MSI S20 Ilustrasi

Sejak diperlihatkan pertama kali saat ajang Computex 2012 di Taiwan, banyak yang penasaran kapan MSI Slider S20 ini tersedia dipasar. Ditambah lagi saat pertama kali dipajang, Slider S20 masih menggunakan Windows 8 versi Consumer Preview. Otomatis banyak yang menaruh harapan besar akan performa Slider S20 nantinya saat di bundling dengan Windows 8 resmi. Apalagi menilik nama besar MSI yang sangat kondang dalam mengoptimasi hardware pada produk-produk mereka.

<

Design

MSI Slider S20 Edge to Edge.
MSI Slider S20 Edge to Edge.

Dimention.

Pada bagian belakang, terdapat stiker yang menjelaskan beberapa poin spesifikasi teknis. Yang unik, MSI mengkategorikan Slider S20 sebagai “SLIDER PC”. Mungkin terinspirasi designnya. Sayangnya, bunyi gesekan saat proses buka tutup slide cukup mengganggu. Mungkin bobot bagian LCD yang di topang cukup berat, hingga belum memungkinkan sehalus slide pada handphone. Total berat Slider S20 adalah 2.3 Pounds atau sekitar 1kg dengan ketebalan 0.78-inches atau sekitar 2 cm (diukur dari sisi yang paling menonjol)

MSI S20 Port 1
Integrated Port.

Untuk sebuah tablet, Slider S20 terbilang lengkap dan up to date. Dua buah port USBnya versi 3.0, Audio port jenis Combo, Sebuah konektor Mini HDMI, Charging Port dan Tombol Power ditempatkan sejajar di sisi sebelah kanan. Selain dibekali Bluetooth dan WiFi tentunya, Slider S20 juga masih dibekali Onboard Gigabit LAN dengan kontroler dari Realtek yang port nya bisa anda temukan di sebelah kiri. Sedangkan di bagian belakang terdapat sebuah SD Card Reader yang sebaris dengan volume key dan Auto Rotate switch. Sayangnya peripheral ini tak dapat membaca media card lain selain SD Card.

Tombol Windows, satu-satunya di area LCD.
Tombol Windows, satu-satunya di area LCD.
Webcam, Webcam Light dan Ambient Sensor.
Webcam, Webcam Light dan Ambient Sensor.

Pada upper case yang menyatu dengan LCD, hanya bisa anda temukan sebuah tombol WIndows yang bersebelahan dengan Logo MSI. Tentu saja tombol ini berfungsi kala Slider S20 dirubah ke mode tablet. Pada bagian atas panel LCD, terdapat webcam 720p yang hasil tangkapannya tergolong biasa saja. Disebelah webcam, anda bisa temukan sebuah LED Flash dan sebuah light sensor.

Hardware & Performa

Berikut adalah spesifikasi Slider S20 yang kami review :

  • Intel Core i5 3317U @ 1.7GHz
  • 4GB DDR3
  • 128GB m-SATA SSD
  • 11,6″ 1920×1080 pixel IPS display with a 10-point capacitive multitouch
  • WiFi b/g/n, WiDi and Bluetooth 4.0 radios
  • 3-cell 3900mAh battery

MSI Slider S20 tidak dibekali touchpad yang artinya, kualitas layar sentuh menjadi tumpuan pengguna saat berpindah dari menu ke menu. Plus 10 point Multi-touch yang sangat membantu kala anda memerlukan kontrol penuh dari kesepuluh jari anda. Dengan kualitas IPS LCD, menikmati suguhan gambar maupun video pada MSI Slider S20 terasa sekali lebih leluasa. Apalagi dengan kemampuan resolusi hingga 1920×1080, segalanya terlihat sangat tajam walau diagonal LCD hanya 11.6″. Sayangnya, dengan PPI yang sangat rapat, perlu pembiasaan ekstra untuk anda menaklukan Ultrabook unik yang segera dirilis worldwide Q1 2013. Hal lain yang masih sedikit mengganjal adalah, kinerja touchscreen yang terkadang kurang responsif. Maklum saja, untuk LCD 11.6″ beresolusi Full HD, diperlukan performa digitizer yang extra mumpuni.

PCMark 7 Benchmark result.
PCMark 7 Benchmark result.

Dengan spesifikasi yang tak jauh berbeda dengan Lenovo Yoga 13, hasil pengujian general via PCMark 7 juga tak terlalu terpaut jauh walau MSI Slider S20 harus mengakui Yoga 13 sedikit lebih perkasa. Penggunaan single m-SATA drive pada MSI Slider S20 bija jadi turut menyumbang hasil akhir ini.

Sudah dapat diduga performa sebuah Intel HD 4000.
Sudah dapat diduga performa sebuah Intel HD 4000.
Pada real use, battery bisa bertahan hingga 5 jam.
Pada real use, battery bisa bertahan hingga 5 jam.

Conclusion

Produk ini sepertinya akan menjadi pajangan etalase yang sangat menggiurkan. Walaupun ada beberapa produk yang memiliki konsep dan spesifikasi serupa seperti Sony VAIO Duo 11, namun MSI Sider S20 tentu punya daya tarik sendiri, seperti warna putih glosy pada seluruh body contohnya. Jika saja MSI menambahkan sebuah mini trackpad, kami rasa akan memperkaya user experience saat Slider S20 digunakan dalam mode Ultrabook.

Pros :

  • Full HD Resolution
  • Long Battery Life

Cons :

  • No Trackpad

Fair :

  • DPI yang rapat menuntut waktu penyesuaian.
promo Aorus X7 DT GTX 10

Leave a Reply