Original Game di PC memang tergolong langka di Indonesia, bahkan bisa dibilang hampir tidak ada, karena Game pirate sangat merajalela di Indonesia ini, Namun mungkin bagi diantara anda yang memang ingin tahu bagaimana cara mendapatkan game original dengan sangat mudah, bahkan anda pun tidak perlu pergi keluar rumah untuk membelinya. Solusinya yaitu menggunakan Game Client, game client ini merupakan Toko yang menjual Games secara Online dalam bentuk Digital, jadi anda hanya perlu melakukan download pada game yang sudah anda beli pada game client tersebut. Game client memang merupakan solusi bagi anda yang memang ingin menikmati Original PC games.

<

Tentunya ada diantara anda yang bertanya-tanya apakah saya perlu menggunakan original? Jawaban singkatnya adalah Ya. Namun jika ada menganggap pirate game sudah sangat cukup pun, itu semua mutlak keputusan anda.

Mengapa Original?

Mengapa seorang gamer sejati perlu game Original? Sebenarnya apa kelebihan yang kita dapat dengan membeli sebuah game original? Berikut adalah beberapa manfaat yang anda pasti dapatkan jika membeli Game original :

Dukungan support dari developer pembuat game, paling utama berupa Patch terbaru untuk memperbaiki kinerja dan bug dalam game hingga anda selalu merasakan pengalaman bermain game yang paling optimal. Patch yang anda dapat pastinya bersifat real time dan otomatis. Hingga anda tak perlu berkeliaran di forum-forum online untuk mencari dan menempelkan secara manual. Seperti yang biasa dilakukan gamer yang menggunakan versi bajakan.

Dapat menikmati seluruh fitur  bermain Online (jika fiturnya tersedia). Hampir rata-rata developer game saat ini sudah memberikan opsi Multiplier. Baik dalam mode offline maupun online. Terutama untuk bermain game multiplier secara online, bagi anda yang menggunakan versi original, tentunya dengan leluasa dan tanpa perasaan was-was bisa menggunakan seluruh fitur yang disediakan developer. Jauh berbeda dengan pengguna versi bajakan, bahkan ada yang harus mematikan terlebih dahulu koneksi internet mereka sebelum memulai bermain games.

– Mendapatkan build quality dari Box retail dan cover yang bagus, serta kualitas kepingan DVD yang tahan lama.

Membeli Original Game berarti anda menghargai hasil usaha Developer yang membuatnya sedemikian rupa. Hal ini yang sudah semakin tak di hiraukan oleh kebanyakan gamer di seluruh dunia termasuk Indonesia. Manusia tak akan pernah merasa puas. Dan ketika diri kita menuntut hal yang lebih menantang lagi dari versi sebuah game, namun kita tak pernah mendukung secara meteril para developer yang telah bersusah payah membuat game, siap-siap gigit jari karena mungkin saja sang developer sudah gulung tikar.

Terdapat Limited/Collector Edition yang berisi tambahan bundle berupa fisik ataupun content. Poin ini seharusnya banyak diperlukan saat seorang gamer ingin menamatkan sebuah game dengan predikat “perfect”.

Dari uraian diatas dapat dilihat berbagai keuntungan dalam membeli Game Original secara Retail. Adapun keuntungan seperti yang sudah disebutkan diatas masih akan ditambah lagi dengan berbagai tawaran khusus dari melalui game client, seperti Steam, Origin, GOG dan lainnya. Tiap-tiap Game client memiliki keunikan tersediri dalam content yang mereka tawarkan, karena selain konten dari gamesnya itu sendiri, pada game client biasanya terdapat penawaran khusus yang memang exclusive dari marketing game client tersebut terhadap subscribernya.

Fitur-fitur yang ditawarkan oleh game client biasanya seperti :

  • Promo Khusus Time Based. Contohnya, pada tiap minggu ditawarkan diskon misalnya 50 % hanya untuk transaksi online selama minggu yang ditentukan.
  • Promo Free Game. Misalkan selama 3 hari diwaktu Weekend, subcriber bebas memainkan game terpilih gratis selama 3 hari. Biasanya Jumat, Sabtu dan Minggu.
  • Promo Bundel yang sangat murah. Misalkan untuk Game Doom series, Dengan satu harga spesial, selain mendapat seri terbaru Doom, subscriber berhak mendapatkan beberapa seri lampau.
  • Automatic Patch Update. Biasa dilakukan secara automatis saat subscriber mulai menjalankan game, khususnya game yang dibeli dari game client tersebut.
  • Cloud System Storage. Anda tidak perlu sibuk memindahkan progres game yang telah tercapai saat harus berpindah mesin game lain (misal Notebook Gaming). Karena progres game yang tersimpan akan tersinkronisasi secara automatis.
  • Exclusive Akses untuk mendownload Mod jika tersedia pada game-game tertentu.
  • Purchase Everywhere. Kemudahakan bagi anda untuk dapat membeli Game. Karena ini bersifat online, maka anda dapat membeli dimana saja tanpa harus keluar rumah (melalui Internet tentunya) .
  • No Disc Required. Jadi anda tidak perlu khawatir kehilangan atau mendapati keping yang rusak.
  • Komunitas Online yang didapatkan dari Game client melalui sesama subcriber.

Masih banyak lagi sebenarnya kemudahan yang ditawarkan dari game Client yang tidak dapat disebutkan. Namun poin-poin diatas adalah sebagian besar keuntungan yang utama.

Kesadaran dalam membeli game original memang merupakan keputusan dari masing-masing individu, Namun ini juga merupakan Note untuk para publisher game jikalau mereka juga harus lebih gencar memperkenalkan Game mereka di tiap-tiap region negara. Bisa dengan berbagai cara ataupun promo yang berhubungan dengan kontent dengan tujuan membuat gamer lebih tertari. Sisi marketing juga harus lebih kuat lagi, khususnya untuk Game PC yang boleh dibilang cenderung turun masa nya dari tahun-tahun belakangan ini.

Tips – tips sebelum membeli Game baik online melalui Game Client maupun Retail :

  • Pertama, sebelum membeli Game, buka dulu website resminya,untuk tahu bagaimana credibilitas dari developer dan mengetahui game ini tentang apa.
  • Kedua, setelah tahu info dari website resminya, maka lihat pendapat pihak ketiga misal IGN, gamespot, gamexeon, game informer, termasuk Pemmz Workshop untuk melihat review dan rating dari Game yang akan anda beli.
  • Ketiga, anda dapat melihat video review dari Youtube untuk live gameplay dari game yang dimaksud.
  • Keempat, jika video gameplay belum bisa meyakinkan anda, download demo dari website resmi game tersebut ataupun dari Game client untuk merasakan langsung game experiencenya.

Setelah menjalankan keempat step tersebut di atas, seharusnya anda sudah bisa memutuskan, layakkah game tersebut untuk anda.

Tips-tips dalam membeli Game Original :

  • Jika anda merupakan orang yang concern karena harga anda dapat melakukan perbandingan dari Game yang dijual Retail maupun Online melalui Game client, biasanya Game Client cenderung lebih murah.
  • Lihat kontent dari Game yang ditawarkan, biasanya terdapat early pre order dengan harga dibawah harga final retail. Plus, pada masa preorder biasanya terdapat bonus tambahan.
  • Biasanya pada game terdapat bundel menarik seperti limited edition dan collector edition atau semacamnya, biasanya dari harga memang lebih mahal namun beberapa game biasanya tidak terlalu jauh malah kontent pada special edition itu jauh lebih worth jika dibandingkan versi standar edition, namun ini semua tergantung budget anda .
  • Jika anda memutuskan untuk tidak membeli game itu sekarang juga atau pada saat rilis, anda dapat tunda pembelian sampai Retailer dan Game client memberikan promo dengan harga yang lebih murah.
  • Pembelian game melalui Game client sebaiknya menggunakan jenis Paypal, karena memang jenis pembayaran ini lebih aman dibanding credit card. Namun jika memang opsi Paypal tidak tersedia, saat menggunakan credit card, pastikan koneksi anda secure saat transaksi (https://) .

Kesimpulan

Membeli game online memang sudah semakin mudah. Metodenya pun bisa anda sesuaikan. Namun yang tersulit memang menumbuhkan kesadaran untuk membeli Game original tersebut. Tidak bisa dipungkiri, game Pirate itu Gratis dan dapat di download dimana-mana. Hanya saja tentu terdapat keterbatasan-keterbatasan kontent dan dukungan patch. Walau begitu kami percaya pada semua gamers di Indonesia masih banyak yang memiliki tingkat kesadaran tinggi untuk membeli game original. Untuk itulah kita bangga menjadi Gamers Indonesia.

promo Aorus X7 DT GTX 10

1 COMMENT

Leave a Reply