Di pasar Gaming Notebook, nama-nama pemain besar seperti Toshiba atau Samsung memang kurang tersohor. Namun bukan berarti mereka tidak memiliki product line untuk pasar segmented ini. Contohnya unit yang akan pemmz review kali ini. Notebook seri Qosmio dari Toshiba yang di bekali spesifikasi high-end dan pastinya capable untuk Gaming. Toshiba Qosmio X75-A7295, demikian seri yang menempel pada unit ini. Yuk, langsung aja kita review Toshiba Qosmio X75 ini.

Specification

Display : 17.3″ Full HD (1920 x 1080) TruBrite® LED Backlit
Processor : Intel® Core™ i7-4700MQ Processor (6M Cache, up to 3.40 GHz) with Intel® Turbo Boost Technology
Memory : 16GB DDR3L 1600MHz (8GB + 8GB)
Hard Drive : 1 TB HDD (5400rpm, Serial ATA)
Graphics : 3GB GDDR5 NVIDIA® GeForce® GTX 770M w/NVIDIA® Optimus™ Technology
Optical Drive : DVD SuperMulti (+/-R double layer) drive
Operating System : Windows 8
Networking : Wi-Fi® Wireless networking (802.11b/g/n)+ Bluetooth 4.0, Intel 1Gbps LAN
Audio : Built-in microphone, DTS Studio Sound™, Headphone jack (stereo), Microphone input port with Toshiba Sleep and Music, harman/kardon® Quad Speakers
Battery : Lithium-Ion Battery 14,4V 3000mAH (4-cell/47Wh)
Camera : Full HD webcam and stereo microphone
System Dimensions : 15.23 x 10.19 x 0.61-1.41 inches
Weight : 7.6lbs
Slots/Interface :
Memory Card Reader
2-USB (3.0) ports, 2-USB (3.0) ports with Sleep and Charge
HDMI® with 4K Ultra HD output capability
RGB port
Warranty : 1 Year Distributor Warranty
Bonus : Backpack, Gaming Mouse

Design

Design

Design yang di tawarkan Toshiba Qosmio X75 cukup ekslusif. Kombinasi Hitam dan Crome Merah plus backlit keyboard yang menyala merah terang menjadikan Toshiba Qosmio X75 memiliki aura gaming yang sangat kental. Beberapa area juga di design berframe merah crome seperti touchpad dan tombol power.

Pada bagian casing, seluruh area di buat bertekstur, khusus pada cover LCD, di tambahkan logo Qosmio yang akan menyala merah saat notebook aktif. Yang cukup disayangkan, warna merah crome yang ada pada Toshiba Qosmio X75 ini malah membuat kesan plastik jadi mencuat.

Port n Interface

LCD Display

LCD

Seperti kita tahu, toshiba juga merupakan produsen panel LCD yang produknya banyak di pakai di banyak merk notebook. Khusus untuk Qosmio, sepertinya Toshiba mendedikasikan salah satu tipe lcd panel terbaiknya. Tampilan gambar pada Toshiba Qosmio X75 sangat cerah, bahkan saat di pakai di luar ruangan, gradasi warna masih terjaga, hanya butuh mencari sudut pandang yang tepat agar objek dalam lcd tampil maksimal.

Workstation & Keyboard
Workstation

Mengusung konsep borderless island, keyboard pada Toshiba Qosmio X75 tampil sangat eye catching. Ditambah backlit berwarna merah terang (lebih terang dari Lenovo Y series), membuat area workstation terlihat sangat modern. Sayangnya, seperti beberapa notebook toshiba lain, penggunaan tombol Fn membutuhkan kombinasi tambahan di karenakan fungsi utama deretan tombol Fn tersebut di dedikasi untuk shortcut ke fungsi tertentu seperti kontrol multimedia, togle wireless dll. Hal ini menjadikan eksekusi ke shortcut program windows menjadi sedikit lebih sulit. Misalkan ingin meng-close sebuah aplikasi yang biasanya cukup menekan tombol Alt+F4, pada Toshiba Qosmio X75 baru bisa di akses dengan Alt+Fn+F4. Eit, tapi tenang saja, karena anda bisa membuat nya berfungsi layaknya keyboard standar dengan mengubah opsinya pada setting bios.

Tambahan info, tak ada tombol lain selain tombol power yang menghiasi area workstation, semuanya di pindahkan ke kombinasi tombol Fn.

Speaker

Speaker

Kualitas tata suara pada Toshiba Qosmio X75 juga tak perlu di ragukan. Di bekali 4 buah speaker Harman Kardon, dentuman bass, renyahnya trebel dan lengkingan vocal bisa jelas di nikmati, tak seperti notebook lain yang Flat ;D. Namun tak terdapat aplikasi audio manager khusus yang bisa di manfaatkan untuk memperkaya range audio pada Toshiba Qosmio X75 ini. Pengguna hanya bisa memanfaatkan audio manager bawaan realtek.

Performance

rata-rata score Benchmark synthetic menurun saat uji coba ke-2 dst.
rata-rata score Benchmark synthetic menurun saat uji coba ke-2 dst.

Lewat pengujian benchmark synthetic keluaran futuremark, performa gabungan Intel core i7 generasi 4 seri 4700MQ, GPU Geforce GTX770M 3GB GDDR5 dan 16GB RAM (4x4GB pc 1600) terhitung kurang maksimal pada Toshiba Qosmio X75 ini. Seharusnya dengan kapasitas RAM yang sangat besar, performanya bisa lebih baik lagi. Walaupun perbedaan skor akhir tak terlalu jauh dibanding Gigabyte P25W, namun masih sedikit lebih baik di banding Alienware 17 2013 Edition.

Sepertinya akibat meningkatnya panas, kemampuan CPU terus menurun.
Sepertinya akibat meningkatnya panas, kemampuan CPU terus menurun.

Yang sedikit membingungkan, ketika di lakukan beberapa kali pengujian pada benchmark yang sama, skor GPU selalu meningkat cukup signifikan, namun skor CPU selalu jadi lebih rendah. Yang pemmz ambil adalah skor yang pertama, di karenakan pengujian ke-2 dan seterusnya sudah terpengaruh faktor eksternal.

syth2
Untuk PCMark 7 dan 3D Mark 2013, performa unit X75 yang kami review cukup bagus, setidaknya di banding hasil review di luar.
Performa HDD X75. Sayang, defaultnya tidak di RAID.
Performa HDD X75. Sayang, defaultnya tidak di RAID.

Real World Gaming Test

Battlefield 4

Dengan Geforce GTX770M, sudah bisa di tebak kemampuan gaming Toshiba Qosmio X75 ini. Untuk game-game demanding terbaru, contohnya battlefield 4, X75 masih mampu menampilkan rata-rata 44 FPS di resolusi penuh FullHD dengan preset rata-rata “high”. Untuk memaksimalkan pengalaman visual, pemmz menyarankan pemmZHolics mengikuti optimasi ala Geforce Experience.

Assasins Creed Black Flag

Di game yang masuk kategori berat ini, Ram 16GB yang ada pada Toshiba Qosmio X75-A7295 cukup memberi peran signifikan. Hal ini jika di bandingkan dengan Gigabyte P25W yang hanya mendapat fps rata-rata 44fps, sedang X75 mampu meraih rata-rata 48fps.

Resident Evil 6

RE6 2014-04-02 09-55-08-57
Dalam game open world horor satu ini, GTX770M pada X75 juga tampil sangat perkasa. Anda bisa dapatkan FPS rata-rata di atas 45 fps dengan seting high dan resolusi Full-HD.

Battery & Power Adaptor

Batre n adaptor

Bagian battery adalah poin yang amat disayangkan. Notebook Gaming dengan spesifikasi hampir rata kanan ini hanya di bekali battery yang mungil, jika di hitung, mungkin hanya 4 cell dengan kapasitas 47Wh. Hal ini juga di dukung oleh pencapaian dalam test battery yang tim pemmz lakukan dengan bantuan BatteryEatPro. Kabar baiknya, Toshiba Qosmio X75 yang tim Pemmz review kali ini jadi sangat ringan di jika di banding notebook gaming 17″ sekelasnya.

BEP
Hanya mampu bertahan 30 menitan.

Upgrade Options

Upgrade Option

Untuk upgrade option, Toshiba Qosmio X75 sangat menggiurkan, tipe ini menyediakan opsi upgrade hingga ke GPU. Seperti pemmZHolics lihat pada foto di atas, untu interface GPU, Toshiba Qosmio X75 menggunakan slot MXM 3.0b yang secara teori bisa menampung GPU lebih tinggi seperti GTX780M maupun Quadro KxxxM series.

Sayangnya, dengan barebone yang terbilang besar, pemmz nilai Toshiba belum memaksimalkan opsi upgrade Toshiba Qosmio X75 yang sebenarnya di miliki oleh chipsetnya, terutama di sektor storage. Pada X75 terdapat dua buah slot SATA 2.5″ yang sayangnya tak di dukung fitur RAID. Juga slot m-SATA absen pada type ini.

Nah bedasarkan foto di atas juga, pemmz menganalisa mengapa proses disipasi panas CPU pada Toshiba Qosmio X75 sangat lambat. Terlihat heatpipe sebagai jalur transfer panas dari penampang heatsnk di atas CPU ke cooler fin hanya satu buah. Area datar untuk kita pasangkan sirip heatsink tambahan seperti pada artikel optimalisasi pendingin disini, juga minim. Jadi mau tidak mau, pengguna wajib menggunakan thermal paste kualitas bintang 5 untuk membantu proses disipasi panas. Itupun agak sulit di aplikasikan karena untuk membuka  mengakses area CPU, pengguna harus membuka semua bottom case. Sebagai info, part yang bisa di jangkau access door hanya HDD dan RAM.

Bonus

IMG_4693

Toshiba mengerti, masuk ke pasar gaming harus pintar-pintar menaikan nilai jual lewat bundling. Dan khusus X75-A7295 yang pemmz review kali ini, Toshiba membundling X75 dengan Hawken dan Adobe Photoshop & Premiere Elements 11. Strategi yang pintar dan cukup menggiurkan menurut pemmz, karena bermanfaat bagi dua kalangan pemakai langsung, gamers dan designer.

Conclusion

Mempertimbangkan harga banding performa, Toshiba Qosmio X75-A7295 bisa di kategorikan sangat “worthed”. Dengan spesifikasi kelas enthusiast, banderol  harganya paling murah. Tapi . . ., concern akan panas CPU sepertinya menjadikan seri ini kurang di minati di luar sana. Ditambah lagi, udara panas CPU tersebut di pastikan mengenai telapak tangan yang menggunakan mouse USB. Bagaimana tidak, pada X75 ini hanya ada 1 buah Fan yang di kontrol otomatis mengikuti sensor temperatur pada CPU. Dan lubang exhaust di posisikan tepat di sebelah kanan dimana biasanya di pakai untuk mengontrol system dengan mouse eksternal.

4 slot So-Dimm bisa pemmZHolics maksimalkan hingga 32GB. Hal ini di pastikan akan menambah performa X75 secara signifikan khususnya bagi anda yang sering multitasking. Sayangnya, tak terdapat slot m-SATA pada Toshiba Qosmio X75 ini. Tapi dengan 2 slot 2,5″ SATA, anda bisa meng-combine sebuah SSD sebagai partisi system, dan sebuah HDD untuk partisi DATA. Tambah wuzzz dah . . .

Pros :

  • Best of the best Value for money
  • Paling Ringan
  • Layar super bright
  • Backlit Keyboard

Cons :

  • Panas pada area kanan
  • Port USB compatibility

Fair :

  • Kapasitas battery yang minim, menjadikan kemampuan mobilitasnya juga minim.

Similar Products

ASUS G750JX-CV025H 3D
XENOM PHOENIX PX17-CTO
MSI GT70 20C-LK470

Follow us @pemmz, facebook, slideshare

promo Aorus X7 DT GTX 10

4 COMMENTS

Leave a Reply