Madcatz Cyborg R.A.T. 9 Gaming Mouse Review

r9_4

RAT 9

Mouse dengan design yang unik memang masih terbilang sedikit. Mungkin hal ini yang coba di isi oleh pabrikan Madcatz, sebuah pabrikan yang mengkhususkan memproduksi periphral gaming seperti keyboard, mouse, joystik, hingga headphone gaming. Lewat salah satu produk mouse gaming mereka yang sudah cukup punya nama yakni RAT Series, Madcatz mencoba memberi pilihan sebuah mouse gaming dengan konsep Customizable. Bagi anda yang pernah memiliki atau minimal pernah mendengar tentang produk ini, pasti sudah mengerti bahwasanya Customizable yang ditawarkan disini lebih untuk memberi pilihan yang paling nyaman  saat digunakan. Nah untuk anda yang belum pernah tahu, kali ini Pemmz mencoba mereview salah satu seri terbaru dari keluarga Cyborg RAT, yakni RAT 9.

<

  • Wireless With less Delay

Yang paling menjadi concern saat memilih peripheral gaming adalah tingkat responsifitasnya. Karena kita semua tau, sepersekian detik saja perbedaan waktu, sangat berharga saat bermain game, khususnya untuk penyuka game FPS. Nah, seperti kita juga sama-sama tahu, koneksi wireless sangat-sangat rawan akan hal delay. Maklum, seringkali ada saja interferensi yang membuat sambungan antar transmiter dan receiver terputus. Dan parahnya, untuk proses engaged ulang, terkadang tidak langsung berhasil, dan disanalah delay koneksi (latency) muncul.

  • Zero Latency 2.4Ghz Wireless Technology

Meskipun menggunakan frekuensi 2.4GHz yang umum di gunakan, namun pihak Madcatz memberi jaminan bahwa produk ini bebas hambatan. Dalam arti, pengguna diberikan jaminan seakan-akan menggunakan koneksi kabel.

  • Dilengkapi dengan Wireless Receiver Multifungsi

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Bentuk wireless receiver pada R.A.T. 9 ini cukup unik dan terbilang besar. Hal ini mungkin karena wireless receiver ini memiliki beberapa fungsi selain sebagai USB wireless receiver, namun juga sebagai Charging Dock, dan juga Dock cartridge pemberat mouse. Hal ini tentunya akan membuat aksesibilitas pada baterai dan pemberat lebih cepat dan mudah dibawa-bawa.

Demi mendukung non-stop gaming, MadCatz menyertakan 2 buah baterai lithium-ion, jadi jika salah satu baterai sedang dipakai, anda bisa men-charge baterai satunya lagi pada charging dock, dan jika yang dipakai sudah habis, anda bisa menukar posisinya kembali. Sebuah baterai R.A.T. 9 ini mampu bertahan hingga 9 jam pada penggunaan gaming secara terus menerus dan sanggup hingga 4 hari dalam penggunaan normal. Mouse ini pun akan menampilkan indikator yang berkedip, saat battery telah hampir habis, memungkinkan penggantian battery pada saat yang tepat, dan tidak mengganggu permainan anda.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

  • Interchangeable Pinkie Grip & Palm Rest

Seperti yang sudah dibahas, bahwa mouse ini sangat customizable, demi kenyamanan penggunanya yang berbeda-beda. Disinilah fisik hardware R.A.T. 9 yang bisa diubah-ubah tersebut akan kami tunjukkan. Mouse ini memiliki 3 buah Pinkie Grip dan 3 buah Palm Rest berbeda, dimana bisa anda pilih kombinasinya sesuka hati. Berikut ini adalah detail perbedaan yang dimiliki pinkie grip dan palm rest R.A.T. 9 :

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

3 Palm Rest:

1.  Memiliki lapisan matte finish yang sama halusnya pada body R.A.T.

2. Memiliki lapisan rubber yang bertekstur untuk memperkuat grip telapak tangan.

3. Dengan lapisan matte finish halus yang sama dengan nomor 1, namun dibuat lebih tinggi 4 mm.

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

3 Pinkie Grip:

1. Memiliki lapisan matte finish dan halus seperti pada body R.A.T.

2. Memiliki lapisan rubber yang bertekstur untuk memperkuat grip di jari kelingking.

3. Memiliki bahan lapisan yang sama yaitu matte finish halus, namun dibuat seperti bentuk sayap, sebagai penyangga kelingking anda untuk meningkatkan grip saat sedang bermain game.

Selain itu pada bagian thumb/ibu jari juga bisa anda modifikasi dengan cara menggesernya kearah depan dan belakang, dan juga menariknya ke arah luar untuk menghasilkan tingkat kemiringan yang sesuai. Semuanya untuk mencocokkan bagaimanapun cara tangan anda memegang mouse, baik palm ataupun claw.

  • Custom Weight 

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Pilih sendiri jumlah keberatan mouse anda, jika kurang terasa berat, MadCatz menyediakan 7 buah besi pemberat yang masing-masih memiliki berat sebesar 6 gram. Memang fitur ini tidak terlalu asing untuk sebuah gaming mouse, namun yang lebih uniknya adalah, anda bisa membawa pemberat yang tidak dipakai pada container nya yang bisa disimpan juga pada dock receiver.

  • Precision Aim Mode

Yang satu ini adalah salah satu fitur yang memang dikhususkan untuk para gamer FPS. Anda bisa mengaktifkan mode ini dengan menekan tombol berwarna merah yang ada di bagian thumb/ibu jari. Fungsinya adalah untuk mengkatifkan mode precision dimana mouse akan secara otomatis menurunkan dpi nya. Hal ini sangat berfungsi saat anda sedang berperan menjadi sniper, tekan tombol ini untuk mengecilkan pergerakan mouse dan dapatkan headshot dengan tepat.

  • Buttons

Mouse ini memiliki total tombol sebanyak 8 buah, 6 diantaranya dapat di re-program melalui ST software yang dapat di-download dari website MadCatz. Tombol yang paling unik disini adalah tombol thumb scroll, sebagai alternatif tombol scroll yang biasanya digunakan dengan jari telunjuk, thumb scroll ini bisa anda fungsikan jika ingin menggunakan scroll dengan ibu jari anda.

Pada software nya pun anda bisa mengatur dan mengubah fungsi-fungsi dari setiap tombol. Baik diprogram untuk menjalankan macro yang telah anda rekam, ataupun menjalankan hotkeys dan shortcut program. Tombol-tombol yang telah anda program tersebut dapat disimpan dalam 3 profil yang berbeda. Ketiga profil ini dapat anda akses secara langsung / on-the-fly dengan menekan tombol switch profil yang berlogo cyborg tepat di sisi kiri dari klik kiri mouse ini. Ketiga profil tersebut akan dibedakan dalam 3 warna merah, biru, dan ungu.

Setting sensitivity pada mouse ini juga dapat diakses pada ST software, disana anda bisa menyimpan 4 level sensitivity yang diinginkan mulai dari 25 dpi – 64000 dpi, lalu kemudian dapat diakses on-the-fly pada tombol dpi yang berposisi di bawah tombol scroll. Untuk mengetahui level Dpi yang sedang digunakan, terdapat juga led dpi berwarna merah disisi kiri mouse.

Overall, mouse yang berbahan metal chassis pada kerangkanya ini sangat unik dan modern untuk para gamers. Ditambah dengan software dan hardware yang customizable sebagai kunci utamanya, sudah tentu para penggunanya akan lebih mudah menyesuaikan kenyamanan tangan-nya. Salah satu hal yang menjadi kekurangan dari R.A.T. 9 ini adalah baterai nya yang hanya mampu bertahan 9 jam, walaupun dapat langsung diganti jika habis, namun untuk melepas baterai dari mouse ini terasa cukup sulit dan licin, karena tidak ada penyangga khusus untuk mencabut baterainya.

Saat dicoba bermain game, Response time dari wireless  mouse ini juga berjalan dengan baik, tanpa pernah mengganggu jalannya permainan. Berbagai pinkie grip dan palm rest yang disediakan sangat membantu untuk grip mouse yang lebih nyaman dan presisi. Bagi anda yang sedang mencari mouse gaming wireless dan sering bosan dengan bentuk mouse yang begitu-begitu saja, Cyborg R.A.T. 9 ini layak menjadi pilihan teman bermain anda.

 

1 KOMENTAR

Tinggalkan Balasan