Performa game Lag atau Low FPS? Apa bedanya?

Low FPS gaming

Sangat sering dijumpai pada gamers online game yang menggunakan istilah “lag”, untuk setiap masalah apapun pada performa game yang dihadapinya saat sedang bermain. Namun kebanyakan dari mereka sering salah kaprah dengan men-cap semua masalah pada game nya dengan kata lag. Sebelum menuduh yang bukan-bukan, cek dulu frame rate komputer kamu, jika frame rate –nya rendah itu bisa disebut dengan Low FPS. Lag dan Low FPS adalah 2 masalah yang berbeda dari sumber yang berbeda pula.

Berikut ini kami jelaskan lebih mendalam tentang perbedaan keduanya, agar Pemmz Holics dapat segera mengidentifikasi problem-nya dan bisa lebih cepat dicari jalan keluar untuk memperbaikinya.

Low FPS adalah masalah pada Komputer.

LG Gaming Monitor Campaign

diablo_3_frame_rate

Low frame per second (FPS) atau angka FPS yang rendah biasanya menyebabkan tampilan grafis game menjadi lebih lambat dan patah-patah yang pastinya akan membuat mata anda tidak nyaman saat bermain game. Pada FPS yang lebih rendah lagi, anda akan menyaksikan bermain game layaknya menonton slideshow yang dimana setiap perpindahan frame nya terlihat jelas di layar anda dan semakin tidak halus.

Masalah frame rate ini bukanlah disebabkan oleh problem koneksi internet dan jika anda mengalami Low Frame Rate sudah jelas itu bukanlah “Lag”. Disini komputer anda-lah yang telah gagal untuk dapat menjalankan game dengan mulus. Anda mungkin membutuhkan hardware terbaru, seperti VGA, RAM atau CPU terbaru dan lebih baik dari sebelumnya. Penyebab lainnya, bisa saja Hard Disk anda yang bermasalah dan berjalan lambat karena anda juga menjalankan banyak software sampah pada background yang tentunya memakan resource besar.

Lag adalah masalah pada koneksi internet.

server list

Sekali lagi, lag bukanlah suatu masalah yang disebabkan olek performa komputer, melainkan disebabkan oleh koneksi jaringan internet. Sehingga koneksi game yang anda mainkan dengan server game tersebut mengalami gangguan dan akhirnya permainan game online anda terganggu. Masalah ini bahkan bisa menjadi lebih parah jika lokasi server game tersebut jauh dari lokasi anda bermain, tentunya terdapat perbedaan latency atau ping antara server game lokal di Indonesia dengan server Internasional. Semakin tinggi ping anda, maka semakin lag atau tidak lancar permainan anda.

Karena masalah Low FPS berbeda dengan Lag, maka bisa saja koneksi game anda mengalami Lag, namun FPS anda masih tinggi. Contoh lag yang dialami misalnya pada multiplayer game, game anda mungkin masih berjalan dengan lancar, namun kita bisa melihat pemain lain terlihat berjalan ditempat saja atau berpindah-pindah lokasi tanpa terlihat saat mereka bergerak. Jika anda bermain game First Person Shooter, pada saat anda menembak bisa menjadi sulit atau miss, itu dikarenakan latency anda yang sangat tinggi yang membuat tembakan anda sampai ke sasaran musuh dalam waktu yang tidak tepat, karena musuh sebenarnya sudah terlebih dahulu menghindar. Semua lag yang disebabkan latency itulah yang membuat aksi dan gerakan anda dalam game ditampilkan menjadi delay dalam beberapa saat.

soapbox-lag090420a_1240237232

Low FPS dan Lag seringkali dihubungkan.

1354288030_6384_endoftheworld

Low FPS dan lag seringkali terjadi secara bersamaan dan membuat masalah semakin runyam. Sebagai contoh, saat anda bermain game MMORPG dan karakter anda berdiri di tengah kota penuh dengan karakter lainnya yang berjalan di sekitar anda, anda bisa saja mengalami Low FPS dan juga lag. Lag terjadi karena koneksi ke server terlalu penuh dan sibuk memproses banyaknya karakter yang berkumpul di suatu tempat, sedangkan low FPS dapat terjadi karena komputer anda berusaha keras untuk menampilkan gambar karakter-karakter lain yang banyak dan terus bergerak pada layar anda. Pada kasus ini low FPS dan lag memang memiliki penyebab yang sama, yaitu game yang dimainkan tidak sanggup / berjalan dengan berat untuk menampilkan banyak player secara bersamaan. Dan disinilah yang membuat para gamers bingung dan menganggap Low FPS dan Lag adalah hal yang sama.

Mengapa hal ini sangat penting untuk anda ketahui?

Hal ini bukan hanya pembahasan sebatas penggunaan kata istilah yang salah, namun agar dapat dimengerti perbedaan antara kedua hal ini (Low FPS dan Lag), sehingga jika hal ini terjadi pada Anda suatu hari, anda dapat segera mengetahui sumber masalah dan dapat lebih mudah memperbaiki masalah yang terjadi.

Conclusion..

Jika anda mengalami low FPS, maka hardware komputer anda lah yang sedang tidak sanggup menjalankan performa game dengan baik, atau anda memiliki banyak software tidak penting yang berjalan pada background. Masalah ini dapat anda tangani dengan meng-upgrade hardware komputer anda, menutup semua aplikasi lain saat bermain game, atau mengurangi setting kualitas grafis pada game.

Namun jika anda mengalami Lag, itu berarti masalah terjadi pada koneksi internet anda. Yang dapat anda lakukan adalah menunggu sampai jaringan internet anda kembali normal, berpindah ke server game lokal (yang lebih dekat), atau memperbaiki masalah pada jaringan lokal anda.