PemmzHolics yang sering beraktifitas di berbagai tempat dan PC berbeda pasti sering menggunakan Google Docs, sebagai program Office yang mudah diakses, tanpa harus menginstall-nya terlebih dahulu di PC yang sedang digunakan, cukup sign-in dan langsung kerjakan berbagai dokumen anda secara online. Nah, tidak mau kalah dengan Google Docs, Microsoft yang sudah merajai program Office di hampir setiap komputer ini juga membuka layanan Office Online. Berbeda dengan program Microsoft Office yang biasanya berbayar, Office Online ini disediakan secara gratis. Apalagi keistimewaan yang ditawarkan Office Online ya?

office online

1. Gratis!

Dengan hadirnya Microsoft Office Online ini tentunya sangat menguntungkan karena anda tidak perlu lagi membeli lisensi, tidak perlu lagi berlangganan Office 365, atau membeli lagi CD tambahan untuk berbagai PC yang anda gunakan. Sama seperti cara kerja Google Docs, Office Online berjalan dalam browser Anda, sehingga bisa diakses juga melalui OS Linux, gadget seperti iPad atau tablet Android dan Chromebook.

word-online

2. Dukungan OneDrive

Web aplikasi Office Online ini akan menyimpan segala dokumen yang PemmzHolics buat kedalam Microsoft OneDrive (cloud storage), jadi jika anda sudah menginstall OneDrive di PC anda, maka file dokumen anda akan tersedia juga secara lokal di folder komputer Anda dalam format Microsoft Office. Program Office 2013 sendiri juga secara default menggunakan penyimpanan pada folder OneDrive, sehingga aplikasi Office Online ini dapat menjadi penolong yang efisien serta cepat untuk mengakses seluruh dokumen Office dari PC utama anda, dimanapun dan kapanpun.

excel-online

3. Kolaborasi multiple real-time editing

Office berbasis web ini ternyata memiliki fitur kolaborasi yang lebih baik daripada versi desktop-nya. Contohnya, ketika kita sedang mengaktifkan fitur kolaborasi pada versi desktop pada Word 2013, hanya satu orang saja lah yang dapat mengedit sebuah paragraf yang sama. Sedangkan pada Word Online, anda bisa mengedit sebuah paragraf dengan beberapa user sekaligus secara real-time.

image30

Sayangnya, jika anda biasa memerlukan Office pada aplikasi misalnya Microsoft Access, Office Online tidak ikut menyertakannya. Office Online terbatas hanya pada aplikasi Word Online, Excel Online, PowerPoint Online, dan OneNote Online.

powerpoint-online

Office Online yang hanya bisa diakses ketika Anda memiliki koneksi internet ini juga telah memangkas tampilannya menjadi lebih simple dibandingkan versi desktop. Namun Office Online tetap memiliki tampilan yang mirip, sehingga sangat  mudah digunakan bagi yang terbiasa menggunaka Microsoft Office. Beberapa fitur berat memang dihilangkan dari versi online ini, lagipula kebanyakan orang hanya membutuhkan fitur standar dari Office ‘kan?

Aplikasi Office Online yang jauh lebih mirip dan terasa familiar dibandingkan Google Docs ini tentunya akan jauh membuat pekerjaan anda di berbagai dokumen semakin compatible, karena Office Online akan menyimpan file-file Anda dalam format yang sama dengan Microsoft Office versi desktop (.docx, .xlsx, dan .pptx). Sedangkan Google Docs terkadang masih kurang sempurna ketika file nya dibuka kembali pada Office di desktop.

Bingung pilih aplikasi web Office yang mana? Baik Office Online maupun Google Docs mempunya kelebihan dan kekurangannya masing-masing, pilihlah sesuai dengan kebutuhan PemmzHolics agar Office gratisan ini menjadi lebih bermanfaat.

source : Office Online

Follow us @pemmzfacebook, slideshare

promo Aorus X7 DT GTX 10

Leave a Reply