komponen PC maupun Notebook yang selalu mengikuti mata uang Dollar tampaknya semakin lama malah semakin melonjak, termasuk untuk urusan SSD. Memang SSD masih merupakan opsi tertier bagi para pengguna PC dan Notebook karena harganya yang jauh lebih mahal dibandingkan HDD dari segi kapasitas. Namun masih banyak yang bisa Pemmholic lakukan untuk mendapatkan performa sekelas SSD bahkan diatasnya dengan berbagai trik, dan salah satunya akan Tim Pemmz bahas di artikel kali ini.

Pada umumnya saat ini, masyarakat telah terjebak dengan image bahwa menggunakan RAM yang lebih besar akan menambah performa PC jauh lebih tinggi. Bagi Anda yang telah terjebak dengan persepsi tersebut dan telah mempunyai RAM dengan kapasitas besar Anda bisa menggunakannya sebagai subtitusi untuk SSD dengan performa SSD high-end atau malah melebihinya.

Namun bukan tidak ada kelemahan dari RAM Disk, Anda minimal membutuhkan kapasitas RAM yang besar minimal 8GB untuk dengan lancar menggunakan RAM Disk, dengan kapasitas 8GB pun kami sarankan Anda untuk menggunakan RAM disk dengan kapasitas maksimal 1,5GB.

Untuk menggantikan fungsi RAM Anda menjadi ‘virtual’ SSD, Anda akan membutuhkan sebuah aplikasi RAM Disk. Banyak aplikasi RAM Disk yang tersedia di Internet mulai dari yang berbayar hingga yang gratis. Dari sekian banyak pilihan RAM Disk kami memilih Softperfect RAM Disk untuk mempersingkat Pemmzholic memilihnya RAM Disk Terbaik. Kami memilih Softperfect RAM Disk karena banyak yang memberikan review bagus mengenai RAM Disk ini dan kami sendiri pun telah mencobanya dan merasa puas.

Persyaratan:
Windows 7, Windows 8 (32 & 64 bit)
RAM berkapasitas 8GB keatas direkomendasikan.

Tanpa bertele-tele mari kita mencoba mengubah ruang kosong RAM kita menjadi ‘SSD’ berkecepatan tinggi. Kali ini Tim Pemmz mencoba memasukan file Adobe Photoshop ke dalam RAM disk sehingga berjalan lebih cepat saat loading.

  • Download Softperfect RAM Disk dari http://www.softperfect.com/products/ramdisk/
  • Setelah download instal Softperfect RAM Disk ke HDD Anda.
  • Langkah selanjutnya adalah membuat image sehingga tiap kali Anda melakukan boot Image tersebut akan ter-mounting. Klik Image dan pilih Create Image.
Create Image
Create Image
  • Akan muncul sebuah jendela konfigurasi image, klik icon folder dan tentukan nama image yang Anda ingin buat dan lokasi file tersebut lalu klik Save untuk menyimpan.
  • Selanjutnya tentukan kapasitas RAM Disk yang Anda inginkan (Catatan: Kapasitas RAM Disk yang Anda pilih akan memangkas ruang kosong pada RAM PC Anda). Sebagai contoh untuk Adobe Photoshop CS6 kami menggunakan ukuran 600 MB.
image-2
Konfigurasi Image
  • Pilih File System NTFS dan klik OK.
  • Selanjutnya adalah pembuatan virtual drive. Klik icon + pada windows Softperfect RAM Disk
Klik Icon '+' (plus)
Klik Icon ‘+’ (plus)
  • Akan muncul jendela baru. Klik icon folder dan pilih image yang Anda buat tadi yaitu Photoshop.svi. Tentukan Drive Letter sesuai dengan keinginan Anda.
  • Centang Save Contents untuk membuat drive tersebut ‘writeable’ atau dapat Anda manipulasi sesuai keinginan Anda.
  • Setelah itu Klik Ok, dan secara otomatis Softperfect Ram Disk akan membuat sebuah virtual drive baru sesuai dengan konfigurasi tadi. Anda dapat menemukannya di Windows Explorer.
image-4
Konfigurasi Virtual Disk
  • Copy program yang Anda inginkan untuk berjalan di RAM Disk, dalam hal ini kami meng-copy Adobe Photoshop CS6 yang kurang lebih berukuran 600 MB ke dalam RAM Disk.
  • Setelah selesai proses copy, masuk kembali ke Softperfect RAM Disk untuk men-save content yang telah Anda copy dengan cara meng-klik kanan virtual drive Anda dan memilih Save to Image.
Pilih 'Save to Image'
Pilih ‘Save to Image’
  • Coba Restart Windows Anda untuk melihat apakah konten tersebut sudah tersimpan dan otomatis ter-mounting ketika Windows booting.
  • Selamat Anda sudah memaksimalkan kegunaan ruang kosong RAM Anda! Coba jalankan aplikasi yang berada di dalam virtual drive dan Anda bisa melihat sendiri perbedaan speed yang dirasakan.

 

Sayangnya trik ini hanya terbatas pada program-program yang ada pada Windows, dan terbatas pada kapasitas RAM Anda. Anda juga tidak mampu mempercepat proses booting seperti yang dilakukan SSD sesungguhnya, Namun untuk sebuah solusi yang gratis, hal ini sangat layak diperhitungkan.

Follow us @pemmz, facebook, slideshare

promo Aorus X7 DT GTX 10

6 COMMENTS

  1. iya nih harus nya di setiap trick atau tutorial apapun harus dikasih pro n contra nya gan, biar ga asal nerapin tutor nya, just saran yah gan

  2. Thanks atas sarannya gan. Sebenernya di dalam artikelnya sendiri udah ada sedikit sisipan pro dan contra-nya gan. Sebagai contoh sisi Pro-nya adalah menambah Kecepatan Akses program yang ada di dalam RAM Disk dan Kontranya adalah mengurangi kapasitas RAM Anda karena sudah di-reserved untuk RAM Disk.

Leave a Reply