3220-windows-blue-screen-WallFizz

Seperti yang kita tahu, blue screen pada layar komputer kita adalah pemandangan yang sangat tidak diinginkan dan menyebalkan. Layar biru pada Windows ini bisa muncul ketika system Windows gagal melewati critical error yang terjadi, sehingga proses reboot system dibutuhkan dan seringkali mengganggu bahkan menghilangkan data yang sedang kita kerjakan. BSOD merupakan type error terburuk yang terjadi pada komputer, karena error ini akan mematikan seluruh system. Oleh karena itu, Pemmz akan membahas lebih jauh segala hal dan penyebab BSOD..

<

Apa yang menyebabkan terjadinya Blue Screen of Death?

Umumnya Blue Screen terjadi dikarenakan adanya problem pada hardware komputer atau juga problem pada software driver milik hardware. Software atau aplikasi standard selain software driver hardware biasanya tidak akan bisa menyebabkan komputer mengalami blue screen, karena jika terjadi error pada software/aplikasi biasa, ia akan crash dengan sendirinya tanpa mengikutsertakan error pada system operasi. Blue screen disebabkan oleh masalah dan error pada hardware yang juga disertai software driver yang bermasalah dengan Windows.

Layar biru terjadi ketika Windows mengalami “STOP error”, sebuah kegagalan critical yang menyebabkan Windows crash dan berhenti bekerja. Satu-satunya yang bisa Windows lakukan adalah dengan mematikan system komputer dan me-restart nya. Dan jika hal ini terjadi, Anda bisa saja kehilangan data, karena program yang sedang anda jalankan tidak sempat untuk menyimpan data yang sedang anda kerjakan, kecuali jika program tersebut memiliki fitur auto-save.

Ketika blue screen terjadi, Windows secara otomatis akan membuat sebuah file “minidump” yang berisi informasi tentang crash dan disimpan pada drive anda. Anda bisa mencari tahu dari informasi pada file minidump ini untuk membantu pengidentifikasian penyebab blue screen.

Windows Restart saat terjadi BSOD

Sesuai default-nya, Windows akan me-restart komputer secara otomatis saat mengalami blue screen of death. Maka dari itu, jika anda tidak sadar dan melihat komputer anda restart tanpa sebab tertentu, bisa dipastikan blue screen terjadi di system anda. Dengan otomatis retart tersebut, tentunya membuat anda sulit untuk melihat error message yang biasanya ditampilkan pada si layar biru. Bagi anda yang penasaran dan ingin melihat detail dari error message pada BSOD, anda bisa mematikan reboot otomatis dari BSOD tersebut pada Windows Control Panel.

bsod restart

Cara melihat Informasi dari Minidump BSOD

Anda bisa membaca pesan dan informasi dalam minidump melalui Windows Event Viewer, namun aplikasi bawaan Windows ini menjadikan informasi blue screen tampil secara acak bercampur dengan system log message lainnya. Untuk lebih mudahnya lagi, software BlueScreenView dari NirSoft dapat mempermudah anda untuk melihat informasi yang terdapat pada minidump BSOD. Selain itu, jika anda sudah memiliki program Microsoft Windows Debugging, anda juga bisa menggunakannya untuk membaca informasi minidump dengan mudah, jika belum maka Anda bisa mendownload dan menginstall-nya terlebih dahulu.

Dump File.png

Download NirSoft BlieScreenView

Download Windows Debugging Tools

Troubleshoot BSOD

Pada Windows 7 dan Windows 8, informasi dari blue screen juga ditampilkan pada Action Center, disana Anda bisa langsung mengecek solusi atas blue screen yang terjadi. Windows akan menganalisa BSOD dan tipe error yang terjadi pada komputer anda, dan menyerahkan toubleshoot pada Windows agar bisa menampilkan informasi tentang bagaimana cara memperbaiki masalah yang terjadi.

Cara lainnya adalah dengan mencari informasi BSOD dari kode error yang ditampilkan pada layar biru, contoh kode tersebut misalnya “

* PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA” , lalu mencari jenis error tersebut di internet. Namun kini, Windows 8 telah memiliki tampilan blue screen terbaru yang lebih simple, user friedly, dan memudahkan pengguna, dimana layar biru ini menampilkan pesan dan kode error yang juga mengajak anda untuk melakukan internet search untuk mencari tahu error tersebut.


BSOD memiliki berbagai jenis akar penyebab, oleh karena itu tips-tips berikut ini mungkin berguna bagi Pemmz Holics yang sering menghadapi blue screen :

  1. Menjalankan System Restore – Jika komputer Anda sering mengalami blue screen, gunakan System Restore untuk me-rollback system software pada posisi sebelum error. Cukup cari System Restore pada Windows dan disana Anda bisa memilih restore point yang diinginkan.
  2. Update Driver – Driver yang ter-install dengan salah atau driver yang masih memiliki bug merupakan salah satu penyebab BSOD. Download dan install driver terbaru hardware anda dari website resmi produsen-nya.

  3. Boot Into Safe Mode – Jika komputer anda selalu mengalami blue-screen setiap kali dinyalakan, cobalah untuk booting ke dalam Safe Mode. Pada Safe Mode ini Windows hanya akan menjalankan driver bawaan, dan jika penyebab BSOD adalah driver yang anda install sebelumnya, maka driver tersebut tidak akan berjalan pada Safe Mode, sehingga anda dapat memperbaiki masalah yang terjadi dalam Safe Mode ini.

  4. Cek masalah pada Hardware – Blue screen dapat disebabkan karena kesalahan pada hardware anda, cobalah untuk melakukan testing pada berbagai hardware atau hardware yang baru anda tambahkan ke komputer anda.

  5. Reinstall Windows – Menginstall ulang Windows adalah pilihan terakhir dan krusial, dimana Anda harus rela kehilangan data yang mungkin belum tersimpan namun sekaligus mendapatkan system baru yang fresh. Namun jika anda masih mengalami blue screen setelah menginstall ulang Windows, bisa dipastikan bahwa masalah nya terdapat pada hardware Anda.

Cukup sekian segala hal penting tentang Blue Screen of Death yang bisa kami jabarkan di Pemmz Online Workshop, kesimpulannya komputer yang bekerja secara normal tidak akan mengalami blue screen, namun tidak ada software atau hardware yang sempurna. Bahkan komputer yang biasanya normal saja terkadang terkena blue screen di waktu tertentu yang bisa disebabkan oleh bug driver atau masalah hardware yang tidak terlalu berarti. Namun jika Anda hanya mengalami blue screen sekali dalam setahun, anda tidak perlu khawatir Thumbs up. Jika anda memiliki informasi penting lainnya bisa anda tambahkan di kolom komentar dibawah ini..

promo Aorus X7 DT GTX 10

Leave a Reply