gadgets

Pernahkah Laptop, Tablet, Smartphone, atau alat elektronik lainnya milik anda menjadi hang, freeze, dan tidak responsif lagi? Biasanya masalah tersebut muncul karena masalah pada hardware-nya, dan salah satu trik tercepat untuk memperbaikinya adalah dengan mengulang kembali (restart) siklus daya pada gadget PemmzHolics yang bermasalah.

Kebanyakan dari anda mungkin sudah tahu bahwa mencabut baterai dan memasangnya kembali agar gadget melakukan reboot dapat menyelesaikan masalah freezing. Namun bagaimana caranya bagi gadget yang baterainya tidak bisa dibuka/dicopot pasang?

◘ Melepas baterai

ifixitdroid4battery-11321888

Pada cara yang umum ini, anda bisa menerapkannya ke berbagai gadget seperti laptop, smartphone, kamera digital, dsb. Jika gadget tersebut mengalami freezing atau tidak dapat menyala secara normal. Sebelum mencabut baterai, pastikan kabel power/charger tidak terpasang pada gadget. Tunggu beberapa saat atau beberapa menit sebelum memasukkan baterai kedalam gadget dan menyalakannya kembali.

◘ Menahan tombol Power

Banyak gadget terbaru yang hadir dengan non-removable battery ,  namun pengguna tetap membutuhkan cara untuk mengulang siklus daya pada gadget jika gadget nya mengalami masalah freezing. Pada gadget seperti ini, cara yang biasanya dilakukan adalah dengan menahan sebuah tombol atau menahan sekaligus dua buah kombinasi tombol.

finger-pushing-computer-on-button

COntohnya pada gadget Nexus 7 atau Kindle, menahan tombol power selama 30 detik akan mengulang siklus daya perangkat dan device langsung ter-restart, cara ini juga biasanya berlaku bagi tablet dan smartphone lainnya.

Sedangkan pada iPhone, caranya adalah dengan menahan dua tombol yaitu tombol Power dan Home secara bersamaan dalam waktu 10 detik.

reset

◘ Cabut Kabel Power

Jika PemmzHolics memiliki perangkat tanpa baterai atau tanpa adanya tombol Power, seperti router atau modem, Anda tetap bisa me-restart siklus daya pada perangkat tersebut dengan mencabut stop kontak untuk mengistirahatkannya beberapa saat, lalu mencolokannya kembali. Jika Anda terlalu cepat memasang kembali stop kontak, trik ini mungkin tidak akan berhasil karena aliran listrik pada stop kontak belum habis sepenuhnya.

tumblr_m34qfvAH0r1qgq1xzo1_500

◘ Manfaatkan lubang Reset

Beberapa perangkat biasanya menyediakan lubang kecil seukuran jarum untuk me-reset perangkat, bagi yang tidak memiliki baterai baterai built-in atau yang tidak berpengaruh saat tombol power ditekan lama. Lubang seukuran jarum ini memiliki tombol tersembunyi didalamnya, yang hanya bisa diakses menggunakan jarum atau kawat paperclip yang direntangkan.

vivo-RT-power-and-reset

hard-reset-router

Jika Anda tidak dapat menemukan posisi lubang pinhole reset tersebut, mungkin anda bisa cari pada buku manual perangkat-nya. Namun Anda juga harus berhati-hati karena fungsi dari tombol tersembunyi itu terkadang bukan hanya untuk merestart siklus daya, tombol reset tersebut bisa saja berfungsi untuk mengembalikan setting perangkat ke mode default pabrikan.

Jika cara-cara tersebut diatas tidak juga bisa mengatasi masalah dan perangkat/gadget Pemmzholics masih tetap Freeze, Hang, dan tidak bisa menyala, pastikan anda telah mengikuti prosedur yang tepat untuk gadget tertentu, cari tahu lebih lanjut pada buku manual tentang letak lubang tombol reset atau kombinasi tombol yang harus ditekan. Namun jika nampaknya gadget anda sudah benar-benar mati, berarti gadget anda harus di-service atau diganti. 😉

Follow us @pemmzfacebook, slideshare

 

promo Aorus X7 DT GTX 10

Leave a Reply