IMG_6927

Jum’at, 17 Januari 2014. Bertempat di Hotel Sultan kawasan Senayan, AMD mengumumkan ketersediaan processor APU Desktop terbaru mereka dengan kode nama : KAVERI. Peluncuran ini sangat ekslusif sebab Kaveri memang baru di luncurkan secara Internasional 2 hari sebelumnya di acara CES 2014. Di tambah lagi, acara ini di hadiri langsung oleh pejabat-pejabat tinggi AMD baik pejabat kawasan hingga pejabat pusat.

<

Compute Core, HSA & Mantle

Kaveri membawa banyak perubahan dari generasi sebelumnya, Richland. Yang paling pertama, Kaveri di buat dengan fabrikasi yang lebih kecil yakni 28nm. Hal ini guna menunjang performance/watt agar lebih efisien. Di sisi otak komputasi, pihak AMD merubah “istilah” CPU core dan GPU core terintegrasi menjadi Compute Core, “ini baru terjadi pada Kaveri” ujar Adam Kozak, Client Desktop, Senior Product Marketing Manager AMD. Total akan terdapat hingga 12 Compute Core (4 CPU + 8 GPU) pada platform Kaveri Desktop. Hal ini akan di tunjang oleh fitur HSA (Heterogeneous Syste Architecture) yang memungkinkan CPU core dan GPU core tadi bekerja lebih maksimal tapi tetap efisien.

IMG_6878
Terry Makedon, Software Strategy AMD yang sudah 20 tahun mendevelop pengembangan software pendukung produk-produk AMD.

Untuk performa gaming dan rendering object yang lebih optimal, melalui Kaveri, AMD juga memperkenalkan Mantle, Sebuah basis pemprograman API yang AMD sebut lebih baik dari Direct-X. Namun baik HSA maupun Mantle, saat ini belum bisa di cari tahu seberapa besar kemampuannya karena sangat tergantung dukungan aplikasi dan para developer. Yang tak kalah menarik, pada Kaveri anda tidak perlu lagi mengeluarkan budget untuk sebuah sound card. Karena AMD sudah membekali Kaveri dengan AMD TrueAudio Technology yang mendukung hingga 32 Channel output. Sekali lagi, fitur ini juga membutuhkan dukungan dari aplikasi dan perangkat audio penunjang lain.

Performace

amd-kaveri fitur

StreamRoller B, sebutan baru teknology CPU dari AMD yang ada pada Kaveri menjanjikan peningkatan performa 20% lebih baik dari versi pendahulunya. Di tambah, Kaveri mendukung RAM hingga 2133MHz yang akan banyak membantu meningkatkan performa Compute Core secara keseluruhan. Seperti kita tahu, bottleneck semakin tinggi kemungkinannya jika tidak mendapat support memory yang mendukung. Performa GPU juga meningkat 30% berkat penyempurnaan Graphic Core Next.

FM2A88X-ITX+(m)

Disisi display, pada platform baru ini, nantinya motherboard baru AMD yang mendukung Kaveri sudah di lengkapi dengan slot PCI Xpress 3.0. Juga pada motherboard baru nanti, pengguna bisa menemukan m-Sata slot seperti yang sering di jumpai di platform Z77-nya si biru. Makin komplit lah…

Radeon R7 Terintegrasi

A10

Tak seperti seri-seri CPU terdahulu yang selalu mendapat teknologi GPU yang lebih lawas, Kaveri di anugrahi GPU “onboard” yang masih fresh, R7 series. Langkah ini patut di acungi jempol mengingat kubu biru masih sangat mahal menawarkan Iris Pro-nya. Pun, performa Radeon R7 pada Kaveri di jamin menang telak dari Iris Pro. Radeon R7 pada Kaveri semuanya akan berjalan di clock 720MHz, khusus 7850K, R7 onboardnya akan di bekali 512 Radeon Cores yang di klaim mampu menghadirkan battlefield 4 dalam resolusi full HD (preset medium).

Bundling Battlefield 4

presentation title

Bersamaan dengan diluncurkannya Kaveri, Dice sebagai publisher yang mendistribusikan BF4 juga meluncurkan game sequel terbaru Battlefield. Tapi bagi kamu yang membeli CPU AMD Kaveri (7850K dan 7700K), kamu berhak langsung mendapatkan game yang di pasaran di banderol seharga US$ 59 ini. Tapi, penawaran ini terbatas loh, jadi buruan beli Kaveri sekarang.

Wawancara tim Pemmz dengan Adam Kozak, Senior Marketing Manager AMD for Desktop Client.
Wawancara tim Pemmz dengan Adam Kozak, Senior Marketing Manager AMD for Desktop Client.

Untuk video liputan plus beberapa wawancara dengan petinggi AMD nya, on progress ya. So, subscribe is a must 😀

Follow us @pemmz, facebook, slideshare

promo Aorus X7 DT GTX 10

Leave a Reply