index6_1

Web Browser atau aplikasi penjelajah internet sekarang ini pastinya sudah jauh lebih berkembang daripada awal-awal kehadirannya di masa lalu. Browser terbaru saat ini telah meng-implementasikan berbegai variasi fitur yang canggih dan sangat berfungsi untuk mendukung tampilan website sekarang ini. Memang mungkin beberapa dari anda sudah ada yang pernah mendengar atau mengetahuinya, namun kebanyakan orang justru tidak pernah mendengarnya, maka itu kali ini akan kami bahas beberapa teknologi web terbaru yang telah disediakan oleh web browser.

<

1. Drag and Drop untuk meng-upload

Banyak website sekarang ini yang memudahkan anda untuk meng-upload file atau foto hanya dengan drag n drop, atau menggeser dan menjatuhkan file ke dalam browser window, ini merupakan sebuah fitur yang sangat membantu dan mempercepat proses sharing, daripada kita harus mengklik browse / choose file terlebih dahulu kan?!

drag-and-drop-to-upload

2. Render 3D Graphic pada browser

Browser seperti Chrome dan Firefox kini telah support WebGL, yang memungkinkan halaman website untuk me-render 3D grafik tanpa memerlukan plugin apapun. WebGL biasanya digunakan untuk bermain game, dan 3D model, namun contoh website 3D grafik yang paling populer adalah Google Maps. Ditambah kelebihan lain jika membuka Google Maps pada Chrome, anda bisa menyalakan “MapsGL”, sehingga Google Maps nantinya akan dirender oleh OpenGL, dan menghasilkan animasi yang lebih smooth. Pada mode Street View, anda akan melihat animasi saat sedang zoom in, Street View mode juga akan dirender oleh OpenGL, bukan Adobe Flash.

Contoh lainnya adalah pada game web browser Quake 3, engine dari Quake 3 ini sudah diadaptasi untuk bekerja dengan WebGL pada browser, game web ini juga mengaktifkan pointer lock / mouse lock, untuk mengunci pointer mouse anda untuk tetap di dalam area game.

quake-3-in-webgl

3.  Komunikasi dengan WebSocket

Fungsi dari WebSocket adalah mengijinkan sebuah halaman web untuk berkomunikasi secara dua arah dengan web server melalui TCP connection, sehingga dapat mengurangi latency dan traffic network ketika sebuah halaman web ingin bertukar data dengan server.

Salah satu website yang menggunakan WebSocket adalah game milik Mozilla yaitu BrowserQuest, memungkinkan game ini untuk berjalan pada browser anda dan mengirimkan log dan berkomunikasi dengan server secara dua arah. WebSocket juga telah digunakan pada IRC client yang berjalan pada browser.

browserquest-connecting-to-server

4. Memainkan Video dan Musik tanpa Flash

HTML 5 sudah cukup banyak menarik perhatian, Sudah banyak orang yang tahu bahwa sekarang ini kita bisa menjalankan video dalam format H.264 (MP4), WebM, dan Ogg Theora tanpa perlu menginstall software Flash. Banyak website viideo termasuk Youtube, menawarkan pemutar video berbasis HTML5.

tumblr_l7ewldNnqR1qculc7o1_500

5. Menjalankan aplikasi web secara offline

Browser kini dapat menjalankan aplikasi web secara offline, dimana browser menyediakan penyimpanan database secara lokal, sehingga anda aplikasi tersebut tetap dapat mengakses data anda. Sudah cukup banyak aplikasi web yang dimiliki oleh Google termasuk GMail, Docs, dan Calendar yang dapat diakses secara offline walau khusus untuk Chrome saja. Aplikasi lain seperti Amazon’s Kindle Cloud Reader dapat digunakan juga secara offline pada browser lain misalnya Firefox. Kindle Cloud Reader akan men-download terlebih dahulu eBooks yang anda inginkan, dan nantinya akan bisa anda baca secara offline di browser anda, tanpa mesti terhubung internet.

kindle-cloud-reader-offline

6. Mengakses webcam dan video conference

Sebuah halaman website kini dapat mengakses webcam anda, tentunya dengan seijin anda. Sebuah website dapat menggunakan fitur ini untuk mengambil foto menggunakan webcam anda, saat anda ingin merekam video atau mengambil gambar diri. Beberapa aplikasi atau website yang mengakses webcam anda nantinya akan semakin mudah mengakses webcam tanpa perlu menginstall plugin tambahan, seperti Google Hangout atau Skype, mereka akan berjalan secara otomatis di browser.

05_-_Chrome_Apps_-_Google_Hangout_610x381

7. Menampilkan Pop-up Notifikasi

Kini browser telah menyediakan fitur desktop pop-up notifikasi untuk para website yang membutuhkannya. Contohnya, Google Calendar dapat menampilkan notifikasi pop-up pada layar ketika anda sudah menyimpan alarm pengingat event sebelumnya. Chat dan website email juga dapat menampilkan notifikasi pop-up untuk memberitahukan anda bahwa ada pesan baru yang masuk.

google-calendar-reminder-pop-up

8. Mengidentifikasi lokasi anda

Beberapa website sekarang ini bisa meminta ijin anda untuk dapat mengakses lokasi dimana anda berada. Jika anda menggunakan sebuah teblet ataupun perangkat lain yang memiliki GPS chip, browser akan menggunakan GPS hardware tersebut untuk mengidentifikasi lokasi anda. Pada perangkat yang tidak memiliki GPS chip, nama jaringan terdekat anda atau lokasi dari ISP anda akan digunakan untuk menentukan kira-kira dimana posisi anda. Geolocation ini dapat membantu atau menggantikan kebiasaan anda yang biasanya mengetikkan alamat anda pada website yang membutuhkan. Sehingga website yang membutuhkan lokasi anda dapat menampilkan content yang sesuai dengan lokasi secara otomatis.

google-maps-geolocation

9. Menjadikan web aplikasi sebagai aplikasi default

Browser kini mengijinkan anda untuk memilik aplikasi website sebagai aplikasi default, misalnya pada aplikasi Gmail di browser, anda bisa menjadikannya sebagai aplikasi default pengirim email, ketika anda menemukan alamat email di komputer anda, anda bisa langsung mengklik alamat itu untuk mengirim email, bahkan dari alamat email yang anda dapatkan di luar browser sekalipun.

10. Menjalankan native code pada browser

Browser Chrome memnyertakan Googles’s Native Client, yang mengijinkan halaman web untuk menjalankan native code dalam bahasa seperti C atau C++. Native Client ini digunakan agar halaman website dapat memiliki performa tinggi saat menjalankan engine game atau local video encoding. Web Store pada Chrome menyajikan banyak variasi game yang ditulis dengan Native Client, termasuk game berjudul Bastion.

Mungkin masih banyak lagi teknologi dan fitur terbaru dari web browser yang belum tertulis diatas, namun dari seluruh fitur tersebut tentunya memudahkan dan menambah pengalaman aktifitas browsing internet kita sehari-hari kan!?

promo Aorus X7 DT GTX 10

Leave a Reply