Sejak keyboard ini menjadi salah satu pemenang dalam Computex d&i Award, tim Pemmz sudah lama mengincar barang yang satu ini untuk di jadikan sasaran review. Namun awalnya cukup terkejut juga mengetahui harga jual yang di banderol. Tapi hal itu akhirnya bisa di mengerti setelah hand’s-on langsung unit yang di kirimkan ke meja redaksi RnD Pemmz :D.

<

Design

Design

Genius GX-Gaming Manticore memiliki design kombinasi klasik dan simple. Lekukan coating yang ada tak semuanya menyudut, masih bercampur dengan bentuk yang semi membulat. Ukuran dan design tombol juga standar dengan penempatan yang tak banyak di modifikasi. Hanya dedicated macro key, multimedia dan prodile key yang designyya di buat berbeda. Terutama Dedicated macro key, di buat agak unik mirip seperti switch on/off. GX-Gaming Manticore tak di bekali ekstra display panel untuk menunjukan informasi profile macro maupun info media.

Specification

Spec

Fitur

Di Sisi Fitur, Pemmz cukup terkesan dengan segudang fitur yang di tawarkan GX-Gaming Manticore ini. Begitu banyaknya fitur yang ada, membuat Pemmz mengkategorikannya agar lebih enak di baca.

  • Main Features
Fitur utama yang jadi sales poin Genius Manti Core selain fitur Macro nya.
Fitur utama yang jadi sales poin Genius Manti Core selain fitur Macro nya.

Fitur backlit pada GX-Gaming Manticore bisa di katakan sangat mewah. Total anda bisa mengatur warna backlit hingga ratusan kombinasi warna untuk 3 area yang berbeda. Fitur ini mirip dengan yang ada pada keyboard notebook Alienware 2013 edition dan MSI GT series. Selain ratusan kombinasi warna backlit, pengguna juga bisa mengatur intensitas kecerahan backlit. Tersedia 4 preset mulai dari off (0%), 33%, 66% dan 100%.

Aplikasi Manticore
Aplikasi Manticore

Untuk fitur black mechanikal simulation, pemmzchannel tidak bisa berkomentar banyak. Karena tentu saja tidak bisa di samakan filling menggunakan rubber dome dan mekhanikal keyboard. Tangan akan otomatis mengurangi tekanan saat terfikir olah otak jika yang ada di hadapan bukan mekhanikal keyboard. Atau mungkin pemmzholics bisa?

Anti-Ghosting sebenarnya juga bukan fitur yang pemmz suka. Karena selama ini bermain game, jarang sekali menyalahkan salah pencet tombol terutama dalam game FPS. Karena seperti kita tahu, Anti-Ghost di percaya paling bermanfaat untuk gamer FPS. Faktanya, ke akuratan tangan kanan di atas mouse adalah penentu terbesar saat bermain game FPS, benar?

Polling rate pemmz juga no comment, karena belum bisa membuktikan secara tepat klaim yang di berikan oleh pabrikan, dalam hal ini GX-Gaming Manticore di klaim memiliki tingkat Pollling rate 1000 trx per 1ms. Info Pemmz ya jika pemmzholics menemukan aplikasi benchmark untuk menguji klaim yang berhubungan dengan Polling Rate.

  • Macro Features
Fitur Macro pada Genius Manti Core.
Fitur Macro pada Genius Manti Core.

Keyboard Gaming memang wajib membekal Macro Key, terutama yang memungkinkan pemain menyimpan atau berubah mode “On The Fly” tanpa harus keluar dari game yang sedang di mainkan. Disini, GX-Gaming Manticore memberi opsi Macro yang cukup berlimpah. Terdapat 8 dedicated Macro key yang bisa anda konfigurasikan dalam 3 profil berbeda hingga total anda mendapat 24 macro key. Setiap profile yang anda pilih akan di tandai dengan notofikasi pada layar monitor sekalipun anda sedang dalam game. Kurang? anda bisa manfaatkan tombol control, shift dan alt uuntuk di kombinasikan dengan kedelapan dedicated macro hingga anda mendapat tambahan 6 tombol macro lagi.

GX-Gaming Manticore juga di bekali onboard Memory untuk menyimpan preset profil yang anda seting dalam game. Namun sebelumnya anda harus menekan tombol Mater Record untuk mulai merekam alokasi tombol yang di seting. Profil akan otomatis tersimpan dalam “drop-down” list yang terdapat dalam software bawaannya. Anda bisa aktifkan lagi di kemudian hari dengan memilih profil yang anda simpan tersebut melalui software yang sama.

  • Extra Button
Tombol ekstra dan fitur tambahan untuk mendisable windows key juga di adopsi Genius Manti Core.
Tombol ekstra dan fitur tambahan untuk mendisable windows key juga di adopsi Genius Manti Core.

Dari semua tombol ekstra, pemmzchannel sedikit kurang puas dengan area multi media key nya. Di sini, tombol previous dan next nya absen. Padahal tim Pemmz sering memanfaatkan dua tombol ini jika sedang asik menulis review 😀 (males ke Playernya). Fitur Gaming modenya juga bermanfaat buat pemmzholics yang sering secara gak sengaja neken tombol windows. Untuk mengaktifkannya, pengguna perlu mengaktifkan salah satu preset macro key yang di dalamnya sudah terseting “Disable Windows key”.

  • Extra Features
Fitur tambahan pada Genius Manti Core yang kesemuanya fitur premium.
Fitur tambahan pada Genius Manti Core yang sudah umum di temui pada keyboard menengah atas.

Dua buah USB hub, Palm rest yang menyatu (non-removeable), dan konektor USB yang di sepuh emas adalah fitur standar yang sudah banyak di temui di keyboard kelas menengah atas. Khususnya konektor yang disepuh emas, Pemmzchannel sendiri kurang faham arah marketingnya. Poin ini di percaya dapat meningkatkan daya koneksi di banding tanpa bantuan lapisan emas. Namun memang belum bisa di buktikan jika Tambahan lapisan emas dapat membantu kerapatan konektifitas maupun menekan latency. Akan lebih baik jika pabrikan lebih focus pada pelapis kabel yang amat berpengaruh memperkuat sinyal pancar hingga ke keyboard. Yang unik ada pada fitur cable manajemen-nya, GX-Gaming Manticore membuat parit-parit khusus yang bisa di manfaatkan untuk menyelipkan kabel saat tak terlalu butuh ukuran maksimal.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Conclusion

Fitur programmable backlit hingga 16 ribu warna pada 3 area berbeda plus total 24 macro sebagai sales poin utama keyboard ini agaknya belum bisa menjadi alasan kuat Genius membanderol GX-Gaming Manticore di harga USD$ 79. Khususnya di Indonesia, nama Genius belum terlalu sering terdengar di forum maupun komunitas gaming. Lebih tepatnya, genius masih harus berjibaku dengan produsen keyboard gaming berbasis rubber dome lain seperti Power Logic lewat produknya Armaggedon KAI 13. Walaupun jika kembali ke posisi harga plus fitur (di luar design), GX-Gaming Manticore cukup menang telak di banding beberapa keyboard gaming berbasis rubber dome dari merk Corsair ataupun SteelSeries.

Pros :

  • Full Programmable Backlit Keyboard
  • Great Macro Key Option
  • Cable management ready

Cons :

  • Range harga mendekati mechanical Keyboard

Fair :

  • Multimedia Key kurang lengkap

 

Follow us @pemmz, facebook, slideshare

promo Aorus X7 DT GTX 10

5 COMMENTS

Leave a Reply