Ambil Foto
Ambil Foto

Terkadang saat mengambil foto, kita sulit untuk mengambil foto yang benar-benar pas dan tepat sesuai dengan keinginan kita atau untuk membuat foto yang benar-benar bagus, kita harus menunggu moment yang pas dan berapa banyak waktu yang akan kita sia-siakan untuk menunggu moment yang belum tentu datang.

Logo Lightroom
Logo Lightroom

Karena itu dengan sedikit bantuan dari Adobe Photoshop Lightroom kita bisa memanipulasi foto dengan mudah dan bisa menampilkan efek yang kita inginkan. Pada tutorial kali ini, saya akan membahas tentang bagaimana cara membuat efek sore hari.

Foto sebelum Edit
Foto sebelum Edit

Pertama-tama yang pasti kita harus sudah punya foto pemandangan atau foto yang ingin kita beri efek. Berikutnya, kita import foto tersebut ke Adobe Photoshop Lightroom dengan menekan Ctrl+Shift+I. Pada kesempatan kali ini saya mengambil contoh sebuah pemandangan yang saya ambil dari paman Google. Kemudian klik pada gambar untuk memperbesar gambar.

Menu Develop
Menu Develop

Setelah itu pilih Develop di menu sebelah kanan atas atau ringkasnya dengan menggunakan Ctrl+Alt+2. Pada Basic, klik pada logo White Balance Selector seperti pada gambar di bawah ini atau tekan W untuk ringkasnya.

White Balance Selector
White Balance Selector

Kemudian pilih warna Neutral seperti gambar di bawah atau cari warna yang sesuai dan preview hasil edit akan tampil di preview yang ada di sebelah kiri.

Pilih Warna
Pilih Warna

Setelah memilih warna, atur menu Temp dan Tint sesuai dengan yang Anda inginkan, contohnya seperti di bawah ini.

Temp & Tint
Temp & Tint

Maka akan tampak hasil seperti di bawah ini.

Hasil Edit
Hasil Edit

Kurang puas? Kurang tampak seperti sore? Baik, mari kita bermain pada Tone Curve, atur sesuai keinginan Anda, jika Anda merasa masih kurang puas, maka coba mainkan pada detail, seperti yang sudah saya bahas pada tutorial sebelumnya.

Tone Curve
Tone Curve

Maka hasilnya akan menjadi seperti gambar di bawah ini.

Hasil Edit dengan Tone Curve dan Detail
Hasil Edit dengan Tone Curve dan Detail

Tidak sulit untuk memberi efek pada gambar dan tidak perlu buang waktu untuk menunggu waktu yang benar-benar tepat kan? Selamat mencoba dan good luck. 🙂

Ryu Kiseki

Pemmz JajanRamdhan promo

4 COMMENTS

  1. makasih tutorialnya bang, kebetulan saya lagi suka2nya fotografi jadi sangat membutuhkan tutorial seperti, makasih ya bang

Leave a Reply