Review Gigabyte Padbook S1185: Tablet PC Berdesain Premium dari Gigabyte

Gigabyte tampaknya ingin mencoba peruntungan di segmen pasar tablet PC dengan belum lama ini  meluncurkan seri tablet Windows 8 miliknya yaitu Gigabyte Padbook S1185. Akankah Gigabyte akan sukses menjual tablet Windows 8 miliknya? Semua itu tergantung dari kelebihan dan kekurangan sang pendatang baru ini, dan dalam kesempatan ini Tim Pemmzchannel akan menyelidiki hal tersebut.

Paket Penjualan

package

Dibungkus dengan karton berwarna coklat yang terlihat sangat standar, Gigabyte memberikan paket yang bisa dibilang lengkap, seperti cover-bag dari kulit syntetis, detachable keyboard, adaptor, CD driver, buku manual, sampai sebuah kain microfiber untuk membersihkan tablet.

Desain

back1

Desain yang ciamik ditawarkan oleh Gigabyte Padbook S1185. Anda akan mengira tablet ini seperti Microsoft Surface jika dilihat sekilas. Bahan yang digunakan Gigabyte Padbook S1185 sebagian besar adalah plastic coated kecuali ada pada bagian sandarannya yang terbuat dari metal. Walaupun menggunakan banyak plastic namun kesan premium mampu didapatkan dari tablet ini melalui finishing-paint berwarna bronze yang diberikan oleh Gigabyte.

Untitled-1-Recovered

Pada sisi depannya, Anda akan menemukan kamera depan dengan resolusi 1,3 Megapiksel, proximity sensor, sebuah Optical Finger Navigation (touchpad) dan sebuah tombol windows pada bagian bawah layarnya.

Pada sisi kanannya Anda akan melihat tombol volume up dan down, 1 buah slot sim-card, 1 buah port HDMI, 1 buah port USB 3.0, 1 slot Micro SD, Indikator charging, 1 buah VGA-Analog Port, dan sebuah port DC untuk charging.

detail

Pad karet sebanyak dua buah bisa Anda temukan pada bagian bawah tablet. Pad karet ini berfungsi sebagai penahan dan pelindung tablet agar tidak langsung terbentur dengan body-nya.

Pada sisi kiri tablet terdapat tombol power, tombol auto-rotate, 1 buah port USB 2.0, 1 buah jack 3,5-inci, dan duah buah tombol yang berfungsi sebagai klik kanan dan kiri mouse.

back

Di bagian belakang Anda akan menemukan sebuah kamera 5 megapiksel, exhaust pendingin, dan sebuah plat dari metal yang berfungsi sebagai stand jika Anda ingin menggunakan tablet ini layaknya sebuah notebook.

keyboard

Dengan menggunakan sistem magnet Anda dapat dengan mudah mencabut atau memasang keyboard yang disediakan oleh Gigabyte ini, sebuah ide yang sangat efisien.

Hardware and Performance

CPU Intel® Pentium® Processor 2117U (1.8GHz)
Layar 11.6″ Capacitive Multi-touch Panel 1920×1080 IPS LCD
RAM 4GB DDRIIIL
Chipset Mobile Intel® HM77 Express Chipset
GPU Intel® HD Graphics
Storage 64GB mSATA SSD
Audio 1,5 watt stereo speaker, Sound Blaster™ Cinema
Networking Wi-Fi 802.11 b/g/n
Baterai Li-polymer, 7.4V, 39Wh

Spesifikasi dari Gigabyte Padbook S1185 mungkin dapat kita sandingkan dengan MSI Slider S20 sebagai perbandingan performa karena berada pada kelas pasar yang sama. Performa yang ditunjukan oleh Gigabyte Padbook S1185 memang tidak sebaik S20 milik MSI dikarenakan perbedaan tingkat prosesor dan GPU yang digunakan. Berikut adalah beberapa hasil pengujian benchmark yang dilakukan oleh Tim Pemmz.

Hasil Benchmark AS SSD dari LiteOn 64GB
Hasil Benchmark AS SSD dari LiteOn 64GB pada S1185
HD Tune 5 Info
HD Tune 5 Info
HDTune5
Hasil Benchmark dari HD Tune 5
Hasil Benchmark dari PCMARK 7
Hasil Benchmark dari PCMARK 7. Sedikit lebih rendah dibanding MSI S20
 

Selain pengujian benchmark, Tim Pemmz juga melakukan pengujian pemakaian sehari-hari. Layar touchscreen Full HD milik Gigabyte Padbook S1185 terlihat sangat responsive dan dalam pengujian kami tidak pernah merasakan adanya lagging. Tim Pemmz mencoba menginstal program Adobe Photoshop CS6 Extended pada Gigabyte Padbook S1185 dan ternyata Photoshop dapat berjalan dengan lancar.

Kamera utama yang beresolusi 5 megapiksel mampu memberikan hasil gambar yang cukup baik di ruang outdoor namun ketika Tim Pemmz mengujinya di ruangan indoor dimana intensitas cahaya berkurang, hasil gambarnya sedikit banyak menghasilkan noise. Sedangkan kamera depannya menghasilkan gambar layaknya webcam pada notebook-notebook Gigabyte kelas mid-end yang ada di pasaran.

Jika Anda sering menggenggam tablet dengan tangan Anda, maka kami tidak menyarankan Anda untuk menggunakan Gigabyte Padbook S1185 dengan cara tersebut, karena suhu pada body belakangnya terbilang cukup panas apalagi pada saat keadaan full-load.

Conclusion

Dengan harganya yang berkisar 11 juta rupiah, tablet dari Gigabyte ini dapat dibilang mempunyai harga yang lebih tinggi dari perangkat sejenisnya, namun semua harga tersebut dapat dibayar dengan desain premium dan performa yang mumpuni. Program sekelas Photoshop pun dapat dijalankan dengan lancar pada S1185. Gigabyte Padbook S1185 adalah tablet PC yang sangat cocok bagi para professional dan pelaku bisnis yang ingin menggantikan notebook miliknya dengan tablet tanpa kehilangan ‘feel’ dari sebuah notebook.

Pros :

  • Performa real-life yang sangat baik
  • resolusi Full-HD dengan panel IPS
  • Desain premium

Cons :

  • Panas pada body belakang tablet
  • Noise pada kamera saat intensitas cahaya sedikit

Follow us @pemmz, facebook, slideshare

promo-pemmz

Leave a Reply