Membuat Watermark Sulit Terhapus | Adobe Photoshop

Lensa Kamera
Lensa Kamera

Membuat sebuah karya memang bukan suatu hal yang mudah. Tapi akan sangat mengesalkan jika karya yang sudah kita buat susah payah dicuri oleh orang lain. Apalagi di era digital ini, semua dapat dipublish dan didownload dalam hitungan detik. Jadi bagaimana cara terbaik untuk mencegahnya?

Banyak yang bilang watermark adalah salah satu cara yang bagus untuk menghindari masalah ini, karena selain pengambil gambar akan malas untuk mengambil gambar dengan watermark terutama bagi mereka yang mengutamakan nilai estetika.

Namun jangan salah, watermark juga dapat dihapus jika orang yang melakukannya benar-benar tekun, tapi masalahnya terletak pada seberapa sulit watermark tersebut dihapus. Untuk itu dalam kesempatan kali ini, Pemmz akan membagikan tips-tips untuk membuat watermark yang sulit untuk dihilangkan.

Foto Produk
Foto Produk

Pertama-tama pilih gambar atau foto yang akan diberi watermark. Pada tutorial kali ini, saya akan menggunakan foto produk.

Buat Layer Baru
Buat Layer Baru

Buat layer baru agar mudah dalam melakukan editing. Sesudah itu masukkan teks atau gambar yang ingin kamu jadikan watermark.

Layer Options
Layer Options

Jika sudah, pilih menu Layer > Layer Style > Blending Options.

Atur Opacity
Atur Opacity

Kemudian atur Opacity sehingga memudar sesuai keinginan Anda. Jadilah sebuah gambar watermark.

Foto dengan Watermark
Foto dengan Watermark

Jika kamu rasa masih kurang dan mudah dihapus, coba buat layer baru dan kemudian masukkan teks atau gambar yang akan dijadikan watermark. Sebisa mungkin gunakan warna yang kontras sehingga makin sulit dihapus. Bagaimana, cukup mudah cara membuat watermark pada foto atau gambar? Selamat mencoba.

Ryu Kiseki

pemmz-gr8est

5 KOMENTAR

  1. Jadi terpikir, selama ini saya tidak pernah memberi watermark di gambar-gambar yang saya buat. Makasih infonya. Lain kali saya akan memberi watermark pada semua gambar saya.

    • Sama-sama gan, dengan watermark kita bisa menghindari hal-hal yang tidak kita inginkan. Apalagi untuk karya yang sudah kita buat susah payah, sayang rasanya jika sampai diambil oleh orang lain.. 🙂

  2. terimakasih infonya mas… melihat foto yg susah payah dibuat dan ternyata dipakai di web orang lain rasanya sakit hati juga, apalagi ketika ditelusuri pake search engine, dia ada di posisi paling atas…jadi pelajaran berharga utk lbh berhati-hati.

Tinggalkan Balasan