Kebanyakan website yang diakses melalui smartphone akan secara otomatis tampil dalam versi mobile, hal ini diimplementasikan untuk tujuan yang positif yaitu, menghemat peggunaan bandwidth data smartphone PemmzHolics. Namun terkadang, kita sering tidak puas dengan tampilan versi mobile dan ingin menampilkan website dalam bentuk yang sama layaknya browsing melalui komputer anda. Atau bahkan beberapa website yang di-convert ke mobile version terkadang  membingungkan untuk diakses dibandingkan dengan desktop version. Berikut ini kami beritahukan bagaimana tips-nya men-Disable Mobile Version !

<

Disable Mobile Version pada iOS

IMG_8355

Browser default iOS yaitu Safari belum menyediakan cara untuk menonaktifkan Mobile Version website, kecuali Anda melakukan jailbreak pada iOS. Cara lainnya adalah dengan men-download aplikasi browser lain di App Store.

IMG_8357

Salah satu browser yang populer di iOS App Store adalah Google’s Chrome. Chrome menyediakan fungsi ini pada tab menu yang bisa diakses dari tab browsing manapun, cukup klik icon Menu dan pilih Request Desktop Site pada drop-down menu yang muncul.

Sayangnya pada Chrome ini, setiap anda berganti website atau tab, anda harus lebih dahulu me-load mobile version dan memilih kembali opsi Request tersebut berulang-ulang. Hal ini tentunya kurang cocok, jika Pemmzholics menginginkan tampilan website Desktop version secara default.

IMG_8358

Alternatif dari kekurangan tersebut telah disediakan oleh browser thid-party lainnya, yaitu Puffin Web Browser. Setelah anda telah menginstall Puffin browser ini, Anda sudah bisa langsung browsing dengan tampilan desktop version secara default dan permanen. Namun sebelumnya, anda harus mengganti User Agent pada menu Setting pada Puffin web browser, lalu ubah menjadi Desktop.

Disable Mobile Version pada Android

Kemudahan langsung diberikan dari Google Chrome pada Android, klik cara yang sama seperti pada Chrome di iOS ( Settings Menu > Request Desktop Site) maka anda sudah langsung bisa mengakses website dalam versi desktop di smartphone anda.

2_270x474

Pada Android Google Chrome, problemnya masih sama, anda tidak dapat men-set tampilan desktop version secara permanen. Bagi anda yang membutuhkan setting tersebut secara permanen, anda bisa kembali men-downloada aplikasi browser third party.

6-puffin-android

Rekomendasi browser tersebut kembali jatuh pada Puffin web browser. Caranya, anda tinggal mengakses melalui Menu pada pojok kanan atas layar > Settings > hilangkan centang pada Mobile Browser Mode.

Disable Mobile Version pada Windows Phone

Matikan browsing versi mobile pada Internet Explorer dengan cara klik More pada IE> More > Settings > dan ubah menjadi Desktop Version pada bagian Website preference.

ie-screen-settings

♣ Selain itu sebenarnya, terdapat cara yang bisa dibilang lebih mudah. Biasanya kebanyakan Mobile Version dari sebuah website menyediakan pilihan “View in Desktop” pada akhir tiap halamannya, dimana Anda bisa langsung mengklik untuk mengubah tampilannya.

IMG_8356

Jangan lupa juga bahwa sebenarnya sebuah website menginginkan performa yang maksimal, lebih cepat, dan mengurangi penggunaan data pada smartphone Anda, sehingga secara default mereka menampilkan versi mobile pada smartphone Anda.. Jadi gunakan secara bijak agar bermanfaat ya PemmzHolics!

Follow us @pemmzfacebook, slideshare

Leave a Reply